13 Cara Memperbaiki Google Play Store yang tidak Bisa Dibuka

13 Cara Memperbaiki Google Play Store yang tidak Bisa Dibuka

Google Play Store yang tidak bisa dibuka sering kali menjadi masalah yang dialami pengguna android. Umumnya, Play Store menjadi pusat untuk untuk mengunduh aplikasi, sehingga menjadi sangat penting. Jika aplikasi tersebut tidak bisa Anda buka, cobalah untuk melakukan langkah-langkah penanganan berikut.

1. Masalah jaringan

Pertama, ketika Anda menghadapi pada pusat aplikasi ini, cobalah untuk mengecek jaringan. Pastikan Anda memiliki koneksi data seluler atau Wi-Fi yang kuat untuk mengakses Play Store.

2. Selaraskan tanggal dan waktu

Sebagai informasi, android merupakan ponsel dengan desain sistem yang serba tersinkronisasi. Sinkronisasi ini meliputi aplikasi bawaan, aplikasi yang Anda unduh, hingga tanggal dan waktu. Dengan demikian, jika Google Play Sore tak bisa Anda buka, cobalah untuk menyelaraskannya melalui menu pengaturan.

3. Periksa ruang penyimpanan

Aplikasi membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup untuk beroperasi, sehingga ketika ruang penyimpanan Anda habis atau kurang, akan sangat memengaruhi performanya. Alih-alih aplikasi berjalan dengan lancar, justru yang sering terjadi adalah aplikasi tidak bisa dibuka. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk mengecek ruang penyimpanan Anda, hapus file atau aplikasi yang tidak Anda perlukan.

4. Bersihkan cache dan data

Penuhnya cache dan data juga bisa jadi penyebab Google Play Store yang tidak bisa dibuka. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa membuka Google Play Service untuk menghapus cache atau data-data yang tidak perlu.

5. Muat ulang perangkat

Selanjutnya, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki Google Play Store yang bermasalah di ponsel Anda adalah dengan memuat ulang perangkat. Anda bisa me-restart smartphone Anda terlebih dahulu dengan menekan lama tombol on/off, lalu pilih restart atau muat ulang.

6. Periksa update sistem

Berikutnya, ada kalanya aplikasi tak bisa berjalan jika sistem tidak selaras. Jika itu terjadi pada ponsel Anda, cobalah untuk mengecek pembaruan sistem yang biasanya akan muncul dalam beberapa periode tertentu. Ikuti petunjuk pembaruan dan mulailah update smartpohone Anda.

7. Matikan koneksi VPN

Cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mematikan koneksi VPN. Sering kali dengan mengaktifkan mode VPN, Anda tidak bisa log in ke Google Play Store, sehingga Anda bisa mencoba lagi setelah VPN dimatikan.

8. Tutup dan buka kembali

Kemudian, ini sebenarnya langkah dasar yang bisa Anda terapkan ketika Play Store mengalami masalah. Cobalah untuk menutup aplikasi tersebut, lalu buka kembali. Lihatlah, apakah aplikasi itu sudah kembali berfungsi atau masih tidak bisa dibuka.

9. Uninstall pembaruan Play Store

Cara selanjutnya, ada kalanya update yang terpasang di ponsel Anda justru tidak sesuai sehingga menyebabkan masalah. Atau, dalam kasus lain, update yang Anda tidak sempurna sehingga menyebabkan bugs. Kondisi ini sering terjadi ketika Anda mengaktifkan update otomatis dari Google. Untuk mengatasinya, Anda bisa meng-unistall pembaruan pada Play Store Anda, lalu lihat apakah aplikasi itu sudah kembali berfungsi atau tidak.

10. Reset Google Accounts

Opsi lain yang bisa menjadi cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka adalah dengan cara mereset Google Accounts. Anda bisa menghapus akun Google yang Anda gunakan untuk log in di aplikasi google Play Store kamu, lalu cobalah untuk masuk kembali.

11. Reset Host (Root)

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki Play Store yang tak bisa Anda buka adalah mereset host (root). Anda bisa melakukan root dan me-restart ponsel Anda.

12. Sinkronasi Ulang

Selanjutnya, anda bisa melakukan Re-Sync atau sinkronasi ulang akun Google agar Play Store kembali Anda buka. Langkah ini bisa Anda lakukan dengan menghapus akun Google yang terdapat pada smartphone, lalu restart ponsel dan sambungkan kembali.

13. Reset ke pengaturan pabrik

Bisa jadi, ini cara paling ekstrem yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka. Hal itu mengingat Anda akan kehilangan banyak data jika melakukan langkah ini karena ponsel Anda akan kembali ke setelan pabrik. Untuk itu, jika hendak melakukan cara ini, ada baiknya Anda memindahkan data-data penting terlebih dahulu ke perangkat lain.

Dengan begitu, demikianlah 13 cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka. Semoga dapat membantu menyelesaikan masalah android Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *