3+ Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung di WPS

3+ Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung di WPS

Apakah Anda pernah mengalami kendala saat akan membuka file menggunakan WPS? Masalah tersebut memang kadang terjadi, notifikasi berupa format file tidak didukung WPS seringkali menjadi penyebabnya.

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi format file yang tidak bisa terbuka karena tidak kompatibel dengan WPS. Mari kita mengenal terlebih dahulu dengan aplikasi pengolah kata satu ini.

WPS merupakan salah satu aplikasi pengolahan kata besutan kingsoft office. WPS sendiri merupakan kependekan atau singkatan dari Writer Presentation Spreadsheet Office. 

Nah dari namanya saja sudah ketahuan, jika Aplikasi ini berguna untuk dapat membuka file dokumen, sheet, powerpoint atau pdf. 

Sama halnya dengan pengolah kata lain, aplikasi WPS dapat membuka file berekstensi docx, pptx, xlsx, pdf dan file dengan format serupa namun versi terdahulu pun masih dapat terbuka.

Namun apa yang harus Anda lakukan saat format file yang akan Anda buka ternyata tidak didukung oleh WPS? Tenang, kami akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Kenapa File tidak Bisa Dibuka dengan Menggunakan WPS

Sebelum membahas tentang solusi atau cara mengatasi masalah pada WPS, sebaiknya Anda telusuri alasan masalah ini terlebih dahulu.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat mencari solusi yang tepat untuk mengatasi file yang tidak bisa dibuka dengan menggunakan WPS.

Beberapa hal ini mungkin menjadi penyebab gagalnya WPS membuka file yang akan Anda kerjakan:

Mendapat File corrupt

File yang corrupt menjadi penyebab file ini sulit terbuka menggunakan WPS. FIle yang corrupt ini kehingalang beberapa elemen pada file sehingga WPS sulit membaca dokumen tersebut secara utuh.

Format file tidak didukung 

Salah satu keunggulan WPS adalah dapat membuka berbagai format dokumen yang lebih luas. Namun beberapa jenis dokumen harus Anda konversi terlebih dahulu sebelum Anda membukanya dengan WPS.

WPS versi lama

Meski memiliki kemampuan membuka aneka jenis dokumen pengolah kata, namun jika WPS belum di update dalam versi terbaru. Aplikasi ini akan mengalami kesulitan dalam membaca jenis atau format dokumen yang memiliki versi lebih tinggi dengan WPS yang terpasang di HP Anda.

Aplikasi WPS Error 

Tak jarang aplikasi WPS mengalami error atau nge bug. Kesalahan ini terjadi dari pihak developer, Anda dapat menghubungi pengembang untuk melaporkan error yang terjadi sehingga pengembang dapat memperbaiki kesalahan tersebut.

Cara Mengatasi Format File tidak Didukung WPS

Salah satu kendala yang kerap terjadi pada user WPS mobile khususnya Android adalah tidak terbukanya file atau dokumen. Tentu saja masalah tersebut akan menghambat pekerjaan Anda.

Terlebih jika Anda sedang terkejar deadline dan harus segera mengerjakan pekerjaan, namun device yang tersedia hanya HP. 

Pencarian solusi untuk mengatasi file bermasalah tersebut tentu menjadi langkah yang kerap menjadi solusi agar pekerjaan Anda dapat selesai sesuai dengan tenggat waktu yang seharusnya.

Berikut kami informasikan cara untuk mengatasi file bermasalah dengan alasan format file tidak sesuai dengan format WPS. Meski tidak terbukanya file terkait dengan permasalahan format, namun akar permasalahannya tidak hanya dari format atau ekstensi file saja loh!

Oleh karena itu yuk baca artikel ini sampai tuntas!

Pastikan FIle yang akan dibuka tidak corrupt atau rusak

Meski format file sudah benar, namun terkadang file atau dokumen tersebut mengalami kerusakan. Entah itu pada saat pengiriman file atau saat pengunduhan. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda dapat mengunduh ulang dokumen atau meminta rekan Anda untuk mengirim ulang file atau dokumen tersebut.

Pastikan Aplikasi WPS Office yang Kamu Miliki sudah versi Terupdate

Salah satu keunggulan aplikasi WPS adalah memiliki jangkauan yang luas untuk dapat membuka jenis file pengolah kata. Namun kekurangannya adalah, WPS tidak dapat membuka file yang tersimpan dalam format WPS terbaru.

Jadi Anda bisa melakukan pengecekan apakah WPS anda sudah versi terbaru atau bukan dengan mengecek pembaruan di Playstore ataupun App Store.

Jika sudah memiliki aplikasi WPS terbaru, Anda tidak perlu khawatir karena WPS dapat membaca file yang memiliki versi lebih bawah dari aplikasi yang terpasang.

Cek Ekstensi File

Meski memiliki jangkauan luas untuk beragam file ekstensi, namun ada beberapa jenis file yang mungkin tidak sesuai dengan aplikasi ini. Untuk mengatasinya, silahkan convert terlebih dahulu file tersebut menjadi format file yang kompatibel dengan WPS.

Install Ulang Aplikasi WPS

Anda pun dapat melakukan Instalasi atau pemasangan ulang aplikasi WPS agar semua fitur WPS berjalan seperti sedia kala. Umumnya, cara ini berhasil untuk mengatasi semua permasalahan WPS termasuk dalam mengatasi format file yang tidak kompatibel oleh WPS.

Penutup

Aplikasi WPS merupakan andalan untuk mengerjakan pekerjaan yang mengandalkan aplikasi pengolah kata. Jika Anda mengalami kendala dalam membuka file, silahkan terapkan cara mengatasi format file yang tidak didukung oleh WPS di atas ya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *