4 Cara Mengaktifkan VGA Nvidia di Laptop, Mudah!

4 Cara Mengaktifkan VGA Nvidia di Laptop, Mudah!

Cara mengaktifkan VGA Nvidia di laptop cukup mudah, asalkan Anda sudah menyimpan drivenya di laptop.  VGA merupakan singatan dari Video Graphics Accelerator yang memilik fungsi yaitu menerjemahkan keluaran komputer ke monitor.

Selain itu, ada juga fungsi lain dari VGA ini yaitu untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital dari komputer menjadi sebuah tampilan grafis pada layar monitor.  Salah satu dari beberapa jenis VGA yang paling cocok digunakan untuk gaming adalah kartu grafis diskrit VGA Nvidia.

VGA Nvidia ini lebih berfokus pada peningkatan kualitas video, grafis, game kelas berat, dan juga kehandalan menampilkan konten 3 Dimensi.

Cara Mengaktifkan VGA Nvidia di Laptop

Lantas, bagaimana ccara mengaktifkan VGA Nvidia di laptop atau PC kamu? Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan VGA Nvidia di laptop atau PC kamu.

1. Install Driver Nvidia

Sebelum itu, pastikan bahwa yang terpasang di laptop atau PC kamu adalah versi terbaru dari driver Nvidia. Jika rupanya belum, kamu bisa memperbaharuinya lewat aplikasi GeForce Experience. Atau, kamu juga bisa mengunduh versi driver yang terbaru  di situs resmi Nvidia.

2. Mengatur Adjust Image Setting

Setelah berhasil, kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya yaitu mengatur Adjust Image Setting With Preview. Pengaturan ini bisa kamu cari di opsi 3D Settings. Berikut ini cara mengaturnya.

  •  Langkah pertama, pilihlah opsi Use My Preference Emphasizing.
  • Setelah itu, akan ditampilkan Perfomance, Balanced, dan Quality pada sebuah bar. Untuk memperoleh kualitas grafis yang baik dan tinggi, kamu bisa memilih Quality. Namun, jika ingin lebih rendah, kamu bisa memilih Perfomance atau Balanced.

3. Manage 3D Setting

Selanjutnya, kamu perlu mengatur Manage 3D Settings yang merupakan pengaturan paling penting di antara pengaturan-pengaturan yang lain.

  • Klik kanan pada saat kamu berada di desktop.
  • Lalu, pilihlah menu NVIDIA Control Panel.
  • Klik menu Manage 3D Settings.
  • Setelah itu pilih menu Preferred Graphic Processor.
  • Lanjut, kamu pilih High Performance NVIDIA Processor.
  • Lalu pilih opsi Apply.

Agar lebih jelas, ikutilah paduan pengaturan di bawah ini.

  • Image Sharpening = On atau Off (Opsional)
  • Ambient Occlusion = Off
  • Anisotropic Filtering = 16 x
  • Antialiasing = Off
  • Low Latency Mode = Ultra
  • Multi Frame Sampled AA = On atau Off (Opsional)
  • Open GL Rendering GPU = Pilihlah VGA Nvidia
  • Power Management Mode = Prefer Maximum Performance
  • Texture Filtering = Opsional

4. Atur PhysX

Selanjutnya yaitu atur PhysX pada VGA Nvidia kamu. Pada bar Set PhysX Configuration akan muncul kotak Select a PhysX Processoor. Untuk performa yang lebih baik, kamu bisa ketik GeForce 820M.

Setting dalam Mengaktifkan VGA Nvidia di Laptop

Sebelum mengaktifkan VGA Nvidia di laptop maka harus memahami terlebih dahulu mengenai pengaturan atau setting dari masing-masing opsi di atas adalah sebagai berikut.

1. Image Sharpening

Image Sharpening ini berfungsi untuk mempertajam resolusi gambar pada game ketika resolusi monitor yang kamu miliki lebih besar dari resolusi game yang kamu mainkan.

Misalnya, resolusi monitor yang kamu gunakan adalah 1080p atau bahkan lebih, akan tetapi resolusi game yang akan kamu maainkan hanya sebesar 360p saja.

Kualitas gambar pada game akan meningkat ketika kamu mengaktifkan (On) pada fitur Image Sharpening ini. Akan tetapi, fitur ini juga dapat menganggu perfoma game-game yang rilis baru-baru ini. Jadi, ini tersera pada keputusan kamu sendiri.

2. Ambient Occlusion

Untuk fitur ini, lebih baik kamu non aktifkan saja (Off).

3. Anisotropic Filtering

Untuk meningkatkan FPS dan kualitas grafik, sebaiknya pilih 16 x

4. Antialiasing (FXAA)

Seperti pada Anisotropic Filtering yaitu untuk memaksimalkan FPS pada game, sebaiknya non aktifkan saja (Off).

5. Antialiasing (Mode)

Untuk meningkatkan FPS pada game, sebaiknya non aktifkan (Off) saja. Untuk mengaktifkan antialiasing jika game tersebut tidak memiliki fitur antialiasing, pilih Overide Any Application. Dengan catatan, kualitas VGA yang kamu miliki tinggi.

Jika kamu memilih Enhance, akan membuat FPS drop, dengan kata lain tidak terlalu memberikan efek grafis.

Untuk menyesuaikan dengan pengaturan game, pilih Application Controlled. Non aktifkan Application Controlled jika kamu ingin meningkatkan FPS.

6. Low Latency Mode

Untuk menambahkan FPS pada game, pilih ultra.

7. Multi Frame Sampled AA (MFAA)

Pilih aktif (On) jika kamu ingin mempertajam grafis, dengan catatan laptop atau PC kamu memiliki GPU dan spesifikasi yang tinggi. Apabila spesifikasi laptop atau PC kamu rendah, pilih Off agar perfoma game kkamu maksimal.

8. Open GL Rendering GPU

Pilihlah VGA Nvidia yang telah terinstal pada laptop atau PC kamu. Atau, kamu bisa cari tahu terlebih dahulu, perbedaan antara Open GL dengan DirectX.

9. Power Management Mode

Untuk mendapatkan perfoma yang tinggi serta dapat meningkatkan FPS, pilihlah Prefer Maximum Performance pada menu menu Power Management Mode.

10. Texture Filtering (Quality)

Untuk meningkatkan kualitas grafik pada game, pilihlah Quality atau High Quality. Sebagai catatan, agar game tidak mengalami lag karena kartu grafis masuk ke dalam golongan rendah, pilih Performance atau High Performance.

Begitulah cara mengaktifkan VGA Nvidia di laptop yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *