5 Cara Memperbaiki Masalah Activation Error Code 0xc004c060 Windows 10

5 Cara Memperbaiki Masalah Activation Error Code 0xc004c060 Windows 10

Beberapa bulan terakhir pengguna Windows 10 mengeluhkan tentang error code 0xc004c060 Windows 10 yang mereka gunakan. Error ini muncul pada saat melakukan aktivasi Microsoft Office. Padahal Microsoft dengan jelas menyatakan bahwa error muncul karena product key yang dimiliki tidak valid. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya sebagai berikut!

5 Cara Mengatasi Error Code 0xc004c060 Windows 10

Jika Anda menemukan error code 0xc004c060 Windows 10 disarankan untuk segera melakukan pertolongan cepat. Tapi pastikan dulu jika Anda telah masuk ke akun Microsoft agar lisensi bisa ditautkan dengan akun. Berikut Langkah-langkahnya:

1. Jalankan Program Office Activation Troubleshooter

Jika Anda mendapati perangkat error code 0xc004c060 saat hendak mengaktifkan kunci Microsoft Office, segera jalankan program Office Activation Troubleshooter. Hal ini berguna untuk membantu Anda mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah error secara otomatis. Berikut Langkah-langkahnya:

  • Klik Start dan pilih Pengaturan
  • Buka Bagian Pembaruan & Keamanan
  • Di menu sebelah kiri, pilih menu Aktivasi
  • Anda akan melihat opsi Troubleshoot, klik.

Setelah melakukan semua Langkah yang diminta, restart perangkat dan periksa apakah Microsoft Office yang bermasalah tadi sudah normal atau belum. Jika belum, Anda bisa mengikuti Langkah selanjutnya.

2. Perbarui Instalasi Office

Jangan lupa untuk mengatur Windows 10 Anda agar memberikan akses update Microsoft Office juga, atau Anda bisa melakukan update secara manual. Berikut Langkah-langkahnya:

  • Klik Pembaruan di pencarian Windows 10 dan tekan Enter
  • Klik bagian Periksa Pembaruan
  • Tunggu beberapa saat dan restart perangkat Anda

Setelah melakukan pembaruan periksa kembali Microsoft Office apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum. Jika belum, Anda harus mengikuti Langkah selanjutnya.

3. Tanyakan Kepada Pihak Penjual Lisensi

Jika dengan kedua cara di atas tadi tak bisa memperbaiki error code 0xc004c060 Windows 10 di perangkat Anda, upaya yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak penjual lisensi. Minta mereka untuk memberikan product key milik Anda yang sebenarnya. Sebab, beberapa penjual lisensi kerap melakukan kecurangan dengan cara tidak jujur dan menjual product key yang telah rusak.

Anda juga perlu waspada dengan product key yang dijual dengan harga murah, sebab biasanya barang tersebut adalah barang curian. Terlebih lagi jika Anda membeli secara terpisah dari software Microsoft Office, besar kemungkinan jika product key adalah barang curian atau barang rusak. Akibatnya product key terblokir dan mengalami error code 0xc004c060.

4. Gunakan Command Prompt

Gunakan Command Prompt agar pendaftaran Micorosoft Office Anda valid. Untuk itu berikut Langkah-langkahnya:

  • Di pencarian Windows 10, ketik CMD
  • Klik kanan Command Prompt dan pilih Run as Administartor
  • Ketika notifikasi Kontrol Akun sebagai Pengguna, klik Ya
  • Masukkan kunci lisensi milik Anda tanpa menggunakan tanda kurung, tekan Enter
  • Restart perangkat Anda

Apabila Anda tidak mengetahui lisensi Microsoft Office, ikuti cara berikut:

  • Di bagian Command Prompt Admin, salin dan copy perintah slmgr/xpr, lalu tekan Enter
  • Klik bagian kanan dan Mulai, lalu pilih PowerShell admin
  • Salin dan copy wmic path softwarelicensingservice get OA3xoriginalProductKey
  • Enter

5. Aktivasi Menggunakan SLMR

Jika Anda mengalami error code 0xc004c060 Windows 10 lakukan aktivasi ulang menggunakan SLMR. Apabila Anda benar-benar yakin bahwa lisensi Microsoft Office yang digunakan resmi dan legal, berarti hal ini terjadi karena adanya kesalahan karena BIOS lantaran menggunakan kunci lisensi rumahan. Jadi caranya adalah melakukan aktivasi ulang menggunakan SLMR untuk mendapatkan lisensi key Anda kembali.

6. Hubungi Pihak Microsoft

Upaya terakhir yang harus Anda lakukan adalah menghubungi pihak Microsoft. Sebelum menghubungi pihak Microsoft, pastikan Anda membeli dan menggunakan lisensi Microsoft yang asli dan resmi. Mintalah bantuan lebih lanjut kepada mereka melalui kontak resmi tertera.

Setelah itu beritahu tentang error code 0xc004c060 yang Anda dapatkan dan mintalah untuk mengaktifkan lisensi key Anda dengan baik. Sebab, jika Anda membeli secara resmi otomatis lisensi key telah diaktifkan. Mungkin saja terdapat kesalahan tak terduga yang tak Anda ketahui.

Ada beberpa cara menghubungi pihak Microsoft secara resmi, yakni melalui nomor bebas pulsa khusus wilayah Anda. Hal yang harus diingat, menghubungi pihak mereka membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan hingga hitungan jam sebelum agen resmi mereka mengangkat telepon tersebut.

Setelah Anda berhasil beralih kepada agen, Anda akan mendapat pertanyaan mengenai keluhan dan beberapa pertanyaan keamanan lain untuk memastikan jika Anda benar-benar pemilik dari lisensi key tersebut. Jika tahapan verifikasi selesai, Anda akan diberikan lisensi key dan dapat mengaktifkan Windows Build.

Itulah beberapa cara mengatasi error code error code 0xc004c060 Windows 10. Untuk jenis error yang satu ini sangat jarang terjadi jika lisensi Microsoft Offuce yang Anda gunakan resmi dan legal. Jadi, pastikan untuk menggunakan lisensi yang resmi dan legal agar terhindar dari error code 0xc004c060. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *