5 Cara Mengatasi IMEI Terblokir, Dijamin 100% Work

5 Cara Mengatasi IMEI Terblokir, Dijamin 100% Work

International Mobile Equipment Identity atau IMEI adalah nomor unik yang ada di setiap smartphone saat ini. Jika IMEI terblokir akibatnya HP tak bisa digunakan secara normal. Tapi jangan panik, artikel kali ini akan membahas mengenai cara mengatasi IMEI terblokir dengan sangat mudah sebagai berikut.

Penyebab IMEI Terblokir

Nomor IMEI yang ada di setiap HP bertujuan untuk mengidentifikasi perangkat dan tetap memastikan agar perangkat ponsel dapat berfungsi di jaringan tertentu. Ada beberapa alasan yang membuat IMEI dapat terblokir, yaitu:

1. Terkait dengan Keamanan

Penyebab utama terblokirnya IMEI adalah terkait dengan keamanan. Seperti misalnya, apabila ponsel hilang, maka secara otomatis perangkat ponsel akan memblokir IMEI untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

2. Terkait Pelanggaran Aturan Operator Seluler

Operator seluler juga bisa memblokir IMEI secara otomatis apabila perangkat terdeteksi melanggar aturan. Misal, pengguna ponsel tidak membayar tagihan yang ada di ponsel selama beberapa bulan. Maka operator akan memblokir IMEI perangkat lantaran terdeteksi kegiatan ilegal.

3. Perangkat Tidak Terdaftar atau Tidak Sah

IMEI juga dapat diblokir apabila perangkat tidak terdaftar di sebuah jaringan tertentu, atau tidak sah. Misalnya ponsel tidak memiliki IMEI atau menggunakan IMEI palsu, maka pihak seluler akan langsung memblokirnya.

4. Terjadi Masalah Teknis

IMEI juga dapat terblokir apabila perangkat bermasalah dengan sinyal dan tak terhubung dengan jaringan. Dengan begitu pihak operator akan melakukan pemblokiran IMEI ponsel tersebut.

5. Terkait dengan Aturan Pemerintah

Maksudnya adalah IMEI juga bisa terblokir oleh pemerintah setempat apabila terdeteksi aktivitas ilegal di ponsel dengan tindak kejahatan.

5 Cara Mengatasi IMEI Terblokir

Penting untuk diketahui jika memanipulasi atau mengubah nomor IMEI yang telah terblokir dapat melanggar hukum. Daripada menempuh cara yang ilegal, berikut beberapa cara mengatasi IMEI terblokir, dijamin work 100%.

1. Periksa Status IMEI

IMEI terblokir? Segera periksa statusnya dengan cara mengunjungi situs web resmi Asosiasi GSM. Anda dapat memasukkan nomor IMEI ponsel dan mengetahui apakah nomor IMEI masih aktif atau telah terblokir.

2. Reset Ponsel

Apabila nomor IMEI terblokir karena faktor lain Anda dapat memulihkannya dengan cara melakukan reset ulang ponsel ke pengaturan pabrik. Tetapi sebelum melakukan reset, pastikan untuk melakukan backup data penting agar tidak hilang.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Tiga

Cara mengatasi IMEI terblokir selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa jenis aplikasi yang akan membantu Anda memperbaiki IMEI yang terblokir, misalnya aplikasi MTK Engineering Mode dan IMEI Repair yang saat ini terbukti ampuh bagi para penggunanya.

Saat menggunakan aplikasi pihak ketiga, pengguna membutuhkan nomor IMEI dan Nomor Seri Peralatan untuk membuka IMEI. Tapi Anda harus melakukan langganan premium terlebih dahulu. Walaupun berbayar tetapi layanan inin terbukti aman dan bisa diandalkan untuk semua jenis perangkat.

4. Ganti Operator

Upaya mengganti operator saat IMEI ponsel terblokir juga terbukti work. Hal ini lantaran operator adalah orang-orang yang kerap memblokir IMEI ponsel. Sehingga kemungkinan besar beberapa operator melakukan hal tersebut dan Anda harus memintanya kembali agar IMEI tak diblokir.

5. Laporkan Ponsel Hilang

Apabila nomor IMEI terblokir karena ponsel hilang, segera laporkan kepada pihak operator seluler atau pihak berwajib. Guna untuk mencegah penyalahgunaan ponsel dan data-data yang ada di ponsel Anda.

Selain hilang, kemungkinan besar bahwa orang lain berupaya melakukan peretasan jaringan dan memanfaatkannya untuk melakukan aktivitas ilegal dan penipuan. Kalau sudah begini sebaiknya segera laporkan kepada pihak berwajib agar nama Anda tidak terbawa.

6. Menghubungi Pihak Penjual atau Pemilik Sebelumnya

Apabila Anda baru saja membeli ponsel dan mendapat IMEI ponsel terblokir saat ingin memasukkan chip koneksi, segera hubungi pihak penjual atau pemilik sebelumnya. Sebab kemungkinan besar mereka dengan sengaja memblokir IMEI, tetapi lupa untuk membuka kembali sebelum menjualnya.

Tetapi Anda juga harus berhati-hati dan lakukan pemeriksaan terlebih dahulu saat ingin membeli ponsel second. Pastikan untuk meminta tanda terima sebagai bukti asli sebagai kesepakatan secara resmi guna menghindari hal-hal aneh.

Itulah beberapa cara mengatasi IMEI terblokir 100% work! Tapi sebelumnya pastikan jika cara yang Anda lakukan aman dan legal. Sebab pada beberapa kasus ada beberapa cara yang dianggap melanggar aturan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *