5 Cara Mengatasi WPS Office Tidak Bisa Dibuka di HP

5 Cara Mengatasi WPS Office Tidak Bisa Dibuka di HP

Seiring perkembangan teknologi smartphone, kini kita dapat memanfaatkan smartphone untuk dapat membuka aplikasi pengolah kata. Salah satu aplikasi pengolah kata yang dapat bermanfaat untuk pengguna smartphone adalah WPS office. Namun terkadang WPS office ini tidak bisa dibuka di HP.

Wah, sayang sekali bukan? Padahal aplikasi ini dapat membuka semua file pengolah kata dari mulai pdf, word, sheet, power point dan lainnya. Bahkan fitur edit pdf pun tersedia dalam aplikasi pengolahan kata ini.

Selain itu, WPS office pun terintegrasi dengan cloud, sehingga Anda dapat menyimpan hasil kerja Anda pada penyimpanan online yang akan menghemat ruang penyimpanan di memori HP.

Karenanya mengetahui cara mengatasi WPS office tidak bisa dibuka di HP akan sangat membantu bagi Anda yang kerap menggunakan aplikasi pengolah kata dengan menggunakan smartphone.

Kira-kira solusi apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi WPS Office yang tidak bisa dibuka di HP? Yuk simak artikel ini hingga tuntas!

Cara Mengatasi WPS Office Tidak Bisa Dibuka di HP

WPS office merupakan aplikasi pengolah kata besutan kingsoft office. Aplikasi ini menawarkan pengolahan kata dan data processing dalam satu aplikasi, seperti halnya Ms. Office.

WPS Office terus mengembangkan inovasi. Terkini aplikasi besutan kingsoft ini mendukung pengguna smartphone untuk dapat mengubah file pdf dan dapat melakukan split hingga merge file

Namun, beragam fungsi tersebut terkadang tidak bisa pengguna WPS office manfaatkan karena aplikasi tersebut tidak dapat terbuka di HP. Namun, jangan khawatir, berikut kami paparkan solusi untuk mengatasi WPS Office yang tidak bisa dibuka di HP.

Membersihkan Cache Aplikasi

Aplikasi WPS office tergolong aplikasi yang membutuhkan space RAM yang lumayan besar. Oleh karena itu jIka aplikasi ini tidak dapat dibuka, maka Anda dapat mencoba membersihkan cache.

Dengan membersihkan cache tersebut, bisa membuat memori RAM di HP Anda menjadi lega sehingga WPS office dapat terbuka dan bekerja secara optimal.

Terdapat dua cara yang bisa digunakan untuk menghapus cache aplikasi. Yakni menghapus cache dengan menggunakan pembersih bawaan HP atau menghapus cache dari aplikasi WPS office sendiri.

Menghapus Cache dengan menggunakan cleaner atau pembersih bawaan HP

  1. Buka menu Cleaner
  2. Biarkan sistem HP menghitung ukuran cache yang bisa dibersihkan
  3. Pilih bersihkan atau clean up
  4. Sistem Berhasil membersihkan Cache.

Menghapus Cache dari Aplikasi WPS Office

  1. Buka Pengaturan kemudian pilih Aplikasi & notifikasi 
  2. Klik Aplikasi.
  3. Temukan dan pilih WPS Office.
  4. Pilih Penyimpanan, tap Hapus Tembolok.
  5. Selesai.

JIka Cache sudah dihapus, silahkan buka kembali file dengan menggunakan WPS Office pada HP Anda.

Hapus Data Aplikasi

Jika Anda sudah mebersihkan cache namun WPS tetap tidak berhasil dibuka, Anda dapat mencoba menghapus data Aplikasi. Namun perlu Anda ingat bahwa aplikasi ini akan mengembalikan aplikasi WPS pada posisi default.

Risikonya adalah akun WPS Anda akan logout secara otomatis. Karenanya sebelum melakukan langkah ini, pastikan Anda mengingat email dan password dari akun WPS yang sedang Anda jalankan.

Jika Anda sudah siap, silahkan lakukan langkah berikut ini untuk menghapus data aplikasi:

  1. Buka Pengaturan kemudian pilih Aplikasi & notifikasi 
  2. Klik Aplikasi.
  3. Temukan dan pilih WPS Office.
  4. Pilih Penyimpanan, tap hapus data.
  5. Selesai.

Cek Perizinan Aplikasi

Meski terintegrasi dengan cloud yang merupakan penyimpanan daring, namun untuk membaca file tersimpan di memori HP WPS office harus memiliki akses pada penyimpanan internal.

Oleh karena itu, saat Anda akan membuka file di memori internal pastikan bahwa WPS office sudah memiliki izin untuk mengakses penyimpanan tersebut. 

Berikut cara memberikan izin aplikasi WPS Office agar dapat mengakses penyimpanan internal:

  1. Buka Pengaturan kemudian Aplikasi & notifikasi 
  2. Klik Aplikasi.
  3. Temukan dan pilih WPS Office.
  4. Pilih Izin, tambahkan perizinan untuk penyimpanan.
  5. Selesai.

Update Aplikasi

Jika 3 langkah di atas belum memberikan hasil yang memuaskan, cobalah untuk mengecek aplikasi ini di playstore apakah ada pembaruan. JIka ada, silahkan lakukan pembaruan agar aplikasi WPS Office dapat berfungsi kembali.

  1. Buka Playstore atau Appstore
  2. Ketik atau cari aplikasi WPS Office pada kolom pencarian
  3. Jika ada pembaruan, maka akan muncul tombol update atau pembaruan pada aplikasi
  4. Klik update
  5. Terapkan Pembaruan
  6. Buka aplikasi WPS Office
  7. Selesai

Uninstall kemudian Instal Ulang

Langkah pamungkas untuk mengatasi WPS Office yang tidak bisa terbuka di HP adalah melakukan instalasi ulang. Silahkan uninstal aplikasi tersebut kemudian buka playstore untuk mengunduh dan melakukan pemasangan kembali aplikasi WPS Office.

Dengan uninstal aplikasi sebenarnya Anda melakukan langkah pembersihan cache dan menghapus data aplikasi sehingga memori HP menjadi lebih lega.Oleh karena itu cara ini memiliki peluang berhasil lebih besar jika, cara-cara di atas tidak berhasil.

Penutup

Demikian 5 cara untuk mengatasi WPS office yang tidak bisa dibuka di HP. Silahkan gunakan cara yang menurut Anda paling efektif. Semoga cara-cara tersebut bisa bermanfaat bagi Anda ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *