7 Bahasa Pemrograman Terpopuler untuk Pemula

7 Bahasa Pemrograman Terpopuler untuk Pemula

Seiring berkembangnya teknologi menguasai bahasa pemrograman terpopuler merupakan skill yang dapat membuat Anda memiliki banyak peluang. Bahasa pemrograman atau lebih dikenal dengan bahasa coding merupakan teknisi digital dengan peluang kerja dan gaji yang tinggi. Untuuk saat ini setidaknya ada 700 lebih bahasa coding yang bisa Anda pelajari.

Walaupun ada banyan baahsa coding, Anda tak perlu mempelajari semuanya. Sebab artikel ini akan membahas beberapa bahasa coding terpopuler yang paling banyak digunakan, terlebih lagi untuk pemula. Simak selengkapnya sebagai berikut!

7 Bahasa Pemrograman Terpopuler untuk Pemula

Seperti yang sudah disinggung tadi, Anda tak harus mempelajari 700 lebih bahasa pemrograman terpopuler. Sebab dengan modal 7 bahasa coding populer ini Anda sudah bisa terjun ke dunia programming. Langsung saja simak sebagai berikut.

1. JavaScript

Hampir 97,8% website seluruh dunia menggunakan JavaScript untuk skrip sisi klien. Bahasa script ini kerap digunakan untuk meningkatkan interaktivitas laman web. Dengan JavaScript developer web dapat menambahkan berbagai elemen dinamis untuk landing page web, seperti tombol klik, efek mouseover, dan bahkan grafik animasi.

JavaScript juga cocok untuk mengembangkan aplikasi web karena desainnya sangat intuitif. Dan sangat cocok untuk pemula karena mudah dipelajari, bagi Anda yang ingin terjun ke dunia web developer bisa mempelajari JavaScript.

2. C++

C++ adalah bahasa coding terpopuler yang lebih tinggi daripada C. Sangat serbaguna sehingga menjadi bahasa perograman terpopuler yang cocok untuk pemula. Sebab bahasa ini praktis dan canggih, sehingga developer bisa membuat aplikasi dengan perfroma terbaik. Misalnya aplikasi untuk game, web, dan software grafis.

Untuk pemula, mempelajari bahasa pemrograman terpopuler seperti C++ harus banyak bersabar lantaran sintaksisnya lebih rumit daripada bahasa pemrograman lain. Untuk yang ingin terjun ke dunia IT profesional, bahasa ini sangat penting dan paling banyak dicari.

3. C#

C# adalah bahasa coding basis objek untuk mengatur desain software. Adalah salah satu bahasa pemrograman terbaik karena memiliki performa yang cepat dan stabil. Daripada bahasa coding lainnya , C# jauh lebih mudah karena sintaksisnya simple dan hierarki class tersusun dengan baik.

Awalnya bahas acoding ini khusus untuk penggunaan .NET framework, tetapi kini sudah kompatibel dengan Linux dan Windows. Hingga saat ini C# masih banyak peminatnya dari kalangan perusahaan sebab ada beberapa posisi kerja terbaik untuk developer yang paham.

4. PHP

Selain JavaScript, PHP masuk juga menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler dengan pengguna hingga 78,1% dari seluruh dunia. Hal ini karena PHP lebih mudah dipelajari daripada bahasa coding lain.

Untuk sintaksisnya sendiri juga tidak rumit dan ada banyak resource khusus pemula. Untuk peluang kerja PHP saat ini masih banyak peminatnya untuk menulis skrip command line dan skrip sisi server untuk mengembangkan aplikasi dekstop.

5. Pyhton

Pyhton adalah bahasa coding tingkat tinggi yang kerap digunakan untuk berbagai task, mulai dari analisis hingga visualisasi data. Bahasa coding Pyhton populer untuk kalangan developer software karen cocok untuk bahasa skrip.

Pyhton bersifat open source, sehingga programmer bisa melakukan modifikasi agar sesuai dengan kebutuhan. Walaupun termasuk ke dalam bahasa coding tinggi, tetapi Phyton adalah salah satu bahasa pemrograman termudah karena sintaksisnya mirip Bahasa Inggris.

6. Java

Java merupakan bahasa programer tingkat tinggi serbaguna, jadi para coder bisa membuat semua jenis aplikasi dengan mudah. Termasuk ke dalam bahasa coding yang mudah karena familiaritas sintaksisnya dengan struktur objek oriented.

Bisa untuk berbagai hal mulai dari web development back-end, big data, data science, hingga software engineering. Selain itu bahasa ini juga kerap untuk layanan keuangan karena keamanannya kuat.

7. SQL

Terakhir SQL yang merupakan bahasa coding khusus domain. Sehingga memungkinkan programer untuk membuat kueri, menganalisis data, menyimpan, bahkan memanipulasi data yang tersimpan dalam database.

Menurut Stack Overflow saat ini perusahaan-perusahaan masih membutuhkan developer SQL karena perannya sangat penting dalam menjaga sekaligus mengelola datavase. Jika Anda tertarik, sintaksisnya tidaklah rumit karena menggunakan bahasa Inggris umum.

Itulah 7 bahasa pemrograman terpopuler yang cocok untuk pemula. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memilik bahasa pemrogaraman untuk membuat website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *