7 Tips Menghemat Kuota HP Android dan iPhone

7 Tips Menghemat Kuota HP Android dan iPhone

Bagaimana tips menghemat kuota HP? Tanpa kita sadari kebutuhan akan internet semakin besar setiap harinya. Hal ini disebabkan karena hampir 99 persen kegiatan memerlukan koneksi internet agar tetap terhubung. Itulah sebabnya Anda harus pintar mengelola pengeluaran untuk kuota agar tak terlalu boros.

Lantas bagaimana cara menghemat pengeluaran untuk kuota? Artikel ini akan membahas mengenai cara menghemat kuota yang bisa Anda terapkan sehari-hari. Simak selengkapnya sebagai berikut.

Tips Menghemat Kuota HP Android dan iPhone

Scroll sosial media memang sangat mengasyikan, tetapi tanpa sadar hal tersebut yang membuat kuota lebih cepat habis. Lalu bagaimana cara menghemat kuota yang efektif untuk membantu pemakaian kuota menjadi lebih hemat? Simak tips menghemat kuota HP di bawah ini.

1. Tutup Aplikasi Background

Aplikasi background menjadi penyokong kuota terbesar lantaran terus berjalan walaupun saat sedang tidak dibuka. Hal inilah yang membuat kuota menjadi lebi cepat habis. Beberapa jenis aplikasi dengan background yang paling boros adalah YouTube, Instagram, TikTok, dan aplikasi lain dengan basis video streaming.

Untuk menghentikan aplikasi background Anda harus menutupnya dengan cara sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan atau Settings
  • Masuk ke menu Aplikasi dan cari aplikasi yang berjalan di latar belakang
  • Pilih aplikasi tersebut dan klik tombol Paksa Berhenti
  • Selesai

2. Mode Hemat Data

Setiap HP pastinya memiliki mode hemat data. Tips menghemat kuota HP Agar penggunaan kuota jauh lebih terkontrol adalah dengan mode hemat data yang bisa Anda coba aktifkan. Berikut caranya:

  • Buka Setting atau Pengaturan
  • Pilih Connection dan Data Usage
  • Aktifkan Data Saver, selesai

3. Non Aktifkan Update Otomatis

Update otomatis memang sangat membantu, tetapi sayangnya cara ini menyedot kuota lebih banyak. Jika Anda tak ingin mengaktifkan update otomatis, ikuti cara berikut ini:

  • Buka PlayStore dan klik Setting
  • Ada beberapa menu yang bisa Anda pilih, yakni WiFi Only dan Jangan Update Aplikasi Otomatis
  • Pilih Jangan Update Aplikasi Otomatis untuk menghindari penggunaan kuota yang jauh lebih besar

4. Non Aktifkan Fitur Download Otomatis

Fitur download otomatis yang ada pada WhatsApp kerap membuat memori cepat terkuras. Sama halnya denga kuota internet yang jauh lbih cepat habis. Sebab saat seseorang mengirim foto dan video maka secara otomatis akan masuk ke penyimpanan HP.

Solusinya adalah Anda harus mematikan fitus download otomatis. Berikut caranya:

  • Buka WhatsApp dan klik Setting
  • Pilih menu Penyimpanan Data dan nonaktifkan menu Unduh Otomatis

Dengan cara ini Anda dapat menghemat kuota sekaligus memori agar tidak cepat terkuras.

5. Batasi Penggunaan Bulanan Kuota

Tips menghemat kuota HP berikut adalah dengan cara membatasi penggunaan bulanan. Atau sebaiknya Anda harus menggunakan paket bulanan dengan standar kebutuhan yang telah ditetapkan internet utama. Untuk membatasi penggunaan kuota berikut caranya:

  • Masuk ke menus Setting atau pengaturan
  • Pilih Connection
  • Klik Limit Mobile Data Usage untuk membatasi kuota bulanan Anda agar jauh lebih hemat

6. Aktifkan Limit Mode Chrome

Selain aplikasi berbasis streaming video, browser juga kerap menyedot kuota lebih banyak. tetapi Anda tak perlu khawatir karena solusinya adalah dengan cara mengaktifkan mode limit, berikut caranya:

  • Buka Chrome di HP Anda
  • Klik titik tiga yang ada pada pjok kanan atas layar
  • Pilih Setting > Lite Mode > On

7. Gunakan Paket Internet Khusus

Tips menghemat kuota HP yang terakhir ini menggunakan paket kuota internet khusus. Cara ini terbilang cukup efektif dan ampuh karena Anda bisa menggunakan kuota untuk pemakaian satu bulan full tanpa takut kehabisan.

Saat ini ada banyak sekali provider internet yang menawarkan kuota hemat dengan pilihan penggunaan harian, mingguan, sampai bulanan. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau dan Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menikmati kuota sepuasnya untuk kegiatan sehari-hari.

Anda juga bisa menggunakan kuota unlimited yang jauh lebih efektif dan terjangkau dibandingkan kuota bulanan. Selain itu keunggulan menggunakan kuota unlimited Anda bisa mengontrol pemakaian kuota bulanan dengan lebih efektif. Sehingga jauh lebih hemat.

Itulah tadi 7 tips menghemat kuota HP. Pelajari cara menghemat kuota agar penggunaan internet jauh lebih produktif dan aktif. Dan jangan lupa untuk menggunakan kuota unlimited bulanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *