Apa Itu Smarthome? Serba-Serbi Smarthome sebagai Teknologi Masa Kini

Apa Itu Smarthome? Serba-Serbi Smarthome sebagai Teknologi Masa Kini

Apakah kamu tahu apa itu smarthome? Pernah membayangkan bagaimana jika rumah tempat tinggal sekarang menggunakan teknologi smarthome? Apa saja kelebihan, kekurangan, atau hal-hal menarik jika benar-benar menerapkannya?

Smarthome menjadi salah satu produk masa depan layaknya smartphone. HP yang sedang kita gunakan saat ini merupakan perkembangan dari HP jadul yang berfokus pada komunikasi (SMS dan telepon). Namun sekarang, HP bisa memiliki banyak fungsi selain komunikasi.

Tidak menutup kemungkinan, smarthome akan merata di seluruh penjuru dunia. Setiap orang mungkin saja mempunyai Base Iron Man, yang mana di dalamnya terintegrasi dengan teknologi AI layaknya Jarvis. Menarik atau justru mengkhawatirkan? Pusat Tutorial kali ini akan membahas tentang serba-serbi smarthome.

Apa Itu Smarthome: Pengertian Garis Besar

Kita mulai dari yang paling sederhana tentang pengertian smarthome. Sistem smarthome adalah rumah tempat tinggal dengan basis teknologi terintegrasi untuk melakukan berbagai fungsi yang dianggap memudahkan urusan manusia. Fungsi smarthome misalnya, memantau dan mengontrol semua atribut perangkat di rumah dengan sistem jarak jauh.

Ada beberapa istilah untuk menyebut smarthome ini, nama lainnya adalah rumah pintar atau otomatisasi rumah. Sistem kontrol jarak jauh umumnya menggunakan smartphone, sedangkan kontrol jarak dekat bisa dengan gesture atau ucapan saja.

Meski terbilang sebagai sistem teknologi baru yang masih cukup asing, nyatanya smarthome sudah diperkenalkan di Indonesia. Hal ini terbukti dengan adanya produk-produk yang mengusung teknologi paling canggih untuk perabotan rumah.

5. Apa Itu Smarthome Serba-Serbi Smarthome sebagai Teknologi Masa Kini
Src: Pexels

Apa itu Smarthome: Mengenal dari Kelebihan dan Kekurangan

Agar lebih memahami tentang apa itu smarthome, akan lengkap jika tahu apa saja kelebihan dan kekurangan rumah pintar ini. Apalagi kalau kamu di masa mendatang memiliki keinginan membangun rumah impian dengan basis teknologi modern seperti di film-film.

1. Kelebihan Smarthome

Kelebihan menerapkan sistem ini ke rumah ada cukup banyak, antara lain: efisiensi, keamanan, kemudahan, dan praktis. Ketika ingin menyalakan lampu, AC, atau televisi, kamu tidak perlu berjalan menuju lokasi saklar listrik. Begitu pula dengan AC dan televisi, yang mana tidak membutuhkan remot untuk kontrol.

Kamu bisa menggunakan gesture seperti menepuk tangan 1x untuk menyalakan lampu, dan menepuk tangan 2x untuk mematikannya. Sedangkan pada smarthome untuk kontrol AC, televisi, dan perangkat elektronik lainnya mirip dengan remote all in one di HP.

Dari sisi keamanan, kamu bisa memperoleh notifikasi pemberitahuan di HP jika ada yang rusak atau perlu perbaikan di rumah. Contohnya, smart door yang kuncinya rusak, peringatan suhu untuk mencegah kebakaran, CCTV yang mendeteksi aktivitas tidak biasa, dan lain sebagainya.

Sisi praktis dan efisiensi misalnya adanya robot yang bertugas menyapu dan mengepel lantai. Bagi ibu rumah tangga, ini semakin memudahkan dalam mengurus rumah. Belum lagi berbagai peralatan rumah tangga yang sudah memperoleh bekal teknologi modern untuk memanjakan para penghuninya.

2. Kekurangan Smarthome

Meski menawarkan berbagai kelebihan yang memudahkan aktivitas di dalam rumah, nyatanya masih ada kekurangan smarthome yang mesti kamu waspadai. Misalnya, adanya bug di perabotan rumah tangga tersebut, alih-alih membawa efisiensi dan kepraktisan, justru bikin pusing penghuni rumah.

Atau adanya peretas (hacker) yang berhasil masuk ke sistem smarthome rumah kamu. Hacker tersebut dapat mengambil alih semua kontrol peralatan, kamera CCTV, atau yang lainnya sesuka hati. Sedangkan dari segi biaya, tentu membangun rumah dengan basis smarthome tidak semurah rumah konvensional.

Biaya pengadaan semua sistem teknologi dan peralatan rumah tangga canggih tersebut berkisar antara puluhan sampai ratusan juta. Dari kelebihan dan kekurangan sistem ini di rumah, setidaknya kita sudah memahami lebih jauh mengenai apa itu smarthome.

Contoh Smarthome: Produk Masa Depan

Lantas, apa saja contoh produk smarthome yang menggambarkan dunia masa depan? Beberapa produk di bawah ini sudah dapat kamu aplikasikan ke rumah. Cara kerja smarthome berfokus pada efisiensi itu sendiri. Apalagi kalau kamu jarang berada di rumah, tentu faktor keamanan penting sekali kamu perhatikan.

1. Smart Door Lock

Merupakan teknologi masa depan untuk rumah hunian. Sistem lock di sini bisa sensor, pengenalan wajah, atau sidik jari. Ya, mirip dengan film action yang sering kamu tonton.

2. Smart Lamp

Lampu pintar yang bisa kamu kontrol dari jarak dekat maupun jarak jauh. Tidak hanya untuk menyalakan dan mematikan lampu, tetapi juga bisa mengatur pencahayaannya!

3. Smart Plug

Berikutnya ada colokan pintar yang terintegrasi dengan teknologi Internet of Things (IoT) sehingga bisa mengatur siapa yang terhubung ke listrik. Wah, colokan listrik saja sekarang sudah ada yang pintar, ya?

4. Robot Pembersih Lantai

Robot ini mampu mengenali objek di lantai, sehingga bisa menghindarinya. Bisa kamu atur hanya dari HP, untuk membersihkan area yang kamu tentukan saja. Lalu, bagaimana membersihkan robot ini? Kamu tidak perlu membersihkannya, karena robot ini dapat membersihkan dirinya sendiri!

5. Smart Speaker

Speaker yang terintegrasi dengan AI, menciptakan kemudahan kontrol hanya dengan suara. Intinya, kamu tinggal ngomong ingin mendengarkan musik apa, secara otomatis musik langsung berputar.

Di atas merupakan beberapa contoh saja, selain itu tentunya masih banyak peralatan rumah tangga yang sudah terintegrasi dengan internet (IoT). Dari penjelasan tersebut, setidaknya sudah menjawab pertanyaan apa itu smarthome. Apakah kamu berminat dengan sistem teknologi modern satu ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *