Bluescreenview: Cara Jitu Mengatasi Blue Black Screen of Death di Windows

Bluescreenview: Cara Jitu Mengatasi Blue Black Screen of Death di Windows

BlueScreenView, bagi pengguna komputer yang sedang mengalami masalah seperti Blue atau Black Screen of Death, tentu tools ini sangat diperlukan. Masalah tersebut bisa teratasi, dan tools ini sangat dibutuhkan terutama yang menggunakan sistem operasi Windows. Saat itu terjadi, komputer tiba-tiba berhenti dan muncul layar biru dengan pesan error yang membuat kita frustasi.

Tapi jangan khawatir! Blue Screen Viewer hadir sebagai penyelamat dalam menghadapi masalah tersebut. Blue Screen Viewer merupakan sebuah program yang dirancang khusus untuk memeriksa file minidump yang dihasilkan saat Windows mengalami BSOD. Bagi yang belum tahu, minidump adalah file yang berisi informasi tentang kesalahan yang terjadi dan dapat memberikan petunjuk penting untuk menemukan penyebab sebenarnya dari masalah tersebut.

Mengapa Blue Screen Viewer Diperlukan?

Mungkin ada yang berpendapat bahwa setelah restart komputer, maka komputer bisa berjalan dengan normal. Jelas jawabannya adalah salah. Meskipun setelah restart komputer terlihat normal, namun masalah yang menyebabkan BSOD tersebut tetap ada dan bisa kembali terjadi di masa depan. Bahkan, kesalahan yang terjadi mungkin semakin parah seiring waktu dan dapat menyebabkan kerusakan sistem yang lebih serius.

Dalam beberapa kasus, kesalahan BSOD terjadi secara berulang tanpa adanya perbaikan. Jika dibiarkan begitu saja, kemungkinan besar kesalahan tersebut akan semakin sering terjadi dan menjadi semakin mengganggu. Akhirnya, Anda akan merasa tidak tahan dan mulai mencari solusi. Namun, saat itu mungkin sudah terlambat untuk menyelamatkan komputer Anda, dan satu-satunya pilihan yang tersisa adalah menginstal ulang sistem operasi, yang tentu saja sangat merepotkan.

Oleh karena itu, sudah saatnya untuk bertindak lebih cerdas. Maka, untuk memperbaiki kesalahan BSOD dengan solusi yang tepat, Anda perlu mengetahui apa sebenarnya masalahnya. Dan itulah sebabnya Blue Screen Viewer hadir sebagai sahabat setia. Dengan melihat file dump yang dihasilkan, Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang penyebab masalah dan menemukan solusi yang tepat.

Mengenal BlueScreenView: Blue Screen Viewer Terbaik

Dalam dunia Blue Screen Viewer, BlueScreenView merupakan bintang utamanya. Menjadi favorit pengguna di mana BlueScreenView dikembangkan oleh NirSoft. Program ini melakukan pemindaian terhadap semua file minidump Anda dan menampilkan informasi tentang setiap kesalahan dalam satu tabel yang mudah dipahami.

BlueScreenView menampilkan setiap kesalahan yang terjadi dengan lengkap. Informasi yang ditampilkan meliputi nama file dump, waktu crash, string pengecekan error, kode pengecekan error, dan parameter terkait di bagian atas. Selain itu, BlueScreenView juga memberikan detail di bagian bawah driver atau modul yang diduga menjadi penyebab crash, mirip dengan Blue Screen of Death. Detail ini termasuk nama file, alamat dalam tumpukan, ukuran file, waktu pembuatan, dan berbagai informasi lainnya.

Sementara itu, BlueScreenView mampu menandai alamat driver yang bermasalah, sehingga memudahkan Anda dalam menemukan sumber kesalahan. Selain itu, program ini juga dapat menghasilkan informasi dump dalam bentuk file teks, yang dapat Anda bagikan secara online untuk mendapatkan bantuan dalam mendiagnosis kesalahan BSOD yang sedang Anda alami.

Program ini bisa tersimpan di USB flash drive. Anda tidak perlu menginstalnya di komputer dan tidak akan meninggalkan jejak di registri sistem. Cukup unduh program ini, ekstrak file-file yang diperlukan, dan jalankan file BlueScreenView.exe untuk menggunakannya.

Langkah-langkah Mengatasi Blue Screen of Death dengan Menggunakan Bluescreenview

1. Unduh dan Instal Bluescreenview

  • Kunjungi situs resmi Bluescreenview dan unduh versi terbaru di sini.
  • Setelah selesai mengunduh, lakukan proses instalasi pada komputer Anda.

2. Analisis File Dump

  • Setelah berhasil menginstal Bluescreenview, buka program ini.
  • File dump dari BSOD akan bisa dianalisis oleh Bluescreenview.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses analisis selesai.

3. Identifikasi Penyebab Blue Screen of Death dari BlueScreenView

  • Setelah analisis selesai, Bluescreenview akan menampilkan daftar BSOD yang tercatat.
  • Periksa kode kesalahan, modul yang terlibat, dan parameter yang terkait dengan setiap BSOD.
  • Bluescreenview akan memberikan informasi rinci tentang file yang mungkin menjadi penyebab kesalahan tersebut.

4. Pemecahan Masalah

  • Dari informasi tersebut, Anda bisa mengidentifikasi penyebab yang muncul dari BSOD.
  • Beberapa penyebab umum meliputi masalah driver yang tidak kompatibel, kerusakan perangkat keras, atau konflik perangkat lunak.
  • Serta, lakukan langkah-langkah pemecahan masalah yang sesuai berdasarkan penyebab yang teridentifikasi. Ini mungkin meliputi penghapusan atau pembaruan driver, perbaikan perangkat keras, atau instalasi pembaruan sistem.

5. Pencegahan di Masa Depan

Untuk mencegah terjadinya BSOD di masa depan, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Dalam hal ini, sebaiknya perbarui driver perangkat keras secara teratur. Hal ini karena driver juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap masalah ini. Biasanya, BSOD akan terjadi ketika versi driver sudah terlalu lawas dan tidak mampu menangani berbagai tekanan yang muncul saat pengoperasian di komputer.
  • Karena masalah tersebut, periksa masalah sistem atau konflik perangkat lunak. Anda bisa cek program yang sebenarnya tidak kompatibel dengan perangkat. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda mencoba untuk memaksimalkan seluruh program berjalan namun alhasil malah tidak sesuai dengan sistem. Jadi, pastikan Anda mengetahui sistem sudah kompatibel dengan perangkat lunak / software.
  • Jalankan pembaruan sistem operasi terbaru dan perbaikan keamanan. Di mana fungsi hal ini jelas sekali untuk meminimalisir terjadinya bug pada sistem operasi. Biasanya sistem operasi yang lawas dan tidak baru selalu memiliki beberapa masalah seperti bug dan error pada sistem. Hal ini tentunya akan merugikan dan bisa menjadi pemicu terjadinya Blue Screen of Death.
  • Hindari melakukan overlocking pada perangkat keras yang dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem.

Kesimpulan

Dengan Bluescreenview, Anda dapat menganalisis file dump saat terjadinya BSOD. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi penyebab kesalahan. Serta, Anda juga dapat mengambil langkah-langkah pemecahan masalah yang tepat. Program ini memberikan informasi rinci tentang kode kesalahan, modul yang terlibat, dan parameter terkait. Jelas hal ini akan memudahkan Anda dalam menemukan akar permasalahan.

Selain itu, Bluescreenview juga memberikan kemampuan untuk melakukan pencegahan di masa yang akan datang. Dengan memperbarui driver perangkat keras secara teratur, memeriksa konflik perangkat lunak, dan menjalankan pembaruan sistem operasi terbaru, Anda dapat mencegah terjadinya BSOD.

Jadi, jika Anda menghadapi masalah BSOD, jangan khawatir. Gunakan Bluescreenview sebagai andalan Anda untuk mengatasi dan mencegah BSOD tersebut. Dengan langkah-langkah yang tepat untuk cara mengatasi Blue Screen of Death dengan BlueScreenView, semoga permasalahan Anda dapat teratasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *