Cara Aktivasi Shopee Paylater dan Syaratnya, Mudah!

Cara Aktivasi Shopee Paylater dan Syaratnya, Mudah!

Cara aktivasi Shopee Paylater cukup mudah, buka aplikasinya, klik Aktifkan Shopee Paylater, lakukan verifikasi data dan wajah. Jika berhasil, akan muncul limit paylater yang dapat Anda gunakan untuk belanja di aplikasi Shopee.

Fitur Paylater Shopee ini paling disukai penggunanya, di mana Anda bisa membeli barang, tetapi tidak langsung membayar barang yang kamu beli pada saat itu juga. Dengan kata lain, Anda bisa membayarnya pada kemudian hari.

Syarat Aktivasi Shopee Paylater

Bagi Anda pengguna setia Shopee, untuk bisa menggunakan fitur Shopee PayLater kamu haru melakukan aktivasi pada akun kamu terlebih dahulu.

Agar dapat mengaktivasi akun Shopee, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar akun Anda bisa menggunakan fitur Shopee PayLater, yaitu:

1. Aplikasi Shopee Terupdate

Jika Anda ingin mengaktifkan Shopee Paylater maka disarankan untuk mengupdate aplikasi Shopee di Play Store. Pastikan bahwa Anda memang sudah mengisntall aplikasi Shopee terbaru.

Jika, Anda menggunakan versi yang lama maka akan mempengaruhi proses pengajuan Paylater. Bahkan, nantinya dapat menimbulkan berbagai masalah. Sehingga aktivasi paylater gagal dilakukan.

2. Mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Berikutnya, syarat untuk mengaktifkan Shopee Paylater yaitu Anda harus mempunyai KTP yang aktif dan sah. Dengan kata lain, pengguna yang ingin mengajukan Shopeepay maka harus berusia 17+ sehingga sudah memiliki kartu identitas penduduk.

3. Akun Shopee Terverifikasi

Dalam mengajukan aktivasi Shopee Paylater, pengguna memang harus mengupload KTP dan verifikasi wajah. Jika, pada proses verifikasi tersebut data dalam KTP terbaca dengan tepat dan proses verifikasi wajah berhasil. Maka secara otomatis akun paylater akan berhasil dilakukan.

4. Akun Shopee Minimal Berumur 3 bulan

Sebelum Anda mengajukan shopeepay maka pastikan bahwa Anda sudah melakukan penggunaan akun Shopee dalam waktu minimal 3 bulan. Jika kurang dari jangka waktu tersebut maka Anda tidak dapat melakukan pengajuan aktivasi Paylater.

5. Akun Shopee Aktif Melakukan Transaksi

Syarat terakhir agar Anda dapat mengaktivasi Shopee Paylater yaitu harus sering melakukan transaksi di Shopee. Jika belum maka tidak dapat melanjutkan ke tahap aktivasi.

Cara Aktivasi Shopee Paylater

Setelah semua persyaratan di atas terpenuhi,  bisa Anda melanjutkan aktivasi akun dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Klik Tab Menu Saya

Langkah pertama adalah pilih tab ‘Saya’ pada bagian pojok kanan bawah halaman utama aplikasi Shopee di smartphone.

Lalu pilih  menu ‘Dompet Saya’ Anda bisa memilih SPayLater. Setelah itu akan muncul berbagai keuntungan special dari SPayLater.

3. Klik Aktifkan Sekarang

Kemudian lanjutkan dengan pilih ‘Aktifkan Sekarang’. Setelah itu, Shopee akan mengirimkan kode OTP melalui beberapa cara.

Anda bisa memilih apakah dengan menggunakan WhatsApp, Panggilan Suara, atau SMS. Sebagai catatan, jangan berikan kode OTP ini kepada siapapun, bahkan tim Shopee PayLater, demi keamanan akun Anda.

Setelah kode OTP kamu terima, masukkan kode verifikasi lalu pilih ‘Lanjut’.

4. Unggah Foto KTP

Setelah Anda berhasil melakukan verifikasi lewat kode OTP maka akan muncul perintah bahwa kamu diharuskan mengunggah foto KTP Anda.

Ambil foto KTP dengan menggunakan kamera belakang dan pastikan posisi KTP Anda pas dengan bingkai yang tersedia.

Selanjutnya, akan ada kolom nama dan NIK. Silakan kamu masukkan nama dan NIK Anda di sana dengan teliti tentunya.

Setelah yakin bahwa nama dan NIK Anda sudah benar, kamu bisa klik ‘Konfirmasi’.  Lalu, Anda dapat menambahkan informasi tambahan dan klik ‘Konfirmasi’.

5. Mulai Verifikasi Wajah

Setelah itu pilih ‘Mulai Verifikasi Wajah’ untuk memverifikasi wajah. Jangan lupa untuk memilih tempat yang terang dan posisikan wajah Anda dengan baik.

Anda bisa mengarahkan wajah kamu ke dalam bingkai yang tertera di layar.

Setelah selesai, jika berhasil, kamu akan diberi notifikasi bahwa aktivasi Shopee PayLater Anda kamu sedang diproses.

6. Aktivasi Shopee Paylater Berhasil

Jika aktivasi Shopee PayLater akun Anda berhasil disetujui, tentunya Andaakan mendapatkan notifikasi yang isinya mengenai ketarangan bahwa aktivasi Shopee PayLater akun berhasil.

Selain itu, ada juga informasi mengenai limit yait limit umum dan cicilan yang didapatkan untuk bisa melakukan transaksi dengan menggunakan Shopee PayLater.

Solusi Gagal Aktivasi Akun Shopee PayLater

Sebagai catatan, tentu tidak semua pengguna yang ingin mengaktivasi akunnya, pasti bisa berjalan dengan lancar. Terkadang, ada pengguna yang mengalami masalah yaitu pada saat tahap verifikasi wajah.

Di mana wajahnya tidak bisa dideteksi oleh sistem, dan muncul notifikasi bahwa ‘Sistem Error’.

Anda tidak perlu terlalu khawatir jika mengalami hal seperti di atas. Coba lakukan beberapa langkah di bawah ini agar aktivasi Shopee PayLater akun Anda berhasil.

  • Memperbaharui atau meng-update Layanan Google Play, yaitu Google Play Service pada smartphone Anda.
  • Atau, coba Anda lakukan kembali Verifikasi Wajah kamu, setidaknya 2 sampai 3 kali.
  • Pastikan smartphone kamu memiliki koneksi atau jaringan internet yang baik.
  • Me-restart atau menghidupkan ulang smartphone. Setelah itu, coba lagi dengan mengikuti cara aktivasi Shopee PayLater yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Untuk informasi tambahan, pengguna Shopee hanya bisa menggunakan 1 Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang telah terdaftar pada akun Shopee, untuk bisa mengaktivasi akun Shopee PayLater.

Nah, cara aktivasi Shopee Paylater cukup mudah, bukan? Anda dapat melakukan langkah-langkah yang sudah kami jelaskan sebelumnya dengan urut dan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *