Cara Bikin Website Bisnis! Pemula Juga Bisa!

Cara Bikin Website Bisnis! Pemula Juga Bisa!

Salah satu tujuan membuat situs website bisnis adalah untuk memberikan informasi yang spesifik, relevan, dan bermanfaat bagi publik atau mesin pencari. Sebaliknya, situs web dengan informasi secara alami mengharapkan setiap pengguna yang mengunjungi situs web dan membaca informasinya akan mempelajari sesuatu yang baru. Dan apakah kamu sudah tahu cara bikin website bisnis?

Sebenarnya, cara bikin website bisnis tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Dan itulah mengapa ulasan ini sengaja dihadirkan bagi kamu yang sedang ingin merancang situs bisnismu secara mandiri. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja pada penjelasannya. Namun sebelum itu, kamu wajib tahu apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum membuat website bisnis.

Cara Bikin Website Bisnis! Pemula Juga Bisa!

1. Pelajari Komponen Dasar Pembuatan Situs Web

Pertama, untuk membuat website kamu perlu mencari tahu penjelasan lengkap tentang apa itu website, jenis dan komponen yang terlibat dalam membangun website. Pastikan Kamu melakukannya dengan benar sebelum memutuskan untuk mulai membangun situs web.

2. Tentukan Tujuan Pembuatan Website

Apakah situs web Kamu berfokus pada penyediaan informasi yang relevan kepada pengguna atau audiens? Atau apakah situs web Kamu berfokus untuk menyediakan hiburan bagi pengguna seperti video, animasi, gambar, dan media pendukung lainnya? Mulai sekarang, tentukan tujuan pembuatan website. Jangan dulu kalau masih memikirkan tujuan.

3. Daftarkan Nama Domain dan Gunakan Pembuat Situs Web

Pilih pembuat situs web yang tepat dan sesuai yang dapat membantu Kamu membuat situs web. Kamu dapat memilih dari beberapa opsi pembuatan situs web. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pastikan Kamu membaca tentang pembuat situs web.

Selain itu, pastikan Kamu telah membuat akun dengan pembuat situs web sebelum melanjutkan penyiapan domain atau pendaftaran domain. Saat memilih nama domain, pastikan Kamu memilih nama yang unik dan relevan dengan konten yang Kamu unggah.

Pilih model yang sesuai dengan selera Kamu dari model yang tersedia. Kamu juga dapat memilih tema berdasarkan tema situs web. Jika kurang puas, Kamu bisa memodifikasinya dengan mencampurkan desain yang sudah ada.

Tambahkan beberapa informasi penting untuk mempresentasikan situs web Kamu. Periksa dan uji situs web Kamu yang telah selesai. Jika demikian, Kamu dapat mempublikasikan halaman tersebut di internet.

4. Tambahkan Plugin untuk Mendukung Pembuatan dan Pengeditan Konten

Plugin bekerja erat dengan tema situs web pilihan Kamu untuk menyediakan fungsionalitas yang diinginkan. Beberapa di antaranya termasuk filter komentar, formulir kontak, dan alat optimisasi mesin pencari (SEO).

Selain itu, ada juga plugin yang cocok untuk website e-commerce Kamu. Ekstensi ini dapat dengan mudah ditambahkan. Beberapa dapat dibayar, jadi Kamu harus mengeluarkan uang untuk menambahkannya terlebih dahulu.

5. Buat Konten untuk Situs Web Kamu

Pada titik ini, kami meninggalkan Kamu metode dan strategi untuk melakukannya. Namun, ingatlah bahwa saat membuat atau menambahkan konten ke situs web Kamu, menarik inspirasi dari situs web lain yang sudah ada dengan fungsi serupa dapat bermanfaat.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Website untuk Bisnis?

Sebenarnya, langkah-langkah membuat website bisnis sama dengan membuat website untuk tujuan lain. Pada dasarnya, tujuan website perusahaan adalah untuk menawarkan layanan dan meyakinkan kelompok sasaran atau pengguna untuk menjadi pelanggan perusahaan Kamu.

Langkah-langkah tersebut dilaksanakan dengan memposisikan perusahaan sebagai penyedia jasa yang handal, terpercaya dan berpengalaman. Berikut poin-poin mengenai langkah-langkah membuat website bisnis:

  • Langkah pertama dalam membuat website pada umumnya, tentukan website yang Kamu inginkan. Penyedia layanan hosting atau perusahaan hosting web menawarkan paket bulanan atau tahunan dengan berbagai jenis server, seperti server bersama atau khusus.
  • Pastikan untuk memilih penyedia hosting dengan jaminan kecepatan memuat halaman, keamanan operasional, dukungan pelanggan, dan skalabilitas yang kompeten.
  • Pilih nama domain yang unik dan relevan.
  • Buatlah nama domain yang relevan dan seunik mungkin. Pastikan domain yang Kamu berikan tersedia dan belum digunakan oleh siapa pun.
  • Pilih pembuat situs web atau sistem manajemen konten yang tepat dan bagus. CMS sendiri merupakan sistem untuk mengelola konten website Kamu.
  • Buat atau sesuaikan tata letak untuk membuat situs web Kamu terlihat menarik. Selain kualitas konten yang di sajikan dalam website, Kamu juga harus memperhatikan desain website Kamu agar menarik minat masyarakat.
  • Tentukan dan tambahkan konten yang relevan. Tambahkan navigasi untuk memberi tahu pengunjung situs web Kamu tentang situs web Kamu dan berikan mereka akses gratis ke bagian mana pun dari situs web Kamu.
  • Selama pembelian, terutama saat mencari layanan atau produk yang di inginkan, masyarakat meneliti produk atau penyedia layanan dengan langsung mengunjungi atau melihat situs web sebelum mengambil keputusan akhir. Sebagai pelanggan potensial, dia tentu ingin memastikan bahwa dia menemukan dan memilih perusahaan terbaik dengan produk dan layanan terbaik.

Dan itulah cara membuat website bisnis, yang bisa kamu coba untuk memperluas jaringan penjualanmu. Sangat mudah bukan? Tertarik untuk mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *