Cara Cek BI Checking SLIK OJK Terbaru 2023

Cara Cek BI Checking SLIK OJK Terbaru 2023

Baru-baru ini sosial media tengah dihebohkan dengan skor BI checking yang menjadi salah satu syarat dalam mendaftar pekerjaan. Sebagian masyarakat mungkin belum tahu apa itu BI checking, tapi cara cek BI checking SLIK OJK bisa dilakukan dengan mudah melalui situs resmi Idebku. Lantas apa itu BI checking?

BI checking adalah pengecekan skor riwayat kredir melalui Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia. Jika permohonan kredit seseorang ditolak oleh bank, itu artinya skor BI checking yang ada pada situs Idebku bermasalah. Untuk lebih lengkapnya akan kami bahas sebagai berikut.

Cara Cek BI Checking dan Pengertiannya

Saat ini BI checking resmi berganti menjad SLIK OJK. Belum banyak yang tahu, saat ini riwayat hutang dan kredit bisa dicek sendiri melalui website khusus. Biasanya pengecekan skor kredit ini bertujuan untuk proses pengajuan kredit seperti KPR, kredit kendaraan, pinjaman ke bank, dan lainnya.

Bank Indonesia memiliki sistem informasi yang di dalamnya terdapat informasi lengkap mengenai nasabah yang sedang memiliki kredit. Dalam sistem itu juga terdapat informasi skor kredit nasabah, apakah baik atau buruk. Kedua hal ini akan berdampak terhadap setuju atau tidaknya pemberian kredit untuk selanjutnya.

Skor Kredit BI Checking

Cara cek BI checking berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 40?/PJOK.03/2019 terkait Penilaian Kualitas Aset Bank umum, skor kredit BI checking terbagi menjadi 5, yaitu:

  • Skor 1: Debitur selalu lancar saat membayar jumlah pokok dan bunga hutang secara tepat waktu. Memiliki perkembangan rekening yang baik, tak ada tunggakan sama sekali dan sesuai dengan persyaratan kredit.
  • Skor 2: Debitur mulai dalam pengawasan khusus karena memiliki tunggakan pembayaran jumlah pokok dan bunga hutang dalam rentan waktu 1-90 hari.
  • Skor 3: Debitur dinilai kurang lancar karena jumlah pokok dan bunga hutang menunggak dalam rentan waktu yang cukup lama, yakni 91-120 hari.
  • Skor 4: Debitur mulai diragukan lantaran jumlah pokok dan bunga hutang menunggak dalam rentan waktu yang sangat lama, yakni 121-180 hari.
  • Skor 5: Kredit macet karena debitur menunggak hutang beserta bunga dalam waktu 180 hari lebih.

Cara Cek BI Checking SLIK OJK 2023

Ada dua cara cek BI checking SLIK OJK terbaru, yakni melalui offline dan secara online. Berikut caranya:

1. Secara Offline

  • Siapkan KTP khusus WNI dan Paspor khusus WNA bagi para debitur perorangan. Sedangkan untuk debitur badan usaha wajib membawa fotokopi identitas badan usaha.
  • Datangi kantor Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta atau kantor OJK setempat dengan cara mengisi surat permohonan iDEB.
  • Jika dokumen sudah lengkap, petugas OJK akan segera mencetak hasil iDEB.

2. Secara Online

  • Masuk ke situs permohonan SLIK idebku.ojk.go.id
  • Klik Pendaftaram
  • Mulai masukkan data-data seoerti jenis debitur, kewarganegaraan, jenis identitas, dan nomor identitas
  • Isi juga data diri mulai dari nama lengkap sesuai KTP, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, provinsi, email, nomor ponsel aktif, dan alamat saat ini.
  • Klik Selanjutnya
  • Upload foto identitas seperti foto kartu identitas dan foto diri. Unggah dan klik Selanjutnya
  • Jika sudah lengkap, ceklis keterangan seluruh data dan siap tunduk terhadap segala syarat ketentuan OJK, klik Ajukan Permohonan
  • Nantinya akan ada notifikasi Pendaftaran Berhasil dan Anda akan mendapat nomor pendaftaran untuk disalin.
  • Selanjutnya And bisa melakukan pengecekan skor BI checking melalui Status Layanan dengan cara memasukkan nomor pendaftaran tadi
  • Setelah selesai OJK akan memproses permohonan tersebut selama 1×24 jam.

Fungsi BI Checking

Setelah mengetahu cara cek BI checking, Anda harus tahu ada beberapa fungsi skor BI checking dalam kehidupan. Sebab BI checking berfungsi untuk keamanan dan kenyamanan lembaga uang terhadap masyarakat saat melakukan transaksi keuangan.

Selain membuka peluang lebih luas, keberadaan BI checking juga dapat mendorong pihak penyedia kredit untuk mempertahankan kredibilitas calon debitur. Sebagai pihak pemberi kredit mereka juga terbantu dalam menganalisis calon-calonnya agar terhindar dari risiko gagal bayar.

Itulah tadi informasi lengkap seputar cara cek BI chcking SLIK OJK terbaru 2023. Sebaiknya hindari pinjaman online, selain bunganya besar Anda juga akan berurusan dengan pihak OJK jika telat membayar dalam tempo yang telah disepakati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *