Cara Edit Website di cPanel Mudah dan Cepat

Cara Edit Website di cPanel Mudah dan Cepat

Bukan rahasia lagi, jika tampilan website harus diubah agar menarik banyak pengunjung, dan meningkatkan mesin pencari. Dan bagi kamu yang sedang ingin mengubah tampilan websitenya agar lebih menarik, di bawah ini kita akan menjelaskan tentang cara edit website di cPanel dengan mudah dan cepat.

Dapat dikatakan bahwa mengedit situs web itu sulit dan mudah. Jika Kamu tahu bahasa pemrograman, Kamu seharusnya tidak mengalami kesulitan. Tapi bagaimana dengan blogger pemula yang masih belajar cara edit website yang dia punya? Hal itu tentunya cukup membingungkan.

Cara Edit Website di cPanel Mudah dan Cepat

Namun dengan adanya cPanel, maka hal itu lebih mudah. Seperti yang kita tahu, cPanel adalah panel kontrol hosting yang menyederhanakan pengelolaan server hosting, email, dan situs web. cPanel memiliki tampilan dasbor yang intuitif dan ramah.

Selain itu, cPanel memiliki beberapa fitur yang memudahkan pengelolaan website lain seperti domain, email, instalasi CMS dan lainnya.  cPanel juga bisa dikatakan sebagai platform hosting berbasis Linux, sehingga control panel ini hanya dapat digunakan dengan sistem operasi berbasis Linux seperti AlmaLinux, CentOS, CloudLinux dan Ubuntu. Beberapa pengguna terutama menggunakan Windows dan jelas belum bisa menggunakan cPanel.

Jenis Lisensi cPanel

cPanel sendiri memiliki 2 jenis lisensi, yakni:

1. Cloud Licenses

Lisensi ini cocok untuk lingkungan virtual, seperti virtual private server dan layanan cloud lainnya. Dan ideal untuk meningkatkan bandwidth variable.

2. Metal Licenses

Lisensi ini cocok untuk server khusus dengan fungsi kontrol yang lebih presisi dan penggunaan sumber daya yang efisien.

Alasan Mengapa Harus Mengedit Situs Web di cPanel?

Kamu mungkin juga bertanya-tanya, mengapa harus mengedit situs di cPanel? Tentunya untuk memperbaiki tampilan dan beberapa menu agar lebih bermanfaat. Selain itu, desain merupakan hal terpenting di halaman rumah. Halaman ramah SEO juga berkinerja baik dalam hasil pencarian.

Perubahan ini juga dilakukan untuk mempermudah manajemen file. Juga, lebih baik mengeditnya melalui cPanel dengan memasukkan skrip khusus. Dibandingkan menghubungkan melalui plugin, metode ini lebih aman.

Menambahkan skrip melalui plugin dapat menimbulkan beberapa risiko jika Kamu tidak benar-benar memahami caranya. Ini dapat memperlambat unduhan, terutama jika ekstensinya besar. Ini mengurangi kinerja jaringan. Oleh karena itu, menggunakan cPanel lebih disarankan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengedit Website di cPanel

Meskipun ini bisa dilakukan oleh pemula sekalipun, ada beberapa hal yang perlu Kamu persiapkan jika ingin mengedit website Kamu di cPanel. Pengeditan mengharuskan pengguna untuk memiliki hosting. Oleh karena itu, jika Kamu tidak memilikinya, Kamu perlu menyewa hosting untuk mendapatkan akses ke cPanel.

Selain itu, setidaknya pelajari sesuatu tentang pemrograman sebelumnya. Karena mengedit website dilakukan dengan memasukkan script atau kode tertentu. Pengguna juga perlu mengetahui lokasi file yang akan diedit. Jika salah, ada resiko pengguna internet tidak bisa mengakses website.

Cara Edit Website di cPanel

Setelah Kamu menghosting dan memahami bahasa pemrograman, Kamu dapat menyesuaikan tampilan situs. Kamu dapat menjelajahi situs web di cPanel dengan dua cara, online dan offline. Berikut penjelasannya:

1. Edit website di cPanel Online

Opsi pertama adalah mengeditnya langsung menggunakan editor teks cPanel. Langkah ini lebih nyaman karena tidak perlu beralih ke program lain dan di lakukan hanya di satu tempat. Namun agar berjalan lancar, internet harus stabil. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masukkan domainname.com/cpanel untuk mengakses cPanel.
  • Kemudian pilih tab File.
  • Klik pada opsi Manajer File.
  • Kemudian pilih Root Situs. Selanjutnya, pastikan kotak centang “Show hidden files” (can files) di centang.
  • Tekan tombol Mulai.
  • Buka folder public_html yang berisi file untuk beranda situs web.
  • Pilih file yang akan di edit.
  • Pilih opsi Edit dengan mengklik kanan pada file.
  • Di jendela baru, klik Edit. Buat perubahan Kamu dan klik “Simpan Perubahan” setelah selesai.
  • Tekan Tutup untuk keluar dari halaman edit.

2. Edit website di cPanel offline

Mengedit online di cPanel membuat situs web berisiko jika terjadi kesalahan saat menulis skrip. Karena itu, lebih mudah bagi pemula untuk menggunakan file editor bernama Notepad++. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka cPanel dan cari file yang ingin Kamu edit seperti pada metode sebelumnya.
  • Kemudian download file tersebut dengan cara klik kanan lalu klik Download.
  • Buka file di Notepad++ dan masukkan kode sesuai dengan tujuan pengeditan.
  • Coba periksa internet untuk melihat apakah perubahan berhasil dan apakah ada kesalahan.
  • Jika sudah benar, upload file ke cPanel.
  • Tempatkan file di folder asalnya.
  • Hapus file lama dan ganti dengan yang baru di modifikasi.

Dan itulah cara mengedit website di cPanel, beserta informasi menarik lainnya. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Tertarik mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *