Cara Kerja Facebook Ads beserta Jenis-jenisnya

Cara Kerja Facebook Ads beserta Jenis-jenisnya

Kamu mungkin sudah tidak terasa asing dengan istilah Facebook Ads, khususnya para pelaku bisnis. Namun, meski sudah tidak asing dengan istilah tersebut, namun masih belum tentu tahu tentang bagaimana cara kerja Facebook Ads. Dan agar kamu tidak ketinggalan informasi, maka di bawah ini kita akan mengulasnya

Seperti yang kita tahu, Facebook Advertising (Facebook Ads) adalah platform periklanan yang dioperasikan oleh Facebook. Misi Iklan Facebook adalah menyebarkan konten iklan komersial Kamu sendiri di timeline pengguna Facebook.

Iklan biasanya ditempatkan di halaman awal atau di sidebar. Dengan perkembangan facebook yang sangat pesat, tidak heran jika banyak orang berbondong-bondong membuat akun facebook dan membuat iklan facebook untuk menjangkau banyak pembeli dimanapun.

Kamu dapat menggunakan iklan Facebook (iklan Facebook) sebagai alternatif saluran penjualan Kamu. Penggunaan sebenarnya tidak sulit, karena ada banyak panduan dan grup tentang iklan Facebook (iklan Facebook) di Internet. Bagi kamu yang sudah penasaran dengan cara kerja Facebook Ads, langsung saja perhatikan ulasannya di bawah ini.

cara Kerja Iklan Facebook Ads

Untuk beriklan di Facebook, Kamu harus terlebih dahulu memiliki halaman penggemar. Fan page misalnya untuk perusahaan, komunitas, hobi dan lain-lain. Setelah Kamu memiliki halaman penggemar, Kamu dapat beriklan di Facebook.

Akun pribadi tidak mengizinkan Kamu untuk mempromosikan konten yang Kamu poskan. Jadi, meskipun Kamu hanya bisnis kecil, usahakan untuk mempertahankan halaman penggemar Facebook agar suatu hari nanti Kamu dapat mempromosikannya.

Iklan halaman penggemar ini memenuhi tujuan setiap pengiklan. Misalnya, ada yang hanya untuk kesadaran merek, yang lain ingin orang menyukai halaman penggemar, dan yang lain ingin acara keluar dari iklan.

Ini juga dikenal sebagai tujuan kampanye. Setelah menentukannya, Kamu dapat memilih audiens target termasuk jenis kelamin, bahasa, lokasi geografis, status perkawinan, tingkat pendidikan, preferensi, dll.

Cara Kerja Facebook Ads beserta Jenis-jenisnya

Selain mengatur jenis kampanye dan audiens target, Kamu juga dapat mengatur jadwal kapan iklan dijalankan. Berapa hari, dari hari apa sampai hari apa dan berapa anggaran yang Kamu tetapkan untuk periode kampanye. Metode pembayaran untuk iklan Facebook (Facebook Ads)

Ada beberapa aturan konversi dalam aturan Facebook Ads, biasanya biaya iklan bisa berlaku selama sebulan atau bahkan setahun. Sama seperti Google Adwords, metode pembayaran iklan Facebook terdiri dari beberapa metode yaitu CPM (biaya per 1000 ribu) dimana Kamu membayar iklan per 1000 impresi iklan dan CPC (biaya per klik) dimana Kamu membayar ketika audiens target mengklik iklan tersebut.

Proses checkout juga sangat mudah, Kamu dapat menggunakan berbagai metode pembayaran baik kartu kredit maupun debit, prosesnya cepat dan sangat mudah digunakan.

Jenis Jenis Iklan Facebook

Kamu bisa menggunakan banyak template atau jenis iklan di Facebook Ads. Jadi, Kamu dapat menyesuaikan template ini sesuai dengan kebutuhan iklan Kamu. Setiap bisnis memiliki iklannya sendiri yang menarik minat dan kunjungan orang ke iklan Kamu. Berikut beberapa bentuk iklan Facebook Ads:

1. Facebook Image Ads

Kamu dapat menggunakan layanan iklan Facebook Ads menggunakan gambar persegi dan persegi panjang sebagai elemen untuk digunakan dalam iklan Facebook Kamu. Prosesnya sangat sederhana dan yang harus Kamu lakukan hanyalah mengunggah gambar yang ingin Kamu iklankan.

2. Facebook Video Ads

Sekarang Kamu dapat menggunakan penghitung berbasis video untuk iklan selain gambar. Yang harus Kamu lakukan adalah mengunggah konten video Kamu agar ditampilkan di iklan Facebook.

3. Facebook Carousel Ads

Konten korsel adalah kumpulan beberapa gambar yang membentuk gerakan gesek/gesek ke kanan dan kiri untuk membuat iklan Facebook Kamu lebih menarik dengan konten yang berbeda.

4. Facebook Offer Ads

Iklan ini sangat cocok bagi kamu yang menggunakan Facebook Ads untuk melakukan konversi, dimana Facebook Ads memiliki fitur khusus.

5. Facebook Canvas Ads

Merupakan salah satu materi iklan, seperti halaman arahan situs web. Kamu dapat menggunakan Iklan Kanvas Facebook untuk membuat iklan Facebook Kamu lebih menarik bagi orang-orang.

6. Facebook Lead Ads

Facebook Lead Ads merupakan suatu model iklan yang mengumpulkan data pengguna. Misalnya, Kamu ingin pengguna mendaftarkan akun mereka sebelum melakukan pemesanan untuk menjual produk.

7. Facebook Collection Ads

Facebook Collection Ads sebenarnya sama dengan Facebook Caraosel, di mana tampilannya terdiri dari beberapa gambar dalam satu elemen iklan, sehingga memungkinkan pengguna untuk melihat konten iklan Kamu dengan lebih leluasa.

9. Facebook Page Like Ads

Konten promosi ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menambah jumlah followers atau like facebook. Namun faktanya, cara ini biasanya bisa lebih mahal daripada model iklan Facebook Ads lainnya.

Dan itulah penjelasan tentang cara kerja Facebook Ads beserta jenis-jenisnya. Semoga informasu yang kita sajikan bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *