Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Lewat Booting, Cepat dan Ga Ribet!

Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Lewat Booting, Cepat dan Ga Ribet!

Cara masuk Safe Mode Windows 10 lewat booting dapat dilakukan dengan cara manual dan BIOS. Keduanya sama-sama mudah.

Mengaktifkan Safe Mode bertujuan agar kamu dapat memperbaiki komputer kamu dengan lebih mudah. Dengan kata lain, peluang terjadinya masalah pada saat kau menggunakan Safe Mode itu adalah sangat kecil.

Misalnya saja, pada saat laptop atau PC kamu sedang mengalami crash dan kamu telah masuk ke dalam Safe Mode, maka masalah tersebut dapat diidentifikasi.

Sekadar informasi, pada saat kamu menggunakan Safe Mode, kamu bisa memilih antara online atau offline, dengan jaringan atau tanpa jaringan.

Pada saat terjadi dan terdeteksi masalah, biasanya Safe Mode pada Windows 10 akan secara otomatis aktif atau menyala. Akan tetapi, teradang ada juga yang harus diaktifkan secara manual.

Apa itu Safe Mode?

Safe Mode sendiri merupakan fitur yang disediakan oleh windows yang berguna untuk memecahkan masalah yang terjadi pada laptop atau PC. Fitur Safe Mode dapat juga digunakan untuk menyalakan komputer, tanpa memerlukan sebagian besar fitur yang tidak penting.

Pada saat Safe Mode kamu diaktifkan, makan otomatis resolusi layar dapat terlihat sedikit tidak aktif, atau komputer Anda bisa saja berjalan lebih lambat dari pada biasanya.

Aplikasi tertentu juga bisa saja berjalan kurang baik. Safe Mode memungkinkan Anda untuk menggunakan windows dalam keadaan yang sangat dasar, sehingga dapat mengindetifikasi bahkan memperbaiki masalah yang terjadi.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Lewat Booting

Nah, ada beberapa cara manual untuk bisa masuk Safe Mode pada Windows 10. Salah satunya adalah lewat booting. Kira-kira bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara masuk Safe Mode Windows 10 lewat booting.

1. Nyalakan Komputer

Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentunta nyalakan laptop atau PC kamu dan tunggu sampai logo windows muncul.

2. Tunggu Logo Windows Muncul

Pada saat logo windows sudah muncul di layar, segeralah kamu klik tombol F8 secara terus menerus dan juga berkala. Hal itu kamu lakukan sampai proses booting selesai.

Setelah itu tunggu sampai menu Advanced Boot Options muncul.

3. Klik Opsi Safe Mode

Setelah Advanced Boot Options muncul, akan ada opsi Safe Mode atau Safe Mode with Networking. Pilih salah satu diantaranya, lalu klik Enter.

Kemudian laptop atau PC Anda akan segera melakukan proses booting dan dengan Safe Mode.

Tunggu sampai proses booting selesai. Setelah selesai, maka laptop atau PC kamu akan berhasil masuk ke dalam Safe Mode.

Untuk memastikan hal itu, kamu bisa melihat pada layar bagian pojok kiri bawah, maka akan tertera tulisan Safe Mode.

Sebagai catatan, jika Anda merasa tidak tepat saat menekan tombol F8 pada saat proses booting sedang berangsung, kamu bisa restart atau mulai ulang laptop atau PC. Kemudian ulangi kembali beberapa langkah di atas.

Itu tadi adalah cara masuk Safe Mode Windows 10 lewat booting. Jika Anda masih belum berhasil masuk ke dalam Safe Mode melalui cara tersebut, jangan khawatir, kamu bisa coba cara lain yang satu ini.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10 lewat Booting BIOS

Cara lain yang bisa kamu coba agar bisa masuk ke dalam Safe Mode lewat booting adalah dengan menggunakan tombol booting BIOS. Penasaran bagaimana caranya?

Sebelum itu, tombol booting pada setiap laptop atau PC bisa saja berbeda. Berikut ini adalah merk device PC beserta tombol masuk BIOS masing-masing.

Laptop Acer = Del atau F2, Laptop ASUS = Del, F2, atau Esc, Laptop Compaq = F10, Laptop Dell = F2, Laptop HP = Esc, F10, atau F11, Laptop Lenovo = F1 atau F2, Laptop Samsung = F2 atau F10, Laptop SONY = F1, F2, atau F3, dan Laptop Toshiba = F1, F12, atau Esc.

Tombol perintah tersebut harus kalian tekan beberapa kali pada saat laptop atau PC melakukan booting, yaitu ketika dinyalakan.

Berikut ini adalah cara masuk Safe Mode tombol booting BIOS.

1. Nyalakan Laptop

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah nyalakan laptop atau PC. Setelah itu, yaitu saat booting berlangsung, segera klik tombol BIOS sesuai merk device PC kamu masing-masing.

2. Klik Troubleshoot

Setelah klik tombol BIOS maka tampilan BIOS akan muncul. Lalu, kamu pilih opsi Troubleshoot. Setelahnya akan muncul 2 pilihan menu, yaitu Reset This PC dan Advanced Options. Kamu pilih Advanced Options.

Layar akan menampilkan setidaknya 6 pilihan menu. Anda pilih Startup Settings.

3. Klik Safe Mode

Selanjutnya, kamu cari dan klik sebuah kotak pada bagian kanan bawah yang bertuliskan Restart. Akan muncul beberapa pilihan menu, kamu pilih menu Safe Mode. Untuk menu Safe Mode , terdapat pada nomor 4 sampai 6. Pilihkan dengan menggunakan navigasi F. Misalnya nomor 6 berarti F6.

Setelah itu, kamu cukup menunggu system untuk memasukkan laptop atau PC kamu ke dalam Safe Mode.

Itulah cara masuk Safe Mode selain lewat booting yaitu dengan cara tombol booting BIOS.

Dari kedua langkah di atas, kira-kira Anda akan mencoba cara yang mana untuk memasukkan laptop atau PC kamu ke dalam Safe Mode. Baik cara pertama ataupun kedua, dua-duanya bisa saja kamu coba sampai kamu berhasil memasukkan laptop atau PC kamu ke dalam Safe Mode. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *