Cara Membuat Banner di Laptop dengan Mudah di Canva

Cara Membuat Banner di Laptop dengan Mudah di Canva

Saat ini, untuk membuat banner sudah tidak perlu repot-repot menginstall software seperti Photoshop ataupun Corel Draw. Karena, kamu sudah bisa membuat banner secara online melalui canva. Meski begitu, tidak semua orang tahu cara membuat banner di laptop.

Dan bagi kamu yang ingin mengatahui cara membuat banner di laptop, di bawah ini kita akan memberikan turoialnya. Namun pada ulasan kali ini, kita akan memberikan kamu tutorial melalui situs Canva.

Cara Membuat Banner di Laptop dengan Mudah di Canva

  1. Buka situs web canva.com di laptop.
  2. Jika Kamu belum memiliki akun, Kamu dapat mendaftar terlebih dahulu dengan alamat email Kamu. Caranya mudah, cukup klik “Daftar” dan isi formulirnya.
  3. Setelah registrasi, yang harus Kamu lakukan adalah login dan pilih jenis desain yang Kamu inginkan.
  4. Pilih desain standar. Karena di sana kamu akan disuguhkan beberapa template banner yang bisa dibuat.
  5. Pada halaman desain Canva ini, kamu bisa memilih fitur yang disediakan.
  6. Pilih template yang Kamu inginkan lalu desain spanduk sesuka Kamu.
  7. Setelah selesai, upload banner yang telah Kamu buat. Tombol unduh ada di pojok kanan atas halaman desain Canva.
  8. Pilih jenis file yang akan diunduh. Kemudian klik Unduhan atau download.
  9. Pembuatan spanduk di kanvas selesai.

Tips Membuat Banner yang Menarik

Tentu saja, tidak ada gunanya membuat spanduk online jika desain Kamu tidak menarik. Jadi, Kamu harus mengikuti tips ini untuk membuat desain spanduk Kamu menarik:

1. Pilihan Warna

Apapun makanan yang Kamu jual, warna sangat efektif dalam menyampaikan pesan kepada audiens target Kamu. Warna dapat menciptakan suasana hati, menarik perhatian, dan membangkitkan emosi.

Penting juga untuk diketahui bahwa warna tertentu meningkatkan nafsu makan. Misalnya, warna kuning membangkitkan kegembiraan, dan kebanyakan orang memiliki nafsu makan yang baik saat mereka bahagia.

Seperti warna selada, hijau berarti kesehatan. Seperti wortel, labu atau jeruk, jeruk bisa memicu rasa lapar. Pada saat yang sama, warna merah dapat memompa darah dan membuat rasa lapar semakin nyata.

2. Font yang Jelas dan Sederhana

Font yang jelas dan sederhana adalah yang terbaik. Tapi Kamu masih bisa bermain dengan font. Bereksperimenlah dengan tipografi dan temukan yang sesuai dengan kebutuhan Kamu dan komunikasikan Kamu dengan cara terbaik. Kamu dapat menggunakan banyak font dalam satu spanduk untuk dampak yang lebih besar. Hal utama di sini adalah jangan berlebihan.

3. Informasi yang Jelas

Beberapa pengusaha mungkin berpikir bahwa menambahkan semua informasi ke spanduk mereka adalah wajib. Teks yang berantakan di spanduk justru bisa membuat orang bosan dan tidak ingin membaca lagi.

Cobalah untuk meringkas detailnya sejelas dan sesingkat mungkin agar tidak membingungkan pembaca. Tekankan apa yang perlu Kamu fokuskan,  Misalnya, menu, informasi kontak, atau lokasi, dan minimalkan yang lainnya.

4. Lebih banyak gambar

Ilustrasi dapat menginformasikan, membujuk, dan bahkan memengaruhi audiens dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh foto. Penggunaan gambar dan grafik dapat membantu menyampaikan pesan iklan.

5. Buat penawaran dan diskon

Menjalankan iklan seperti penawaran dan diskon adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian orang. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari penawaran Kamu, Kamu perlu mengetahui audiens target Kamu dengan tepat.

Misalnya, jika restoran Kamu dekat dengan kantor pusat perusahaan, Kamu bisa memberikan diskon untuk makan siang.

Pembuatan banner saat ini hanya bisa dilakukan secara online. Artinya, Kamu tidak perlu lagi menginstal aplikasi seperti Photoshop atau CorelDraw. Selain itu, membuat spanduk di Photoshop atau CorelDraw tidak semudah membuatnya secara online.

Rekomendasi Tool Desain untuk Membuat Banner

Dan bagi kamu yang bingung memilih tool desain yang cocok, di bawah ini adalah rekomendasinya.

1. Canva

Canva merupakan satu aplikasi banner maker yang cukup tenar di Indonesia. Yang menggunakan bukan dari kalangan pemula saja tetapi juga desainer profesional. Salah satu alasannya ialah, fungsi dari aplikasi Canva cukup lengkap. Tidak hanya membuat banner saja tetapi juga editing video, membuat logo dan selainnya.

2. Banner Maker Photo And Text

Banner Maker Photo And Text merupakan aplikasi membuat banner dengan fitur lengkap. Namun sayangnya aplikasi ini hanya untuk android dan tidak bisa digunakan untuk laptop. Sekalipun demikian, hasil editing banner iklan tetap bisa disimpan di PC. Sehingga proses sharing file ke Facebook dan Tiktok menjadi lebih mudah.

3. Banner Maker

Aplikasi untuk membuat banner iklan yang paling bagus adalah Banner Maker. Pasalnya, selain mudah pengerjaan, fitur yang berada di dalamnya juga lengkap. Luar biasanya, desainer diberi kesempatan untuk mengedit template bawaan aplikasi. Jadi yang bisa dimasukkan ke dalamnya buka hanya tet tetapi juga foto dan frame art.

4. Flyer Maker Graphics Desain

Aplikasi untuk membuat banner iklan berikutnya adalah Flyer Maker Graphics Desain. Software ini populer tetapi dibutuhkan latihan khusus untuk kalangan pemula. Sekalipun demikian, tidak dipungkiri kalau aplikasi sering digunakan oleh kalangan profesional. Maka dari itu, kalau ingin menjadi desainer banner iklan premium, berlatih terus di sini.

5. iGenius

iGenius merupakan aplikasi banner maker yang khusus untuk perangkat android saja. Cuma kalau di laptop dan komputer, bisa dipastikan masih belum bisa digunakan. Sekalipun demikian, aplikasi ini tetap bagus dan menyemangati aktivitas editing banner. Apalagi kategori template-nya cukup banyak dari bisnis, pendidikan sampai olahraga.

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang cara membuat desain banner di laptop. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *