Cara Membuat Desain di Canva! Mudah dan Cocok untuk Pemula

Cara Membuat Desain di Canva! Mudah dan Cocok untuk Pemula

Jika Kamu ingin membuat desain yang menarik tanpa menghabiskan banyak uang, Canva adalah solusinya. Canva merupakan platform desain grafis gratis dan ramah pemula. Namun meski begitu, dibalik semua keramahan dan kemudahan yang disajikan, tidak semua orang tahu cara membuat desain di Canva dengan baik.

Tidak bis dipungkiri, Canva adalah platform desain grafis online yang memungkinkan pengguna membuat desain dengan mudah dan cepat, tanpa memerlukan keahlian desain grafis khusus. Canva memiliki ribuan templat dan elemen desain untuk dipilih, mulai dari poster, spanduk, dan undangan hingga desain media sosial seperti postingan dan cerita Instagram.

Cara Membuat Desain di Canva! Mudah dan Cocok untuk Pemula

Bahkan, Canva juga memiliki fitur desain untuk presentasi dan dokumen. Canva memudahkan siapa saja untuk membuat desain yang memukau. Dan bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara membuat desain di Canva  dengan baik. Maka perhatikan caranya di bawah ini.

Cara Membuat Desain di Canva! Mudah dan Cocok untuk Pemula

1. Buat Akun

Langkah pertama menggunakan Canva adalah membuat akun. Kamu dapat mendaftar secara gratis menggunakan akun email, Google, atau Facebook Kamu. Setelah terdaftar, Kamu akan dibawa langsung ke dasbor Canva Kamu.

2. Pilih Template

Saat mengunjungi dasbor Canva, Kamu akan melihat berbagai macam templat untuk dipilih. Pilih template yang sesuai dengan kebutuhan desain Kamu. Dan di sana, Kamu dapat mencari templat berdasarkan kategori seperti ‘Media Sosial’,’ Materi Pemasaran’, dan’Dokumentasi’. Canva juga menawarkan templat kosong yang dapat Kamu sesuaikan dengan kebutuhan Kamu.

3. Sesuaikan Template

Setelah memilih template, Kamu dapat menyesuaikannya sesuai keinginan Kamu. Kamu dapat mengubah warna, font, dan tata letak untuk membuat desain yang unik dan menarik. Gunakanlah alat pengeditan Canva untuk membuat perubahan. Canva juga memiliki efek dan filter untuk menyempurnakan desain Kamu.

4. Tambahkan Gambar dan Teks

Setelah menyesuaikan templat dengan kebutuhan Kamu, Kamu juga dapat menggunakan elemen desain tambahan seperti teks, gambar, dan ikon di luar templat yang dipilih. Dan memang bukan rahasia lagi, Canva juga menawarkan ribuan elemen desain tambahan yang dapat Kamu gunakan. Selain itu, Kamu dapat mengunggah elemen desain Kamu sendiri. Caranya juga sangat mudah, Cukup seret dan lepas elemen desain ke area desain yang diinginkan.

Sedikit tips untuk Kamu, jika ingin membuat desain Twibbon, gunakanlah gambar berkualitas tinggi, untuk memberikan tampilan profesional pada desain Kamu. Jangan menggunakan terlalu banyak warna kontras, karena dapat membuat desain terlihat berantakan.

Gunakan font yang mudah dibaca dan jangan gunakan terlalu banyak font yang berbeda. Pertimbangkan untuk menggunakan ruang kosong agar desain Kamu terlihat seimbang dan tidak terlalu berantakan.

5. Simpan dan Bagikan Desain

Setelah selesai mengedit desain, Kamu dapat mengunduh atau membagikannya. Canva menawarkan berbagai format file seperti JPG, PNG, dan PDF. Kamu juga dapat membagikan desain Kamu secara langsung di media sosial, atau mengundang orang lain untuk berkolaborasi dalam desain Kamu.

6. Tingkatkan kualitas desain dengan Canva Pro

Jika Kamu menginginkan lebih banyak fitur untuk menyempurnakan desain Kamu, Kamu dapat berlangganan Canva Pro. Canva Pro menawarkan lebih banyak templat, gambar, font, dan alat kolaborasi untuk membantu Kamu bekerja sebagai sebuah tim. Kamu juga dapat mengatur banyak elemen branding seperti font, dan tema warna untuk memudahkan pengeditan nanti untuk tujuan desain.

Fitur Gratis Canva

Dan sebagai tambahan informasi, ketahui juga fitur-fitur gratis yang ada di Canva. Dan kita akan menjelaskan secara rinci di bawah ini:

1. Lebih dari 250.000 templat gratis

Mungkin terdengar tidak realistis, tetapi Kamu benar ketika membaca judul bagian ini. Dalam versi gratisnya, Canva menawarkan lebih dari 250.000 templatnya. Contoh konten tersebut terbagi dalam berbagai kategori, seperti spanduk situs web, kupon diskon, dan slide presentasi.

2. Templat Canva

Bahkan, Kamu bahkan bisa membuat desain sendiri dari nol. Namun, berbagai contoh konten tersebut dapat digunakan untuk mempercepat proses kreatif. Selain itu, setiap contoh dapat dengan mudah disesuaikan.

3. Sesuaikan Teks

Canva juga dapat digunakan untuk membuat slide presentasi, dokumen, dan berbagai media cetak, sehingga kemampuan menyisipkan teks sangat penting. Fasilitas ini juga mudah digunakan. Pengguna cukup memposisikan kotak teks di ruang yang tersedia. Kamu kemudian dapat mengubah font, ukuran teks, dan format lain yang biasa digunakan dalam pengolah kata seperti Microsoft Word.

Selain itu, Canva memiliki banyak contoh desain pencahayaan, yang dapat Kamu sesuaikan dengan kebutuhan Kamu. Dan ini adalah fitur hebat jika Kamu ingin menghemat waktu membuat poster dan kartu ucapan.

4. Ratusan simbol dan Ilustrasi

Selain teks, pengguna Canva juga dapat menambahkan simbol dan ilustrasi pada kreasinya. Kabar baiknya adalah versi gratis dari aplikasi ini menawarkan berbagai macam ikon dan ilustrasi dengan berbagai tema.

5. Berbagai Opsi Latar Belakang

Dengan Canva, dijamin background dan background Kamu tidak akan pernah membosankan. Berbagai macam gambar dan gradien tersedia untuk menghidupkan desain Kamu. Selain itu, Kamu dapat mengedit latar belakang yang di gunakan.

Misalnya, Kamu dapat menyesuaikan kontras, meningkatkan intensitas warna, atau menambahkan sketsa ke latar belakang pilihan Kamu. Dengan Canva, Kamu juga tidak perlu khawatir dengan desain yang mahal.

Canva memang selalu memberi Kamu kemampuan, untuk membuat desain profesional dengan mudah dan gratis. Dan meski Canva mudah di gunakan, tetapi tetap membutuhkan usaha dan kreativitas untuk membuat desain yang menarik. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Selamat mencoba!

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *