Cara Membuat File Zip di Android yang Jarang Orang Ketahui

Cara Membuat File Zip di Android yang Jarang Orang Ketahui

Cara membuat file ZIP di Android akhir-akhir ini banyak dicari, khususnya anak muda, karena dengan itu, Kamu dapat mencadangkan berbagai data dengan atau tanpa aplikasi. Dan seperti yang kita tahu, ZIP sendiri merupakan standar kompresi atau kompresi data, jadi Kamu harus mengenalnya.

Pada artikel kali ini, kita akan memberikan kamu ulasan tentang bagaimana cara membuat file ZIP di Android, tentunya dengan cara yang sangat mudah. Namun sebelum itu, kamu wajib tahu tentang sejara ZIP, supaya mendapat lebih banyak pengetahuan.

Cara Membuat File Zip di Android yang Jarang Orang Ketahui

Sejarah singkat ZIP

Format file ZIP awalnya dirancang oleh Phil Katz dari PKWARE dan Gary Conway dari Infinity Design Concept. Format tersebut dibuat setelah Systems Enhancement Associates (9SEA) mengajukan gugatan terhadap PKWARE, an mengklaim bahwa produk pengarsipan bernama PKARC merupakan turunan dari sistem pengarsipan ARC SEA miliknya. Nanu nama ZIP sendiri memiliki bergerak cepat.

Kedua perusahaan tersebut kemudian menyadari, bahwa produk mereka harus lebih cepat daripada ARC-Nya dan format kompresi lainnya saat itu. Hingga akhirnya, ZIP pertama kali diperkenalkan dalam paket PKZIP 0.9-nya pada tahun 1989 di APPNOTE-nya. disusul dengan berkas .TXT yang pada akhirnya, berkembang pada tahun 1990-an.

Selanjutnya, PKWARE dan Infinity Design Concepts mengeluarkan siaran pers bersama pada 14 Februari 1989, membuat .Format file ZIP tersedia untuk umum. Lalu, apa yang membuat kita merasa untung untuk memakai ZIP? Jika penasaran, di bawah ini adalah ulasannya.

Kelebihan dari File ZIP

Format ZIP banyak digunakan karena banyak kelebihannya. Dan kelebihannya adala sebagai berikut:

  • Hemat ruang penyimpanan hingga 80%.
  • Dapat mengurangi kemacetan dalam proses input / output dan transfer data.
  • Data tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak berwenang.
  • Memfasilitasi distribusi data menggunakan media yang dapat dipindahkan seperti flash disk, CD, dan DVD.

Kekurangan dari File ZIP

Selain memiliki kelebihan, ZIP juga memiliki kekurangan, adapun kekurangannya adala di bawah ini.

  • Jika file sudah dikompresi, file tersebut tidak dapat dikompresi lebih jauh.
  • Mengekstraknya akan menyebabkan file yang terpengaruh tidak berfungsi.

Cara membuat file ZIP di Android

Dan bagi kamu yang sudah penasaran seperti apa cara membuat file ZIP di Android, maka kita sudah sampai pada pembahasannya. Jadi, perhatikan baik-baik! Seperti yang kita tahu, ZIP adalah file terkompresi yang terdiri dari beberapa file yang digabungkan menjadi satu file tergantung pada jumlah konten dalam file tersebut.

Kompresi data tersebut menghasilkan ukuran data yang lebih kecil, dan dengan demikian penggunaan media penyimpanan data menjadi lebih efisien. Oleh karena itu, file ZIP ini merupakan kumpulan file dalam sebuah wadah, dikompresi hingga ukurannya diperkecil.

Nanti, Kamu juga dapat memulihkan file dengan mengekstraknya, termasuk konten dan ukuran file, seperti sebelumnya. Jika sudah ada sebelum smartphone ada, file ZIP ini hanya akan valid melalui laptop atau komputer. Namun seiring berkembangnya teknologi, teknologi canggih HP telah memungkinkan semuanya. Dan di bawah ini adalah cara-caranya.

1. Gunakan aplikasi RAR

Langkah pertama membuat file ZIP di Android ini bisa di lakukan dengan menggunakan aplikasi bernama RAR. Meski awalnya, aplikasi ini hanya untuk laptop, tetapi evolusi teknologi mengubah segalanya dan sekarang juga tersedia untuk ponsel.

  • Pertama, unduh dari Play Store, buka aplikasi dan temukan foldernya. Isinya adalah file yang dapat di buat sebagai file ZIP. Jika demikian, Kamu dapat langsung memeriksanya dan memilih file mana yang akan di kompres.
  • Setelah memilih ini, klik opsi plus ( + ) di bagian atas dan beri nama file zip apa pun yang Kamu suka. Kemudian cukup klik “Browse” untuk memilih lokasi dan pilih “ZIP”.
  • Namun, ada opsi untuk mengatur kata sandi sehingga Kamu dapat memasukkan kata sandi untuk mencegah orang lain membuka file zip.
  • Kemudian, Kamu dapat mengabaikannya jika tidak membutuhkannya. Terakhir, klik saja OK. Sudah selesai.

2. Gunakan Fitur Bawaan HP

Cara ini bisa kamu lakukan dengan aplikasi saja, atau Kamu dapat melakukannya tanpa aplikasi. Ini jauh lebih efisien dan nyaman, dan menghemat lebih banyak ruang penyimpanan di perangkat seluler Kamu.

Sayangnya, fitur ini tidak tersedia di semua ponsel, terutama ponsel lawas. Pertama, periksa apakah ponsel cerdas Kamu dapat menggunakan fungsi ini.

  • Langkah pertama adalah pergi ke Pengelola File HP dan mencari satu atau lebih file untuk dikompres. Jika ya, sorot dan klik tiga titik dan pilih Kompres.
  • Kamu juga dapat menentukan nama file dan format file secara langsung.
  • Kemudian lokasi file ZIP tersebut.
  • Terakhir, setelah semuanya di atur seperti yang Kamu inginkan, cukup klik OK atau Simpan. Sudah selesai.

3. Gunakan Aplikasi Tambahan untuk Membukanya

Kamu tidak hanya perlu mengetahui cara membuat file ZIP di Android, Kamu juga perlu mengetahui cara membukanya. Untuk membuka sendiri file ZIP ini, Kamu perlu menggunakan aplikasi tambahan, yakni aplikasi yang memungkinkan Kamu membuat, mengedit, membuka, dan mengekstrak file ZIP dengan mudah. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Pada langkah pertama, Kamu dapat mengunduh aplikasi bernama RAR melalui layanan Google Play Store.
  • Setelah di unduh dan di instal, buka aplikasi dan secara otomatis akan menampilkan semua file di penyimpanan internal dan eksternal Kamu dengan segera.
  • Jika Kamu ingin membuka file ZIP, Kamu dapat mencarinya langsung di dalam aplikasi. Caranya adalah dengan mencari file RAR yang ingin Kamu buka. File tersebut kemudian akan terbuka secara otomatis.

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang cara membuat file zip di android. Semoga ulasan ini dapat membatu kamu yang sedang membutuhkan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *