Cara Membuat Mind Map di Laptop dengan Mudah

Cara Membuat Mind Map di Laptop dengan Mudah

Pernahkan kamu mendengar istilah mind map? Kita yakin bahwa setiap orang mungkin sudah mendengar istilah tersebut.  Apalagi untuk orang yang sudah bekerja dan menjadi mahasiswa, istilah tersebut pastinya sangat familiar. Namun meski bergitu, tidak semua orang tahu apa itu mind map dan bagaimana cara membuat mind map di laptop.

dan bagi kamu yang sedang mencari tentang apa dan bagaimana cara membuat mind map di laptop, maka artikel ini sangat cocok bagi untuk kamu ikuti sampai selesai. Dan langsung saja pada pembahasan di bawah ini.

Cara Membuat Mind Map di Laptop dengan Mudah

Pengertian dan Fungsi Mind Map

Mind map adalah cara yang lebih menyeluruh dan mudah, untuk menguraikan subjek yang besar. Dengan cara ini, Kamu dapat mencocokkan ide-ide yang ingin Kamu kembangkan dengan topik tersebut, sehingga bisa memudahkan mereka yang benar-benar tertarik dengan mind map. Adapun fungsi dari mind map adalah sebagai berikut.

1. Meningkatan produktivitas

Tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan informasi baru. Tapi dengan menggunakan mind map, maka semua pekerjaan dibuatn lebih mudah, hal itu karena pemetaan pikiran disajikan dalam bentuk visualisasi yang menarik dan mudah dipahami.

Kemudian, mind map akan memberi tahu Kamu tujuan dan tugas apa saja yang terkait dengannya. Hal ini juga bisa memotivasi Kamu untuk mengatur waktu kerja dengan lebih efektif, dan membantumu meningkatkan produktivitas.

2. Mempercepat proses belajar

Fungsi utama dari mind map adalah untuk membuat proses belajar lebih mudah dipahami. Seperti yang kita tahu, Mind map berfokus pada informasi yang diberikan. Dengan cara inilah pemetaan pikiran digunakan untuk menghubungkan berbagai informasi ke topik utama, sehingga mempercepat proses belajar.

3. Meningkatkan pemahaman

Mind map sangat penting dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan pemahaman. Dalam hal ini, Kamu dapat lebih mudah dan cepat memahami pembagian topik utama dan subtopiknya.

Mind map bersifat universal, sehingga informasi yang disajikan dapat langsung dimengerti.  karena pemetaan pikiran biasanya dilengkapi dengan catatan kecil untuk dijadikan panduan.

4. Mempertajam kreativitas Kamu

Gambar bercabang dengan visualisasi yang menarik membuat informasi lebih mudah dipahami. Selain itu, Kamu juga bisa mengasah kreativitas melalui mind map. Hal ini karena proses pembuatannya membutuhkan penambahan ikon, gambar dan warna-warna yang menarik agar lebih jelas.

Dengan cara ini, informasi dapat dikomunikasikan dengan lebih jelas. Proses ini dapat menstimulasi kinerja otak kanan dan dengan demikian berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas.

Cara Membuat Mind Map di Laptop

Dan bagi kamu yang penasaran seperti apa cara membuat mind map di laptop, maka perhatikanlah langkah-langkah di bawah ini, supaya mind map yang kamu buat lebih unik dan menarik.

1. Tema utama

Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan untuk dapat membuat mind map, adalah menentukan tema utama yang ingin Kamu gunakan. Topik dapat muncul dari masalah yang ingin Kamu selesaikan atau faktor lainnya.

Secara umum, menentukan topik utama akan memberikan Kamu kata kunci untuk memfokuskan pikiran Kamu, dan kata kunci biasanya terdiri dari satu hingga tiga kata. Namun, Kamu tetap bisa memulai dengan memilih topik yang luas, seperti komunikasi.

2. Buat cabang berdasarkan topik utama

Langkah selanjutnya adalah membuat cabang dari topik utama. Kamu harus menemukan beberapa ide yang berhubungan erat dengan topik utama Kamu. Jadikan ide ini sebagai cabang pertama dari topik tersebut.

Misalnya, ketika menggunakan tema komunikasi, cabang-cabang dapat terdiri dari verbal dan non-verbal. Kamu dapat membuat cabang tersebut dengan mengidentifikasi jenis atau bagian lain yang terkait dengan topik utama.

3. Bagilah topik utama menjadi beberapa subtopik

Setelah Kamu memiliki ide untuk cabang utama, Kamu harus menguraikannya menjadi beberapa subtopik. Kamu bisa mengidentifikasi beberapa ide dengan cakupan yang sempit. Jadikanlah itu sebagai cabang dari cabang utama.

4. Buatlah garis-garis untuk menghubungkan ide-ide

Jika Kamu telah menentukan beberapa subtopik, Kamu dapat menggunakan garis untuk menghubungkan subtopik-subtopik tersebut. Dengan menggunakan komponen garis, Kamu dapat membuat isi mind map yang dibuat lebih mudah dilihat dan dipahami.

Kamu dapat menarik garis dari topik utama ke subtopik yang paling spesifik. Tujuannya adalah untuk memperdalam pemahaman melalui gambar.

5. Gunakan kode warna penghubung untuk setiap subtopik

Cara terbaik untuk membuat mind map adalah dengan menambahkan kode warna. Kamu dapat memberi kode warna pada garis atau gambar penghubung, untuk memahami setiap ide yang terkandung dalam sebuah subtopik.

Hal ini membuat proses pengelompokan menjadi lebih transparan dan lebih mudah dipahami. Pilihlah beberapa warna sesuai dengan subtopic, yang digunakan untuk meningkatkan konsistensi dan keterbacaan.

6. Membuat subtopik

Ketika Kamu mengembangkan subtopik, Kamu mungkin menemukan berbagai ide yang saling terkait. Namun sekali lagi, Kamu harus memilihnya dengan baik. Pemetaan pikiran yang efektif harus berisi ide-ide yang terkait erat dengan subtopik.

Meskipun Kamu memiliki banyak ide, Kamu dapat memilih beberapa ide yang paling relevan dengan subtopik Kamu. Hal ini untuk menghindari memunculkan ide-ide yang tidak perlu. Pilihlah ide yang paling relevan sehingga Kamu dapat memahami proses dan membuat pemetaan pikiran yang baik.

7. Tambahkan catatan

Pemetaan pikiran dapat memiliki banyak cabang. Kamu dapat menambahkan catatan kecil untuk mengingat semua ide Kamu. Catatan dapat berfungsi sebagai pengingat serta penjelasan untuk ide-ide yang mungkin tampak sulit atau terlalu rumit. Dan cara ini merupakan cara yang baik untuk mengingatnya.

Selesai sudah penjelasan kita tentang cara membuat mind map di laptop dengan mudah. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Selamat mencoba!

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *