Cara Membuat Website Perusahaan di WordPress! Tak Kalah dengan Buatan Programmer

Cara Membuat Website Perusahaan di WordPress! Tak Kalah dengan Buatan Programmer

Umumnya, website bisnis terbagi menjadi dua bagian, yaitu website e-commerce dan website bisnis/website profil perusahaan, atau yang lebih dikenal dengan Company Profile. Dan pada ulasan kali ini, kita akan memberikan kamu penjelasan tentang cara membuat website perusahaan.

Seperti yang kita tahu, website perusahaan atau halaman profil perusahaan adalah halaman internet, yang memuat tentang profil atau identitas suatu perusahaan.  Selain itu, biasanya juga terdapat informasi tentang produk perusahaan, layanan, dan layanan lainnya.

Cara Membuat Website Perusahaan di WordPress! Tak Kalah dengan Buatan Programmer

Tujuan website perusahaan sendiri adalah untuk membangun branding dan kredibilitas perusahaan di dunia maya. Situs web perusahaan juga dapat disebut sebagai publikasi media terbesar yang diproduksi secara independen.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sangat penting untuk memperhatikan kualitas domain dan hosting website. Bahkan situs web dengan banyak pengunjung memerlukan penggunaan VPS (Virtual Private Server) premium.

VPS premium biasanya hadir dengan biaya yang relatif tinggi. Namun, tidak semua VPS premium mahal. Tentunya membuat website untuk perusahaan ini bukan lagi hanya urusan developer dan programmer.

Sekarang siapa pun dapat dengan mudah membuat situs web bisnis mereka sendiri menggunakan WordPress. Lalu, seperti apa cara membuat website perusahaan yang baik dan benar? Perhatikan ulasannya di bawah ini.

1. Instal WordPress

Cara membuat website bisnis yang pertama adalah dengan menginstal WordPress. Tentunya sebelum Kamu mulai membangun website bisnis dengan WordPress, Kamu membutuhkan WordPress terlebih dahulu. Cara install WorPress yang paling mudah adalah dengan menggunakan layanan penyedia hosting yang terpecaya.

Setelah kamu membeli layanan hosting WordPress, maka kamu sudah bisa menginstall dengan klik tombol “Instal otomatis situs WordPress”. Namun, jika Kamu lupa mengklik tombol tersebut, berikut adalah cara menginstalnya:

  • Masuk ke member area, dan di sana Kamu dapat login di kanan atas website
  • Kemudian masuk ke menu admin WordPress, lalu pilih menu website
  • Pada tab Administrasi WordPress, klik menu Instal WordPress
  • Masukkan semua informasi yang diperlukan, lalu klik Instal WordPress
  • Setelah selesai, situs web Kamu siap digunakan

2. Masuk ke dasbor WordPress Kamu

Cara membuat website bisnis selanjutnya adalah dengan login ke dashboard WordPress . Setelah masuk, Kamu dapat mulai mengonfigurasi situs web Kamu dari dasbor WordPress ini. Di sana Kamu dapat dengan mudah mengubah tema, menambahkan plugin, menambahkan halaman, dan menerbitkan posting blog.

Dan uang harus Kamu lakukan selanjutnya adalah mengetikkan wp-admin setelah domain situs web Kamu dengan garis miring (/) sebagai pemisah. Misalnya www.mediatechno.com/wp-admin. lalu, kamu akan diarahkan ke menu login WordPress. Kemudian masukkan username dan password yang telah kamu buat tadi.

3. Pilih topik

Cara membuat website bisnis selanjutnya adalah dengan memilih tema yang tepat untuk website Kamu. Tata letak website baru tentunya akan terlihat sederhana atau masih kosong. Agar tidak kosong, Kamu bisa mulai mengkustomisasi website Kamu dengan tema yang disediakan oleh WordPress.

WordPress menawarkan ribuan tema gratis untuk dipilih tergantung pada sifat situs web Kamu. Setelah Kamu menemukan tema yang tepat untuk bisnis Kamu, pasanglah. Saat penginstalan selesai, Kamu dapat langsung mengaktifkannya atau mempratinjaunya terlebih dahulu.

4. Masukkan Identitas Perusahaan

Cara membuat website perusahaan selanjutnya adalah melengkapi identitas perusahaan. Kamu dapat menambahkan identitas perusahaan, dimulai dengan nama perusahaan, slogan perusahaan dan logo perusahaan, diakhiri dengan favicon (gambar browser). Hal ini sangat penting bagi Kamu agar pengunjung website dapat melihat perusahaan dan logo Kamu.

Caranyanya cukup sederhana, yakni dengan pergi ke menu Appearance dan pilih menu Adjust. Kemudian yang harus Kamu lakukan adalah memilih menu “ID Situs” dan memasukkan informasi perusahaan di halaman ini.

5. Desain Situs Web Perusahaan

Cara membuat website bisnis selanjutnya, adalah dengan mendesain website bisnis. Di sinilah Kamu mulai mendesain halaman-halaman yang akan muncul di situs web perusahaan. Kamu bisa memulainya dengan mendesain web pada halaman awal website perusahaan Kamu (home page).

Setelah itu, Kamu dapat terus menambahkan dan mendesain lebih banyak halaman, seperti informasi kontak, produk, layanan, dan halaman lainnya. Buat halaman semenarik mungkin agar pengunjung betah berlama-lama di website perusahaan Kamu.

6. Buka Situs Web Perusahaan

Cara terakhir membuat website bisnis, adalah dengan meluncurkan website bisnis Kamu atau membukanya untuk umum. Kamu bisa melakukannya setelah memenuhi semua persyaratan website bisnis dengan mengikuti cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kamu dapat memulainya dengan berbagi informasi tentang website Perusahaan dengan keluarga atau teman dekat Kamu dan meminta pendapat mereka. Ketika semuanya sudah siap, Kamu bisa membagikannya ke media sosial agar lebih banyak orang yang mengunjungi website bisnis Kamu.

Dan itulah 6 cara membuat website dengan mudah. Jika kamu tertarik untuk membuat, saran kita adalah carilah tempat layanan hosting terbaik, supaya websitemu tidak lemot dan berkualitas. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *