Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop Dijamin Nyambung Terus

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop Dijamin Nyambung Terus

Pada artikel kali ini, kita akan memberikan kamu penjelasan tentang  cara memperkuat sinyal wifi laptop, hal itu karena saat ini Wi-Fi (Wireless Fidelity) sudah menjadi kebutuhan utama sebagian orang, mulai dari mengerjakan beberapa pekerjaan untuk staf hingga kegiatan belajar mengajar secara online bagi para pelajar.

Kamu pasti sudah tahu bahwa, WiFi merupakan jaringan nirkabel yang digunakan oleh perangkat komputasi agar terhubung secara langsung ke Internet tanpa memerlukan kabel atau jaringan nirkabel.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop Dijamin Nyambung Terus

Oleh karena itu, ketika komputer atau laptop Kamu terhubung ke Internet melalui WiFi, maka Kamu akan lebih mudah menjelajahi web di dunia maya. Lalu, apa saja fungsi Wifi? Lihat ulasannya di bawah ini.

Fungsi Wifi dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut adalah fungsi WiFi dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Menyambungkan perangkat seperti komputer, laptop, dan ponsel ke Internet;
  2. Berbagi data nirkabel;
  3. Menyambungkan satu perangkat ke perangkat lainnya, seperti ponsel, ke smart TV.

Cara Kerja Wi-Fi

Perlu diketahui, untuk menggunakan WiFi, Kamu harus memiliki router. Router adalah jembatan antara perangkat dan Internet. Tugas router adalah menerima dan kemudian mengirim koneksi internet dari penyedia layanan internet ke beberapa perangkat melalui udara.

Dengan cara ini, perangkat di sekitar dapat menerima sinyal internet. Router tersedia di ponsel terbaru. Dengan sinyal internet kita bisa menggunakan WiFi dan terhubung ke internet. Perangkat modern sudah memiliki router berukuran kecil, contohnya smartphone, smart TV, smart watch, komputer dan laptop.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop Dijamin Nyambung Terus

Namun, terkadang sinyal WiFi tidak selalu cukup kuat sehingga menghambat pengoperasian karena jaringan yang lambat. Lalu, adakah cara memperkuat sinyal wifi laptop? Jika penasaran, maka intip penjelasannya di bawah ini.

1. Hapus DNS

Cara meningkatkan sinyal WiFi di laptop yang pertama adalah dengan menghapus DNS (Domain Name Servers). Dalam hal ini, clearing DNS diperlukan untuk mereset cache pada DNS laptop bekas agar dapat menyesuaikan informasi ketika ada perubahan data pada DNS yang baru. Cara ini dilakukan untuk membuat koneksi internet menjadi tidak stabil dan lambat. Berikut cara melakukan pembersihan DNS:

  • Buka command prompt, lalu klik kanan dan klik Run as administrator.
  • Ketik ipconfig/flushdns lalu tekan Enter.
  • Jika sudah, ketik ipconfig /renew dan tekan Enter. Klik Tutup pada prompt perintah, lalu coba akses Internet lagi.

2. Pilih lokasi dengan sinyal kuat

Hal penting lain yang harus diperhatikan untuk sinyal yang kuat adalah memastikan bahwa Kamu berada di tempat dengan sinyal yang kuat agar aktivitas internet Kamu tidak terhambat.

Misalnya, pilihlah lokasi yang dekat dengan router untuk mendapatkan kekuatan sinyal internet yang maksimal. Jika Kamu ingin memasang router, pastikan lokasi yang Kamu pilih tidak terhalang dinding atau logam.

Untuk menjangkau area tertentu, Kamu dapat menggunakan repeater atau extender Wi-Fi yang berguna untuk menangkap sinyal dan mengirimkannya kembali ke tempat yang jauh dari router.

Dengan begini sinyal WiFi akan kuat dan tidak lemot. Penting untuk diingat untuk menjauhkan router atau extender dari perangkat yang menggunakan Bluetooth dan juga gelombang mikro. Karena perangkat ini dapat menyebabkan gangguan sinyal WiFi.

3. Meningkatkan Sinyal WiFi di Laptop dengan Merubah QoS

Jika Kamu memiliki laptop yang menjalankan Windows 8 atau lebih baru, ada cara untuk meningkatkan sinyal WiFi dengan mengubah pengaturan QoS. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik Start, pilih Run, lalu ketik “gpedit.msc” (tanpa tkamu petik).
  • Klik Kebijakan Komputer Lokal, pilih Konfigurasi Komputer, lalu klik Template Administratif.
  • Selanjutnya, klik Jaringan dan kemudian pilih Penjadwal Paket QoS.
  • Klik dua kali menu Preset Bandwidth Limit.
  • Pilih Aktif dan masukkan 0 di bagian “Bandwidth limit”.
  • Jangan lupa untuk klik Terapkan.
  • Terakhir, restart komputer.

4. Atur IRPStackSize ke Superior

Cara meningkatkan sinyal WiFi selanjutnya adalah dengan mengatur IRPStackSize ke nilai yang lebih tinggi. Ini memungkinkan Kamu untuk mempercepat koneksi WiFi Kamu agar lebih stabil dan kuat.

Normalnya, skor IRPStackSize hanya terpaku pada angka 15 sedangkan skor IRPStackSize bisa mencapai 50, jadi semakin tinggi skornya, semakin tinggi dan kuat koneksi internet Kamu. Berikut cara meningkatkan skor IRPStackSize:

  • Klik Mulai, pilih RUN lalu ketik “regedit”.
  • Klik HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parametes. Di folder ini, klik kanan pada file DWORD bernama IRPStackSize, lalu pilih Edit dan ubah skornya menjadi 50.
  • Jika file tidak ditemukan, buat file baru dengan nama DWORD dengan cara klik kanan, pilih NEW, pilih DWORD Value lalu beri nama file IRPStackSize dan beri nilai 50.
  • Klik OK dan kemudian tutup Penyunting Regedit.

5. Periksa Posisi Antena Router

Jika keempat langkah di atas tidak berhasil membuat sinyal WiFi lebih kuat dan stabil, cara kelima adalah dengan mengecek posisi antena router. Hal ini dikarenakan penempatan antena router yang tidak tepat dapat membuat sinyal WiFi menjadi lemah dan tidak stabil sehingga tidak efektif dalam pengiriman sinyal internet ke laptop.

Dan itulah penjelasan tentang cara memperkuat sinyal wifi laptop. Caranya cukup mudah bukan? Semoga informasinya bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *