Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop! Auto Nyambung Terus!

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop! Auto Nyambung Terus!

Saat ini, WLAN bukan lagi kata yang asing di telinga kita. Hampir di berbagai tempat, kita dapat dengan mudah menemukan hotspot yang menawarkan layanan internet gratis maupun berbayar. Sayangnya, terkadang kita perlu mengetahui cara memperkuat sinyal wifi laptop atau ponsel yang kita gunakan, karena tidak semua hotspot di negara kita memiliki jaringan yang bagus.

Selain jaringan Wi-Fi yang buruk, kecepatan internet di Indonesia juga sangat lambat. Dan memang bukan rahasia lagi, jika Indonesia adalah salah satu negara paling lambat di ASEAN dalam hal koneksi internet.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop! Auto Nyambung Terus!

Jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Myanmar, Brunei, Malaysia, dan bahkan Laos, maka bisa dikatakan Indonesia masih lebih buruk. Namun jangan khawatir!  Karena pada artikel kali ini kita akan memberikan kamu cara memperkuat sinyal wifi laptop yang pastinya nyambung terus tanpa putus. Kira-kira seperti apa caranya? Langsung intip pembahasannya di bawah ini.

1. Gunakan teknologi WiFi terbaru

Cara pertama dan cukup efektif adalah mengganti kartu Wi-Fi laptop atau computer, dengan teknologi terbaru. Seperti yang kita ketahui teknologi nirkabel meningkat dari hari ke hari dan saat ini tersedia lima teknologi berbeda yaitu teknologi nirkabel A, B, G, N dan AC.

Seperti yang kita tahu, teknologi nirkabel A, B, dan G adalah teknologi lama yang lambat. Sedangkan Wireless N dan AC merupakan yang terbaru dan tercepat dari segi kecepatan. Oleh karena itu, jika router yang Kamu gunakan sudah menggunakan teknologi Wireless-N dan AC, gunakan kartu nirkabel dengan kedua teknologi tersebut untuk memaksimalkan kecepatan.

2. Temukan posisi yang tepat

Sinyal WiFi menggunakan udara sebagai media perambatannya. Jadi, semakin sedikit penghalang antara perangkat dan router, semakin baik sinyalnya. Selain itu, kedekatan dengan router meningkatkan penerimaan sinyal.

Namun terkadang kedekatan dengan router tidak membantu penguatan sinyal, saat ada terlalu banyak kendala di dekatnya. Hal ini juga karena berbagai benda padat dapat menangkap dan memantulkan sinyal sehingga tidak menentu. Oleh karena itu, carilah posisi yang tepat untuk menerima sinyal terkuat, karena seperti kata pepatah, “Lokasi menentukan kinerja”.

3. Jauhkan dari perangkat elektronik lainnya

Tidak hanya router lain yang dapat memengaruhi kualitas sinyal, perangkat elektronik lain seperti oven microwave juga bisa menjadi biang keladinya. Kamu bisa menghindarinya dengan menjauhkan berbagai perangkat elektronik tersebut dari router. Selain itu, Kamu juga dapat menggunakan router ganda untuk mengubah frekuensi dengan mudah.

4. Gunakan saluran kosong

Jika ada banyak orang yang menggunakan perute nirkabel di sekitar Kamu, Kamu mungkin berada di saluran yang sama dengan perute, yang akan mengakibatkan penurunan kualitas sinyal. Oleh karena itu, pilihlah kanal WiFi yang sepi atau penggunanya sedikit agar sinyal tidak terganggu. Kamu dapat melakukan trik ini dengan aplikasi inSSIDer.

5. Gunakan sistem keamanan yang baik

Jika Kamu memiliki paket internet cepat, tetapi koneksi Wi-Fi Kamu masih lambat, orang lain mungkin menggunakan koneksi Wi-Fi Kamu untuk mengganggu. Oleh karena itu, gunakan sistem keamanan yang baik di jaringan WiFi Kamu. Sistem enkripsi terbaik saat ini adalah WPA2. Selain itu, gunakan kata sandi yang unik untuk mempersulit peretas untuk menebaknya.

6. Kelola aplikasi intensif bandwidth

Jika Kamu tidak sendirian menggunakan koneksi WiFi, pengguna lain mungkin menjadi penyebab lambatnya koneksi. Menggunakan layanan streaming video, bermain game online, atau mengunduh torrent hanyalah beberapa alasan untuk koneksi yang lambat.

Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan menyesuaikan Quality of Service atau QoS pada router Kamu untuk mengontrol penggunaan bandwidth. Ini memungkinkan Kamu memprioritaskan layanan daripada layanan lain untuk menghindari penggunaan bandwidth yang berlebihan.

7. Gunakan firmware DD-WRT

Cara lain yang cukup efektif untuk meningkatkan sinyal WiFi Kamu adalah dengan menggunakan aplikasi firmware DD-WRT. Aplikasi ini dapat digunakan untuk meretas router, meningkatkan kekuatan suar lebih banyak lagi.

Meski cukup berbahaya untuk router, setidaknya Kamu bisa meningkatkannya menjadi 70mW. Ini lebih dari dua kali lipat jangkauan sinyal router Kamu. Selain itu, program ini juga menawarkan berbagai opsi keamanan untuk router Kamu.

8. Pemanfaatan kaleng bekas

Seperti disebutkan di atas, sinyal cenderung menyebar melalui udara, sehingga dapat dengan mudah diblokir atau dialihkan. Untuk mendapatkan sinyal pergi ke suatu tempat, Kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan kaleng bekas.

Bahan yang digunakan hanya kaleng soda atau apapun. Caranya adalah dengan memotong bagian bawah dan atas kaleng hanya menyisakan beberapa inci saja. Kemudian buka bagian dalam toples.

Kemudian perluas bagian dalam kaleng yang dibelah dua dan letakkan kaleng di antara penyebar router. Trik ini juga bisa digunakan untuk menggenjot sinyal modem GSM dan CDMA dengan cara menempatkannya di dekat modem. Selain kaleng, Kamu juga bisa menggunakan barang lain, seperti panci bekas dan aluminium foil.

9. Gunakan repeater WiFi

Seperti namanya, repeater adalah perangkat untuk menerima sinyal WiFi dan mengirimkannya kembali dengan sinyal yang lebih kuat. Oleh karena itu, jika penerimaan sinyal WiFi sangat buruk di lokasi Kamu, Kamu dapat menggunakan repeater untuk mengatasi masalah tersebut.

Pengulang WiFi juga merupakan perangkat yang sangat baik untuk digunakan di tempat-tempat dengan banyak rintangan atau tembok. Kamu dapat membeli extender baru atau mengubah router lama yang tidak terpakai menjadi extender.

Dan itulah cara memperkuat sinyal wifi laptop. Mungkin cara yang no 8 merupakan salah satu cara yang cukup unik, namun cara tersebut juga dinilai efektif untuk memperkuat sinyal wifi. Selamat mencoba! Dan buat sinyalmu nyambung terus tanpa putus.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *