Cara Menambah Font di Photoshop Serta Situs untuk Mendapatkan Font Gratis

Cara Menambah Font di Photoshop Serta Situs untuk Mendapatkan Font Gratis

Pada kesempatan kali ini, kita akan memberikan informasi tentang cara menambah font di photoshop. Penambahan jenis font baru untuk keperluan desain, apalagi di aplikasi photoshop pastinya sangat diperlukan. Karena dengan font yang unik, akan menghasilkan keindahan yang berbeda dari desain yang Kamu buat.

Dan font type atau gaya rupa huruf yang ditambahkan atau diinstall, sebenarnya juga akan ada pada semua perangkat lunak yang punya fitur font, bukan hanya pada software adobe photoshop saja. Seperti microsoft word, power point, notepad, dan lainnya.

Cara Menambah Font di Photoshop Serta Situs untuk Mendapatkan Font Gratis

Dan tanpa banyak penjelasan lagi, kita akan langsung memberikan cara menambah font di photoshop di bawah ini:

Cara Menambah Font di Photoshop

1. Unduh fontnya terlebih dahulu

Untuk mendapat jenis font yang menarik dan unik, Kamu bisa langsung browsing untuk mencari pilihan font yang Kamu sukai. Ada banyak website yang menyediakan pilihan font secara cuma-cuma alias gratis.

Sebagai contoh, disini kita akan mendownload font di website dafont.com. Masuklah ke browser Kamu, sesudah itu akses website dafont.com.

Kemudian pilihlah font yang Kamu sukai, klik unduh. Maka font itu akan di unduh pada komputer/pc kamu.

Biasanya arsip font yang sudah di unduhan, akan langsung tersimpan di partisi C://.download.

Silahkan bisa folder itu, atau Kamu juga bisa klik kanan pada arsip unduhan di browser, dan klik kanan, lalu pilih opsi show on folder, dan Kamu akan dialihkan lansung ke folder dimana font itu terdownload.

2. Ekstrak font

Pada web site dafont ini, hasil dari font yang didownload berformat rar. Jadi, Kamu harus melakukan ekstraksi terlebih dahulu, untuk bisa menginstall font yang sudah di unduhan itu. Software untuk ekstraksi yang kita gunakan disini adalah winrar.

Lanjut klik kanan pada arsip font dengan bentuk .Rar itu. Lalu pilih opsi extract files atau extract here. Jika Kamu memilih extract files, maka hasil arsip itu akan masuk ke dalam folder. Sedangkan jika Kamu memilih extract here, maka arsip dari font di dalam rar itu akan berserakan pada folder yang sama atau tidak dipisah.

Disini kita memilih opsi extract files, dan klik Ok. Maka hasil dari font itu akan berada di dalam folder, buka folder itu, lalu pilih arsip dengan ekstensi .Ttf ataupun .Otf. Sesudah itu, klik kanan dan pilih install.

Tunggu font yang sedang di install, tandanya adalah dengan muncul popup window, ventilasi popup itu akan hilang dengan sendirinya ketika sudah selesai. Dengan hilangnya ventilasi instalasi itu, maka Kamu sudah sukses memberi tambahan font di photoshop, sangat mudah bukan?

3. OPSIONAL – cara install banyak font sekaligus

Barangkali ketika Kamu membuka website dafont itu, Kamu akan menemukan banyak sekali pilihan font yang menarik, dan pastinya akan tergoda untuk mendowload font dengan jumlah yang segudang. Jika Kamu ekstraks font satu-persatu, tentunya akan memakan banyak waktu.

Maka dari itu, Kamu perlu tahu cara menginstall font dengan cepat. Dan untuk tahu, ikuti langkah-langkah install font dengan jumlah banyak berikut ini.

Kumpulkan arsip dengan format rar itu dalam satu folder.

Seleksi semuanya, caranya ialah dengan tekan kombinasi tombol (Ctrl+A) pada keyboard.

Klik kanan pada salah satu arsip, dan pilih extract files.

Buka folder yang sudah digenerate.

Pada kolom pencarian, ketikkan ekstensi fontnya yaitu .Ttf, maka akan muncul beraneka jenis font yang sudah Kamu unduh.

Seleksi semuanya dengan klik (Ctrl+A), klik kanan pada salah satu font dan pilih install, maka semua font yang terseleksi tadi akan terinstall.

Itulah artikel tentang cara menambah font di photoshop. Selanjutannya, kita akan menambahkan rekomendasi website selain dafont, untuk mendapat font gratis. Apa saja itu? Berikut adalah ulasannya:

Rekomendasi Situs Font Gratis

1. Font Squirrel

Web site tempat download font keren pertama adalah Font Squirrel. Sistem navigasi website di Font Squirrel di sebelah kanan website. Ada beberapa kategori yang memudahkanmu mencari font, mulai  dari font terbaru, yang paling populer, sampai mencarinya berdasarkan klasifikasi dan tags.

2. Google Fonts

Google Fonts menawarkanmu akses untuk mendownload font keren, dan seluruhnya 100 Persen gratis. Web site tempat download font keren ini, mempunyai desain seperti web Google lainnya, bersih, cepat, dan bisa kamu akses tanpa perlu menunggu loading yang lama.

Uniknya di sini, kamu bisa menggunakan font dengan mudah, yakni kamu hanya  tinggal menyalin dan menempel coding font-nya, tanpa perlu mendownload dan meng-upload ulang di web-mu.

3. Fontspring

Selanjutnya ada Fontspring, website tempat download font keren, yang juga bisa berbayar, untuk mendaptkan gratis yang premium. Sama dengan web Font Squirrel, kamu bisa melakukan navigasi dan pencarian font dengan mudah di website ini, karena ada Bergama klasifikasi di samping kanan web ini. Mulai dari klasifikasi, tags, tipe lisensi, bahkan kamu bisa mencari font berdasarkan kategori bahasa di situs ini, lho!

4. MyFonts

Situs lainnya yang menawarkanmu tempat untuk download font keren berbayar adalah MyFonts. Kamu bisa membuka situs ini untuk melihat pilihan jenis font terbaik. Navigasi yang ditawarkan oleh situs ini berupa header, dengan kategori font sans serif, slab serif, serif, display, handwritten, dan script.

5. Behance

Behance sebenarnya merupakan situs kurasi atau portfolio hasil karya desain. Situs ini dimiliki oleh perusahaan Adobe. Namun, Behance juga menawarkan berbagai font untuk kamu download.

Kekurangan dari mencari font di situs ini adalah tidak adanya navigasi pencarian font layaknya situs download font keren lainnya, mengingat Behance memang bukan situs khusus untuk men-download font.

Dan itulah cara menambah font di photoshop. Sangat mudah bukan? Jika kamu memiliki cara lain selain di atas, yuk sharing di kolom komentar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *