Cara Mendapatkan Uang dari Podcast dengan Monetisasi

Cara Mendapatkan Uang dari Podcast dengan Monetisasi

Cara mendapatkan uang dari podcast adalah salah satu rencana ke depan yang penting Anda pertimbangkan. Kalau saat ini belum berpikir tentang monetisasi, ingin fokus ke kualitas konten podcast, pun tidak masalah. Namun seringkali, podcaster yang memperoleh penghasilan dari hobinya ini akan jauh lebih bersemangat dalam produksi konten podcast.

Perlu Anda perhatikan bahwa cara monetisasi podcast pada masing-masing podcast hosting mungkin saja berbeda. Maka dari itulah, pahami fitur yang hosting Anda berikan terlebih dulu. Apakah fitur monetisasi harus upgrade ke pengguna premium atau sudah tersedia walaupun pakai pengguna free.

Oleh karena itulah, pilih hosting podcast yang menurut Anda menawarkan fitur monetisasi gratis. Anda dapat melihat beberapa rekomendasi hosting podcast gratis untuk monetisasi ini terlebih dulu.

Bagaimana Cara Mendapatkan uang dari Podcast?

Faktanya, berpijak pada monetisasi YouTube dan website dengan Google Adsense, memicu masyarakat digital untuk menggali sumber penghasilan dengan memanfaatkan podcast. Lalu muncul pertanyaan mendasar, apakah podcast bisa kita monetisasi, bagaimana cara monetisasi, apa saja persyaratan untuk memperoleh monetisasi di podcast?

Podcast berkualitas adalah salah satu kunci dalam monetisasi. Untuk membuat podcast berkualitas, Anda tidak harus lahir dari background seorang broadcaster andal. Semua orang bisa menjadi seorang podcaster, dan memperoleh cuan dari hasil karya yang dikomersialkan (monetisasi).

Setelah memilih hosting yang tepat, selanjutnya pilih di podcast player apa ingin publikasi. Dalam hal ini, Spotify masih menempati urutan paling atas sebagai platform mendengarkan podcast. Dan kabar baiknya, Anda dapat melakukan monetisasi di platform ini.

Berbicara tentang bagaimana cara monetisasi untuk podcast atau siniar, ternyata ada banyak sekali. Yang paling umum adalah Ads Placement otomatis, di mana Anda sebagai podcaster tidak perlu tahu siapa sponsor yang membayar. Karya podcast Anda sebagai sarana untuk promosi dari sponsor tersebut. Memang, konsep ini mirip dengan Ads YouTube.

Cara Mendapatkan Uang dari Podcast dengan Monetisasi

Selain Ads Placement otomatis, masih ada banyak sekali cara monetisasi podcast. Berikut ini beberapa jalan yang dapat Anda tempuh untuk menjadikan konten podcast yang berupa audio memperoleh penghasilan dari iklan.

Cara Mendapatkan Uang dari Podcast dengan Monetisasi
Cara Mendapatkan Uang dari Podcast dengan Monetisasi

1. Sponsorship

Cara pertama yang umum Ads Placement, di mana sponsor memasang iklan di dalam konten podcast Anda. Umumnya, hal ini terjadi secara otomatis berdasarkan sistem. Namun pada beberapa penyedia podcast hosting, mereka melakukan input menggunakan Ads Inserter Podcast secara manual.

Sedangkan untuk iklan manual, jenisnya beragam, penjelasannya sebagai berikut. Pertama, jenis Adlib berupa iklan yang dibacakan oleh Anda sebagai podcaster. Kedua, jenis spot, yaitu iklan yang sebelumnya sudah berupa rekaman suara. Iklan ini nantinya akan disisipkan (oleh Anda atau admin host) pada segmen tertentu bagian podcast Anda.

2. Affiliate Program

Kemudian, cara mendapatkan uang dari podcast dengan cara mengikuti program afiliasi. Sebagaimana afiliasi pada umumnya, di sini Anda berperan sebagai panjangan tangan sebuah perusahaan/brand/startup untuk penjualan. Dari siniar podcast yang Anda lakukan, keuntungan Anda dari bagi hasil penjualan.

Untuk mengikuti program ini, tidak perlu melakukan monetisasi, melainkan Anda mencari perusahaan/brand/startup dengan menawarkan pemasaran melalui podcast. Pernah lihat Gadgetin memasarkan Tokopedia? Mirip seperti itu, hanya saja ini berupa podcast (audio).

3. Konten Premium

Beberapa podcast harus kita bayar terlebih dulu sebelum mendengarkannya. Sistemnya sebagaimana saat kita ingin melihat konten premium di Webtoon. Untuk menghasilkan uang dari sistem ini, maka pilih podcast player yang menyediakan fitur konten premium.

4. Podcast sebagai Sarana Marketing

Hampir sama dengan program afiliasi, namun yang Anda pasarkan di sini merupakan produk (barang atau jasa) Anda sendiri. Apakah bisa? Tentu saja bisa, target market dan jenis produk yang tepat akan meningkatkan penjualan Anda. Contoh gampangnya, Anda punya usaha keripik singkong, tidak ada salahnya menyisipkan beberapa bagian di podcast sebagai metode marketing produk itu.

Misalnya, menikmati keripik singkong sambil mendengarkan podcast terasa lebih nikmat. Momen seperti itulah yang sebaiknya Anda tonjolkan jika ingin menggunakan podcast sebagai sarana marketing.

5. Donasi Pendengar

Pernah mendengar media donasi dari pendengar untuk podcaster seperti Saweria atau Trakteer? Ya, ini juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan bagi Anda. Memasang informasi donasi sah-sah saja Anda lakukan di podcast. Sebagai bentuk penghargaan dari pendengar karena menyukai konten podcast Anda.

6. Iklan di Anchor

Di zaman sekarang, sebenarnya semakin mudah cara mendapatkan uang dari podcast. Anchor merupakan hosting podcast yang sangat populer di seluruh dunia, begitu pula dengan podcast player Spotify. Seolah-olah Anchor dan Spotify merupakan paket wajib bagi seorang podcaster.

Melalui pengaturan di menu money, Anda bisa dengan gampang memasang iklan sesuai kebutuhan. Iklan akan langsung masuk ke bagian tertentu di podcast. Sebelum menggunakan fitur andalan monetisasi Anchor, pastikan memenuhi syarat monetisasi podcast berikut ini:

  1. a) Kesesuaian konten dengan sponsor iklan yang ada;
  2. b) Memahami tentang penggunaan hak cipta;
  3. c) Kualitas konten dan jumlah pendengar untuk memaksimalkan iklan.

Untuk memulai memasang iklan melalui Anchor, Anda perlu menggunakan bantuan Payoneer. Platform Payoneer tersebut berfungsi untuk menarik penghasilan yang akan Anda transfer ke bank lokal Indonesia.

Sekian beberapa cara mendapatkan uang dari podcast, pada intinya setiap yang kita lakukan secara serius dapat menghasilkan. Kerja keras, kerja cerdas, dan ikhlas! Tetap semangat untuk Anda yang tengah berjuang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *