Cara Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome PC

Cara Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome PC

Terjemahan otomatis Google Chrome atau Auto Translate Google Chrome adalah salah satu fitur utama browser Google Chrome. Fitur terjemahan bahasa otomatis ini membuat aktivitas membaca Kamu lebih menyenangkan, dan memudahkan Kamu untuk memahami semua jenis bahasa di seluruh dunia. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan auto translate di google chrome pc?

Seperti yang kita tahu, fungsi terjemahan otomatis Google Chrome dapat diatur secara sewenang-wenang oleh penggunanya, misalnya terjemahan otomatis dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya di browser Google.

Namun meski begitu, tidak banyak yang tahu tentang cara mengaktifkan auto translate di google chrome pc. Dan di bawah ini, adalah panduan kecil tentang cara mengaktifkan terjemahan otomatis di Google Chrome dengan mudah.

Cara Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome PC

Terjemahan otomatis Google Chrome ini dapat diaktifkan di perangkat Kamu, baik PC maupun seluler. Jadi, bagi kamu yang masih belum memiliki PC, tetapi ingin mengaktifkant auto translate, maka juga bisa mengukuti cara-caranya.

Cara Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome PC

  • Buka halaman bahasa asing yang ingin Kamu terjemahkan ke bahasa lain. Misalnya, di sini kita menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Klik kanan pada halaman situs dan pilih Terjemahkan ke bahasa Inggris.
  • Setelah halaman diterjemahkan seperti yang ditunjukkan di bawah ini, klik tombol “Google Translate” di kolom bilah alamat browser Kamu untuk membuka pengaturan terjemahan Google Translate. Klik menu “Opsi”. Untuk mengubah bahasa terjemahan, klik Ubah Bahasa.
  • Di menu Opsi ini, Kamu dapat mengubah bahasa asli di bagian bahasa halaman, dan bahasa yang diterjemahkan. Jika semuanya sudah selesai, klik “Selesai” untuk menyimpan.
  • Dan untuk mengaktifkan terjemahan otomatis di Google Chrome, centang “selalu terjemahkan” dan klik “Terjemahkan” untuk menerjemahkan bahasa.
  • Jika Kamu ingin menerjemahkan langsung di halaman resmi Google Translate, silakan lihat halaman resmi tautannya. Dan ini juga berlagu bagi Kamu yang akan menerjemahkan berbagai bahasa di seluruh dunia.

Dan itulah cara untuk mengaktifkan auto translate di google chrome, yang bisa kamu lakukan di PC ataupun ponsel kesayanganmu. Selanjutnya, sebagai tambahan informasi, kita akan memberikan kamu tentang fitur google translate yang jarang diketahui oleh banyak orang.

4 Fitur Tersembunyi Google Translate

Di awal kemunculannya, google translate dianggap gagal karena hanya bisa menerjemahkan kata-kata yang buruk. Namun, seiring kemajuan teknologi, sistem mencoba membandingkan hasil terjemahan dari sumber bahasa yang lebih komprehensif.

Meski begitu, google kembali dengan fitur yang sangat memukau, sehingga pengguananya menjadi jatuh cinta. Lalu, fitur tersembunyi apa yang dimiliki Google Translate?  Seperti yang kita tahu, Google Translate dikenal sebagai aplikasi terjemahan bahasa dari perusahaan raksasa Google Inc.

Tidak hanya Google Translate, tetapi juga dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Google Translate mencoba memuaskan penggunanya dengan menawarkan pilihan bahasa yang berbeda. Sebagai aplikasi penerjemahan, Google Translete terus melakukan penyempurnaan dengan menggunakan artificial intelligence (AI) berbasis teknologi Neural Machine Translation (NMT).

Dan dari situ pula, maka membuat terjemahannya terasa lebih akurat dari waktu ke waktu. Ini bukan lagi kata demi kata, tetapi juga kontekstual. Namun hingga saat ini, Google Translate memiliki banyak kelebihan yang bisa digunakan pengguna. Dan di bawah ini adalah daftar fitur Google Translate lanjutan yang harus Kamu coba.

1. Fitur teks Google Translate

Menu Google Translate pertama sudah dikenal banyak orang. Dengan fungsi dasar ini, pengguna hanya perlu mengetik (mengetik untuk menerjemahkan) ,sebuah kata atau frasa ke dalam situs web atau aplikasi yang tersedia di Play Store. Fitur terjemahan teks juga memungkinkan Kamu untuk menyalin dan menempel dari berbagai sumber teks. Jadi pengguna tidak perlu lagi mengetik manual yang panjang.

2. Fitur Tulisan Tangan Google Translate

Sama seperti fitur “ketik untuk menerjemahkan”, fitur ini juga menerjemahkan huruf dan kata menjadi kalimat di aplikasi Google Translate. Pengguna hanya perlu menulis sendiri di ruang yang di tentukan, seperti menulis di atas kertas.

Sebelumnya, pengguna harus menekan ikon “pena” di kanan atas layar. Kemudian Google Translate akan menerjemahkan kalimat tersebut dalam bentuk kata yang Kamu masukkan.

3. Fitur Karakter Khusus di Google Translate

Fungsi ini di sebut “tulis untuk menerjemahkan”. Di gunakan untuk bahasa yang menggunakan karakter Latin atau non-Latin. Misalnya bahasa Korea menggunakan Hangul, bahasa China menggunakan Kanji, bahasa Jepang menggunakan Kanji, dan lain sebagainya.

Fungsi aplikasi terjemahan ini di aktifkan dengan memilih ikon “pensil” Google Translate. Kemudian masukkan karakter yang ingin Kamu terjemahkan. Namun sebelum itu, pastikan keyboard smartphone Kamu menggunakan karakter tersebut. Kemudian pilih karakter kandidat yang sesuai dan terjemahkan ke dalam bahasa pilihan Kamu.

4. Fitur Dokumen Google Translate

Bagi siswa atau mahasiswa, mereka harus terbiasa dengan materi digital seperti e-book dan majalah. Serta materi akademik berdasarkan penelitian, yang iasanya tersedia dalam bahasa Inggris. Hal itu terjadi karena membuat buku harian adalah persyaratan kelulusan di banyak universitas.

Bahasa Inggris Akademik cenderung bersifat akademis dan sulit, sehingga tidak semua siswa dapat menerjemahkan. Tapi jangan khawatir. Google Translate juga dapat menerjemahkan dokumen, termasuk format file Word dan PDF. Jadi, Kamu tidak perlu copy paste kalimat satu per satu. Cukup unggah dokumen Kamu dan aplikasi terjemahan ini akan menafsirkan seluruh konten file.

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang auto translate di google chrome. Jika ada sesuatu yang belum di pahami, kamu boleh menuliskannya di kolom komentar. Nantikan informasi menarik lainnya hanya di sini!

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *