Cara Mengatasi Akun WhatsApp Terblokir, Dijamin Work!

Cara Mengatasi Akun WhatsApp Terblokir, Dijamin Work!

Bagaimana cara mengatasi akun WhatsApp terblokir? Belakangan ini pengguna WhatsApp kerap mengeluhkan adanya notif terblokir sementara. Walaupun tidak tahu apa penyebabnya, tetapi WhatsApp memiliki sistem dan aturan tersendiri. Jadi jika WhatsApp Anda terblokir itu artinya ada hal yang melanggar aturan dari WhatsApp.

Walaupun begitu, Anda tak perlu panik. Sebab akun yang terblokir bisa dikembalikan dengan beberapa cara. Bagaimana caranya? Yuk simak artikel ini selengkapnya!

Penyebab Akun WhatsApp Terblokir

Jangan panik, ketahui terlebih dahulu apa yang membuat akun WhatsApp Anda tiba-tiba terblokir. Sebab WhatsApp biasanya memblokir akun penggunanya jika memang diyakini ada pelanggaran yang telah dilakukan. Berikut beberapa penyebab akun WhatsApp terblokir:

1. Diblokir Oleh Sejumlah Pengguna

Para pengguna WhatsApp dapat memblokir akun yang dianggapnya menganggu secara mudah. Fasilitas yang diberikan oleh WhatsApp ini bertujuan agar pengguna terhindar dari scamer, spamer, dan peretas. Jadi apabila akun Anda terblokir oleh beberapa pengguna, otomatis WhatsApp juga akan memblokir akun Anda untuk sementara waktu.

2. Terlalu Banyak Mengirim Pesan

Cara mengatasi akun WhatsApp terblokir cukup mudah, hanya saja Anda terkadang bingung apa alasan akun WA terblokir begitu saja? Kemungkinan besar akun WA terblokir lantaran Anda terlalu banyak mengirim pesan, sehingga pengguna lain merasa risih.

Dengan begitu pengguna lain akan membuat nomor Anda ditandai sebagai spam. Bahkan kemungkinan besar mereka juga melaporkan dan memblokir akun Anda.

3. Mengirim File Virus

WhatsApp sangat ketat menjaga keamanan para penggunanya. Bahkan sistem juga melarang pengiriman file yang berisi virus atau malware. Jika Anda mengirim sebuah file yang berpotensi bahaya, otomatis akan terdeteksi oleh WhatsApp. Sehingga akun akan terblokir.

4. Mencoba Meretas Server WhatsApp

Kasus ini cukup sering terjadi pada beberapa pengguna. Untuk mencegah kebocoran data server, WhatsApp akan langsung memblokir nomor yang berusaha meretas dan menganggu layanan. Bahkan WhatsApp akan memblokir akun tersebut tanpa bisa digunakan kapanpun.

5. Menggunakan WhatsApp Modifikasi

Cara mengatasi akun WhatsApp terblokir yang paling sederhana adalah berhenti menggunakan aplikasi WhatsApp modifikasi. Semakin berkembang teknologi membuat para pengembang aplikasi berlomba-lomba untuk memodifikasi WhatsApp. Dengan fitur tambahan yang menarik, tetapi aplikasi modifikasi tersebut sangat berisiko.

Selain itu aplikasi modifikasi juga lebih mudah melanggar aturan WhatsApp. Jadi jangan heran jika akun Anda tiba-tiba terblokir.

6. Terdeteksi Adanya Perlakuan Tak Pantas

WhatsApp sangat menjaga kenyaman para penggunanya saat melakukan obrolan di aplikasi. Apabila terdapat pengguna yang melapor tentang pelecehan maka akan ditangani secara serius. Termasuk itu kasus kekerasan, ancaman pembunuhan, komentar rasis, dan lain sebagainya akan langsung diblokir secara permanen.

Cara Mengatasi Akun WhatsApp Terblokir Sementara dan Permanen

Setelah mengetahui beberapa penyebab akun WA terblokir, Anda tak perlu panik. Berikut beberapa cara mengatasinya, yang pastinya work 100%!

  1. Tunggu selama 24-48 jam agar akun bisa kembali untuk membuka pemblokiran
  2. Buka aplikasi WhatsApp, backup semua pesan ke Google Drive
  3. Untuk cara backup Anda bisa menekan tombol titik tiga yang ada di pojok kanan atas di bagian Settings
  4. Pastikan agar menggunakan aplikasi resmi WhatsApp yang ada di PlayStore
  5. Login menggunakan nomor yang terblokir
  6. Selama proses login, Anda harus melakukan backup dari Google Drive. Klik dan login menggunakan akun email untuk melakukan backup pesan
  7. Tunggu hingga proses selesai

Jika cara mengatasi akun WhatsApp terblokir di atas tak membuahkan hasil, Anda bisa melakukan cara selanjutnya. Walaupun terbilang rumit, tetapi solusi terakhir ini adalah menghubungi pihak WhatsApp melalui email resmi.

Isi pesan email tersebut juga harus berisi bukti kuat jika Anda tidak melakukan pelanggaran atau kesalahan apapun yang berakibat akun WhatsApp terblokir. Apabila Anda berhasil mengajukan  aju banding, WhatsApp akan segera mengembalikan akun Anda dengan normal.

Tetapi apabila Anda tidak dapat memberi bukti kuat, maka pihak WhatsApp tidak akan mengembalikan akun sampai kapanpun. Dan jalan satu-satunya adalah Anda hrus membuat akun dengan nomor baru.

Itulah tadi informasi mengenai cara mengatasi akun WhatsApp terblokir. WhatsApp sendiri memberikan dua tipe pemblokiran, yakni bersifat sementara dan permanen. Jika akun terblokir sementara, Anda tak perlu panik. Tetapi jika akun terblokir secara permanen, maka langkah satu-satunya adalah aju banding dengan pihak WhatsApp. Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *