Cara Mengatasi Error 403 Pada IDM yang Harus Diketahui

Cara Mengatasi Error 403 Pada IDM yang Harus Diketahui

Error 403 pada IDM kerap muncul saat pengguna hendak melakukan download menggunakan IDM. Lantas, bagaimana cara mengatasi error 403 pada IDM? Ketika IDM mengalami error 403, imbasnya ke proses download yang harus tertunda dan Anda harus segera mengatasinya seperti semula.

Penyebab Error 403 Pada IDM

Sebelum mengetahui cara mengatasi error 403 pada IDM, kenali terlebih dulu apa saya yang menjadi penyebab error di IDM.

  • Kemungkinan website server unduhan Anda tak memberikan izin mengunduh menggunakan IDM
  • Bisa jadi sumber internet yang Anda gunakan tidak kredibel sehingga IDM tidak percaya dan menganggapnya sebagai virus
  • IDM tak pernah di-update, padahal IDM yang selalu di-update dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya
  • Bisa jadi Anda menggunakan nomor seri bajakan sehingga IDM muncul error 403

Cara Mengatasi Error 403 Pada IDM

Walaupun errornya sama, solusi IDM error 403 ini tak bisa disamaratakan. Sebab pada kasus beberapa pengguna memiliki penyebab yang berbeda. Itulah sebabnya Anda harus mencoba cara mengatasi error 403 pada IDM ini secara satu persatu sampai error berhasil diatasi.

1. Gunakan Browser Lain

Apabila Anda sedang download menggunakan browser Chrome, cobalah untuk download menggunakan browser lain. Ada beberapa jenis browser aman yang bisa Anda gunakan seperti Mozilla, Opera, Baidu, Microsoft Edge, dan lainnya. Setelah mengganti browser dengan yang lain, integrasikan IDM dengan browser yang digunakan.

2. Manfaatkan Situs Downloader

Saat ini ada banyak sekali situs downloader yang akan membantu Anda mendownload sebuah file atau aplikasi. Ketika ingin menggunakan situs ini, aplikasi IDM wajib dimatikkan terlebih dahulu. Dengan car aini proses download akan lancar tanpa terjadi error pada IDM.

3. Gunakan VPN

Error 403 bisa jadi muncul karena server tak memberi izin pada perangkat Anda. untuk itu Anda bisa mengatasinya dengan cara menggunakan VPN. VPN merupakan sebuah aplikasi dan harus diaktifkan terlebih dulu saat menggunakannya. Apabila VPN aktif, cobalah untuk download ulang file yang Anda inginkan. Dan biasanya pesan error 403 seketika hilang.

4. Gunakan Server Lain

Setiap file dari situs tertentu biasanya memberikan server cadangan. Biasanya ada tiga server cadangan yang ada disediakan oleh tiap server. Jika server pertama gagal, Anda bisa mencoba server kedua, dan seterusnya. Cara ini terbilang ampuh dan kerap digunakan oleh pengguna PC atau laptop saat mendapati IDM mereka error.

5. Menghapus Cache

Cache yang menumpuk juga bisa jadi penyebab error 403 pada Internet Download Manager. Nah cara mengatasinya adalah dengan cara menghapus cache dari temporary fle Windows. Berikut Langkah-langkahnya:

  • Tekan Windows?R
  • Ketik %temp dan enter
  • Pilih semua folder dan CTRL+A
  • Tekan shift + Delete agar terhapus secara permanen
  • OK

Dengan cara ini bisa jadi error 403 akan segera teratasi. Setelah selesai, cobalah untuk mendownload kembali menggunakan IDM.

6. Periksa Registry

Cara mengatasi error 403 pada IDM selanjutnya adalah memeriksa bagian Registry dan melaukan perbaikan apabila ada kerusakan. Registry merupakan file penting yang ada di sistem Windows. Apabila muncul error di IDM, bisa jadi Registry perangkat Anda rusak atau bermasalah. Untuk memeriksanya, ikuti Langkah di bawah ini:

  • Download aplikasi CCleaner, install dan jalankan
  • Masuk ke menu Registry
  • Klik Scan for Issues
  • Nantinya layar akan menampilkan daftar-daftar registry yang rusak dan bermasalah
  • Langsung klik Fix Selected Issues
  • Klik Fix All Selected Issues
  • Terakhir klik Close

Setelah selesai aplikasi akan melakukan perbaikan secara otomatis. Setelah beberapa saat Anda bisa melakukan percobaan mendownload file melalui IDM.

7. Perbarui IDM

Bisa jadi IDM yang Anda gunakan merupakan versi lawas sehingga kerap error saat melakukan download. Cara paling sederhana adalah melakukan update IDM ke versi terbaru jika IDM yang Anda gunakan merupakan versi jadul. Hal ini juga berguna untuk IDM yang kerap mengalami error HTTP 1.1.

8. Re-Install IDM

Jika memperbarui IDM tak membuahkan hasil, copot dan install ulang IDM. Cara ini terbilang cukup ampuh dalam mengatasi error 403 pada Internet Download Manager. Tapi sebelum mencopot IDM, pastikan Anda menggunakan IDM versi fitur berbayar dan resmi agar perangkat tetap aman.

9. Restart Komputer

Jika memperbarui IDM dan melakukan re-install pada IDM tak berhasil. Jalan terakhir yang harus Anda coba adalah melakukan restart computer. Walaupun hal ini memakan waktu yang cukup lama, tapi pada beberapa kasus error pada IDM car aini terbilang ampuh. Berikut caranya:

  • Restart perangkat Anda
  • Exit IDM melalui try icon perangkat
  • Buka kembali IDM melalui kolom search
  • download ulang file

Dari banyaknya cara mengatasi error 403 pada IDM di atas, Anda bisa mencobanya satu persatu. Penyebab error pada IDM tentunya tak bisa diketahui secara pasti, hanya saja apabila Anda mendapati pesan error 403 di IDM, segera lakukan perbaikan dengan beberapa cara di atas. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *