Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung di Google Drive

Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung di Google Drive

Pernahkah Anda mengalami kendala terkait cara mengatasi format file yang tidak didukung oleh Google Drive?

Google Drive adalah salah satu layanan aplikasi berbagi file dan penyimpanan yang paling banyak digunakan. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengelola file secara daring atau online.

Aplikasi penyimpanan sekaligus file sharing besutan Google Llc ini merupakan solusi untuk menyimpan dokumen tanpa khawatir dengan memori HP yang terbatas.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini pun, kita tak perlu khawatir dengan progress pekerjaan kita. Dengan memanfaatkan pengolah kata dari google di Google Drive, progres pekerjaan akan tersimpan dari waktu ke waktu dengan aman.

Namun, bagaimana jika mengalami kendala dengan google drive? Salah satunya adalah format file yang tidak mendapat dukungan google drive?

Jangan khawatir, artikel ini akan membahas cara mengatasi format file yang tidak kompatibel di Google Drive. Silahkan simak artikel ini hingga tuntas ya!

Kenapa File tidak Bisa Terbuka Saat Menggunakan Google Drive?

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi format file tidak didukung di Google Drive, Anda harus mengetahui penyebab di balik masalah tersebut.

Saat mengetahui penyebabnya, Anda dapat mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pada Google Drive ini.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan file Anda tidak bisa terbuka di Google Drive:

Akses Dokumen telah dicabut

Sebagai aplikasi penyimpanan dan berbagi file, author memiliki kuasa atas file atau dokumen yang dimiliki. Author atau pemilik dokumen dapat memberikan batasan mengenai siapa saja yang dapat mengakses, mengubah dan mengunduh atas dokumen miliknya.

Oleh karena itu, cek apakah Anda diberikan akses untuk membuka dokumen tersebut atau tidak.

Log in dengan Menggunakan Akun yang Salah

Google Drive mendukung untuk login dengan menggunakan lebih dari satu akun. JIka Anda adalah creatornya dan tidak dapat membuka file Anda sendiri, ada kemungkinan Anda menggunakan akun yang salah saat mengakses file tersebut.

Karenanya pastikan Anda menggunakan akun yang tepat untuk dapat mengakses file yang telah Anda buat, apalagi jika file tersebut bersifat tertutup untuk umum.

File Terdeteksi oleh Google Drive sebagai File yang Berbahaya

Keamanan adalah yang nomor satu, baik itu google drive ataupun device yang Anda gunakan akan mengeluarkan peringatan saat file yang akan akan Anda buka ternyata terindikasi berbahaya. Selain memberikan warning, kemungkinan besar file ini tidak dapat terbuka sebelum pengamanan mengijinkan file tersebut untuk Anda akses.

JIka Anda yakin dengan keamanan file tersebut, silahkan nonaktifkan pengamanan dengan mengakses menu settings and security. Pilih security atau keamanan kemudian nonaktifkan.

File Telah terhapus atau telah Anda pindahkan pada direktori yang berbeda

Terakhir, file yang tidak bisa dibuka dengan menggunakan Google Drive kemungkinan telah dipindahkan bahkan dihapus oleh author atau sang pemilik dokumen. Berpindahnya dokumen ke direktori yang berbeda akan membuat file yang Anda bagikan gagal untuk termuat sehingga tidak dapat terbuka oleh Google Drive.

Jika Anda bukan merupakan authornya, maka solusi dari masalah ini adalah berkomunikasi dengan sang pemilik untuk meminta file terbaru.

Mengatasi Format File tidak Kompatibel di Google Drive

Jika masalah membuka file di atas tetap tidak bisa terselesaikan, Anda bisa menggunakan langkah di bawah ini untuk mengatasi format file yang tidak kompatibel di Google Drive.

Ringankan RAM dengan Hanya Membuka Aplikasi Google Drive

Solusi pertama untuk mengatasi file yang tidak kompatibel oleh Google Drive adalah dengan cara menutup semua aplikasi berjalan. Sebagai aplikasi penyimpanan dan berbagi file, Google Drive membutuhkan memori RAM yang lega.

Setelah semua file tertutup, silahkan coba kembali membuka Google Drive ataupun file yang ingin Anda buka menggunakan Google Drive.

JIka masih mengalami kendala, silahkan lanjut menggunakan tips kedua di bawah ini.

Lakukan Pembaruan Aplikasi Google Drive

Selanjutnya Anda dapat mencoba mengupdate atau memperbarui Google Drive. PEmbaruan pada aplikasi biasanya akan menyebabkan bug pada beberapa fungsi tertentu, sehingga aplikasi tidak berfungsi secara menyeluruh.

Berikut langkah untuk melakukan update atau pembaruan pada aplikasi Google Drive di ponsel Anda:

  1. Buka Google Play Store atau App Store
  2. ketikan Google Drive.di kolom pencarian
  3. Pilih Update atau pembaruan untuk memperbarui aplikasi
  4. Tunggu sampai proses update berhasil.
  5. Buka kembali aplikasi google Drive atau file yang akan Anda akses

Install Ulang Google Drive

Anda bisa menggunakan opsi pamungkas untuk memulihkan kembali fungsi aplikasi google drive. Opsi tersebut adalah dengan mencopot pemasangan (uninstall) kemudian memasang kembali aplikasi Google Drive.

Jangan khawatir dengan pekerjaan atau file Anda, berbagai dokumen tersebut tentunya tetap akan aman. Dengan catatan Anda harus mengingat email dan password yang Anda gunakan.

Penutup

Aplikasi Google Drive merupakan aplikasi penyimpanan dan berbagi file yang populer. Jika Anda mengalami kendala dengan aplikasi ini, terutama dalam mengatasi format file tidak didukung di Google Drive. Silahkan gunakan cara-cara di atas untuk mengatasinya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *