Cara Mengatasi Pc Freeze dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Pc Freeze dengan Mudah dan Cepat

Bagi kamu yang memiliki pc, apalagi pc yang sudah lama, pasti tidak akan asing dengan istilah freeze, lag, atau macet, atau lemot. Permasalah itu sepele, tapi sangat menyebalkan. Lalu, bagaimana cara mengatasi pc freeze? Jika kamu penasaran, maka jangan lewatkan artikel ini sebelum selesai.

Namun, sebelum mengetahui cara mengatasi pc freeze, ada baiknya jika kita mengetahui penyenan pc menjadi freeze. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja pada pembahasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Pc Freeze dengan Mudah dan Cepat

1. Terlalu banyak program yang dibuka

Setiap program di pc membutuhkan sumber daya internal dan eksternal (perangkat keras), agar dapat berfungsi dan berjalan. Dan ketika Kamu membuka banyak program yang berjalan pada saat yang sama, maka pc kemungkinan tidak memiliki cukup memori atau daya pemrosesan untuk mendukung semuanya, sehingga membuat pc menjadi lemot.

2. Eror

Driver yang sudah ketinggalan zaman atau rusak, biasanya menyebabkan Windows cepat macet. Oleh karena itu, Kamu harus memastikan bahwa drive yang Kamu gunakan selalu diperbarui, agar tidak freeze dan eror.

3. Terlalu panas

Panas yang berlebihan dapat memperlambat pc Kamu dan akhirnya membekukannya. Jika suhu cukup tinggi atau cukup panas, hal ini dapat merusak sirkuit terintegrasi dalam prosesor sistem dan membuatnya sulit digunakan.

4. RAM tidak mencukupi

Jika pc Kamu sering macet, mungkin saja itu disebabkan oleh kurangnya spesifikasi RAM. Kamu bisa menabah spesifikasi RAM atau menginstal ulang sistem operasi Kamu, agar tidak freeze.

5. Kerusakan perangkat eksternal

Perangkat USB yang rusak atau perangkat eksternal lainnya, seperti mouse dan keyboard dapat menyebabkan pc Kamu melambat atau macet. Bantuan teknisi diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Pc Freeze dengan Mudah dan Cepat

Setelah mengetahui penyebab dari pc nge-freeze, maka saatnya mengetahui cara mengatasinya. Dan, di bawah ini adalah cara komplitnya.

1. Gunakan Kombinasi Tombol “Ctrl + Alt + Del”.

Ctrl + Alt + Del bisa dikatakan sebagai operasi yang paling ampuh, untuk mengatasi pc yang macet dan macet. Menekan tombol ini akan memunculkan menu yang memungkinkan Kamu untuk mengakses Task Manager, mengganti pengguna, logout, mengunci, dan bahkan mematikan atau menyalakan kembali pc Kamu.

Setelah pc tidak lagi macet, Kamu bisa menggunakan Ctrl + Alt + Del untuk mengakses Task Manager. Lihat aplikasi mana yang menghabiskan banyak sumber daya. Apakah Memori, hard disk, bahkan CPU. Dan ketika kamu memaksa proses untuk dimatikan, pc merespons dan dapat berjalan normal kembali.

2. Suhu atau Temperatur Pc Terlalu Tinggi

Perlu diketahui, bahwa Pc menjadi tidak responsif dalam kondisi hang jika terlalu panas. Jadi, jaga agar pc Kamu tetap dingin, dengan meletakkannya di tempat yang tidak menyerap panas. Pastikan lubang udara pada pc dapat keluar masuk dengan lancar, dan sirkulasi udara internal dapat berjalan dengan baik.

3. Jangan Melepas Perangkat Apa Pun yang Terhubung ke Pc Secara Tiba-Tiba dari Komputer

Perlu diketahui, bahwa ada sebagian perangkat pendukung yang dapat dihubungkan ke pc melalui konektor USB. Misalnya, Kamu mungkin ingin menyalin dokumen, video, foto, atau file lainnya melalui flash disk atau hard drive eksternal.

Saat menjalankan proses tertentu yang memerlukan komponen lain untuk disambungkan ke pc Kamu, jangan lepaskan komponen tersebut secara tiba-tiba. Hal tersebut dapat menyebabkan pc menjadi tidak responsif atau menampilkan layar biru.

Tunggu hingga proses selesai. Misalnya, menyalin file atau merender video yang tersimpan di flash disk atau hard drive eksternal. Tunggu hingga proses selesai dan lepaskan perangkat menggunakan metode Safely Remove Hardware agar pc, flash disk, atau hard drive tetap aman.

4. Jangan Membuka Terlalu Banyak Aplikasi

Tidak hanya akan membuat pc Kamu menjadi panas, membuka terlalu banyak aplikasi juga dapat menyebabkan pc Kamu macet atau hang. Apalagi jika Kamu memiliki pc dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Spesifikasi RAM sekitar 2-4 GB akan memaksa aplikasi yang terbuka seperti browser untuk berjalan di lebih dari 10 tab. Atau, Kamu membuka aplikasi Microsoft Word dan memainkan game yang sulit secara bersamaan.

Hal ini secara otomatis meningkatkan beban pada pc juga, terkadang menyebabkan pc macet atau hang. Jika spesifikasi pc Kamu tidak terlalu tinggi, Kamu bisa fokus pada satu tugas saja pada awalnya, seperti menyelesaikan laporan di Microsoft Office. Kemudian Kamu bisa membuka aplikasi lain dan menjaga pc Kamu tetap berjalan dengan lancar.

5. Upgrade Komponen Pc

Dan ini adalah langkah terakhir untuk mencegah pc Kamu mengalami freeze atau macet. Meskipun sepertinya Kamu harus mengeluarkan uang ekstra, jika Kamu ingin pc Kamu dapat menjalankan aplikasi tertentu, mau tidak mau Kamu harus mengupgrade komponen untuk memenuhi kebutuhan Kamu.

Jika Kamu meng-upgrade komponen RAM yang di maksud, pastikan Kamu menjalankannya dalam konfigurasi dual channel, untuk performa maksimal. Seperti RAM, hard drive juga merupakan komponen pc yang dapat diupgrade yang dapat diganti dengan SSD untuk kinerja yang lebih cepat.

Hal ini akan membuat pc Kamu terasa seperti baru lebih cepat dari aslinya. Namun perlu diingat bahwa jika cara-cara di atas gagal memperbaiki pc Kamu yang macet atau macet, Kamu harus memperbarui pc Kamu, atau pergi ke tukang service untuk memperbaiki. Semoga informasinya bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *