7 Cara Mengatasi Sistem Android Telah Berhenti

7 Cara Mengatasi Sistem Android Telah Berhenti

Ketika sistem Android berhenti bekerja, semua yang Kamu lakukan di ponsel Android Kamu akan dihentikan secara otomatis. Misalnya menonton video, membuka email, bermain game atau aktivitas lainnya. Hal itu tentunya sangat menyebalkan, namun jika kamu tahu cara mengatasi sistem android telah berhenti, maka hal itu sudah tidak akan terjadi lagi.

Namun sebelum membahas tentang cara mengatasi sistem android telah berhenti, terlebih dahulu kita akan memberikan kamu beberapa penyebab android bisa terhenti. Dan di bawah ini penjelasannya.

Penyebab Sistem Android Terhenti

1. Kesalahan sistem Android

Sistem Android dengan bug yang biasanya terkait dengan penggunaan. Ini dapat mempengaruhi sistem antarmuka pengguna.

2. RAM penuh

Sistem UI bekerja dengan mengambil ruang dari kapasitas RAM. Jika terlalu penuh, maka itu tidak akan berfungsi lagi.

3. Sistem tidak stabil

Stabilitas sistem dapat menyebabkan antarmuka sistem membeku. Dan itu cukup sering terjadi.

4. Pembaruan sistem gagal

Pembaruan sistem dari pengembang tidak selalu berjalan mulus. Terkadang ada juga masalah yang menyebabkan HP error termasuk sistem UI.

5. Launcher Error

Jika launcher menemui error, maka Impact dapat menampilkan pesan stuck seperti semula.

6. Efek Root HP

Rooting ponsel dapat membuat sistem tidak stabil dan menghentikan proses Android. Dalam hal ini termasuk sistem antarmuka pengguna.

7 Cara Mengatasi Sistem Android Telah Berhenti

1. Berhenti menyinkronkan akun Google Kamu di ponsel Android Kamu

Terkadang, menyambungkan atau menyinkronkan dengan akun Google dapat menyebabkan sistem Android Kamu macet. Mungkin ada masalah dengan sistem sinkronisasi karena sinyal internet yang lemah, atau mungkin ada kesalahan pada sistem Android.

Kamu bisa mencoba mem-bypass ini dengan mematikan sinkronisasi dengan akun Google Kamu. Metodenya sendiri sederhana. Buka menu Pengaturan > Akun > Google > Hapus centang Semua.

2. Hapus data dari aplikasi penting Google di Android

Jika langkah pertama tidak membantu, Kamu bisa mencoba langkah selanjutnya yaitu masuk ke menu Setting > Applications > Downloaded > Play Store.

Setelah terbuka, pilih “Hapus Data”.  Lakukan hal yang sama untuk tiga aplikasi lain selain dari Play Store juga. Yaitu Aplikasi Google Services Framework, Media Storage dan Download Manager. Dengan cara yang sama tentunya.

3. Nonaktifkan Google Apps di Android

Nonaktifkan semua program sebelum menguninstall. Caranya masih sama. Buka menu Pengaturan > Aplikasi > Unduhan dan pilih aplikasi yang ingin Kamu nonaktifkan. Kemudian pilih menu Disable atau Force. Cara ini khusus untuk penyimpanan media dan program download manager.

4. Matikan dan hidupkan ponsel Android Kamu

Ketika langkah pertama dan kedua selesai. Kemudian matikan ponsel Kamu. Ingat: matikan dan jangan hidupkan lagi. Tunggu sebentar. Jika memungkinkan, lepas juga kartu SIM, kartu microSD, dan baterai.

Jika ponsel Kamu adalah model one-piece, keluarkan kartu SIM dan kartu microSD. Setelah beberapa saat, masukkan kembali kartu SIM, kartu microSD, dan baterai, lalu hidupkan ulang ponsel Android Kamu.

5. Aktifkan kembali aplikasi Google Android

Jika diaktifkan, aktifkan kembali aplikasi Google yang sebelumnya dinonaktifkan. Lalu, buka menu “Settings” > “Applications” > “Downloaded”, dan pilih aplikasi yang ingin diaktifkan kembali.

Setelah terbuka, klik menu Activate atau Aktifkan. Ingatlah bahwa aplikasi yang diaktifkan adalah Media Storage dan Download Manager. Selanjutnya, aktifkan Google Sync juga. Kamu dapat menemukan jalannya sendiri.

Lalu coba lagi. Jika masih mendapatkan pesan “Maaf, proses com.android.phone telah berhenti” atau tidak? Maka gunakan cara di bawah ini.

6. Setel ulang ponsel ke setelan pabrik

Ingat cara ini hanya dilakukan jika langkah 1 sampai 5 di atas masih belum berhasil dan Kamu masih mendapatkan pesan “Maaf, sistem Android telah berhenti” di layar ponsel Android Kamu. Sebelum melakukan reset pabrik, lindungi terlebih dahulu semua data penting termasuk kontak dan data lain di ponsel Android Kamu. Karena langkah ini akan menghapus semua data Android.

Selanjutnya buka menu Setting > Backup and reset > Factory data reset > Reset phone. Coba ini sebagai langkah terakhir. Jika tidak berhasil juga, Kamu dapat mencoba mem-flash sendiri atau membawanya ke teknisi.

7. Gunakan Pembersih Sampah

Aplikasi pembersih sampah atau tn Tugasnya adalah mengoptimalkan sistem agar menjadi lebih stabil dan ringan. Meski tidak instan, alat pembersih ini juga bisa sedikit membantu untuk memperbaiki kesalahan sistem.

Kamu hanya perlu menginstal aplikasi ini. Ada banyak seperti Avast Cleaner, Clean Master, CCleaner dan lainnya. Bisa dipilih sesuai keinginan. Ini adalah beberapa cara untuk memperbaiki sistem Android telah berhenti bermasalah.

Tidak ada jaminan bahwa metode ini akan berhasil sepenuhnya. Itu tergantung dari penyebab Android error dan jenis Android yang Kamu gunakan. Setiap kerusakan atau kerugian yang diakibatkan dari mengikuti langkah ini adalah tanggung jawab pengguna.

Dan jika masih mengalami hal yang sama. alangkah baiknya jika kamu membawanya kekonter Hp terdekat. Semoga informasinya bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *