Cara Mengecilkan Ukuran Video di Laptop dan Android dengan Mudah

Cara Mengecilkan Ukuran Video di Laptop dan Android dengan Mudah

Mengurangi ukuran video, merupakan salah satu cara untuk meminimalkan jumlah ruang penyimpanan, yang terisi dari waktu ke waktu. Hal ini terutama berlaku jika Kamu hanya memiliki laptop dengan ruang penyimpanan yang sangat kecil. Namun, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara mengecilkan ukuran video di laptop dan Android?

Salah satu contoh video yang  besar ukuran filenya adalah film, dengan ukuran file terkadang lebih dari 1-2 GB per video pasti, yang pastinya akan membebani media penyimpanan Kamu. Jika sudah seperti itu, maka pilihan terbaik adalah mengompres video sehingga dapat diubah ukurannya sesuai kebutuhan.

Cara Mengecilkan Ukuran Video di Laptop dan Android dengan Mudah

Dan bagi kamu yang sedang ingin mengecilakn ukuran video namun belum tahu caranya, maka kamu sudah berada di tempat yang tepat, karena di sini akan dibahas tentang cara mengecilkan ukuran video di laptop dan Android dengan mudah. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja pada pembahasan intinya.

Cara Mengompres Video Secara Online

Selain menggunakan perangkat lunak, Kamu juga dapat mengompres video secara online. Kamu dapat memilih ini, sebagai opsi jika Kamu tidak ingin menginstal perangkat lunak tambahan pada PC Kamu.

Namun jika menggunakan opsi ini, Kamu harus memastikan koneksi internet yang digunakan harus sangat cepat, karena Kamu perlu mengunggah dan mengunduh file video yang akan di kompres. Adapun caranya adalah sebagai berikut

1. Media.io

Media.io adalah alat kompresi video berbasis aplikasi web. Aplikasi pengeditan video online ini sangat komprehensif, sehingga memungkinkan Kamu untuk mengedit, mengonversi, mengompresi, dan meningkatkan video dalam satu platform. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, kunjungi situs resmi media.io.
  • Kemudian klik “Pilih File”, dan unggah video yang ingin Kamu kompres.
  • Setelah proses pengunggahan selesai, pilih format dan resolusi video terkompresi yang Kamu inginkan.
  • Klik “Kompres” dan tunggu hingga proses selesai.
  • Terakhir, klik “Simpan” untuk menyimpan video terkompresi ke lokasi yang Kamu inginkan.

2. Convert.com

Situs kedua adalah aconvert.com, situs ini merupakan salah satu alat konversi yang hebat dengan berbagai opsi konversi. Dan ia juga tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan video tetapi juga banyak persyaratan file lainnya, seperti konversi PDF ke Word, konversi e-book, gambar, audio, arsip, halaman web, dll. Untuk melakukannya, lihat langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, kunjungi situs resmi convert.com
  • Kemudian klik “Jelajahi” untuk mengunggah video yang ingin Kamu kompres.
  • Lalu, pilih format target yang diinginkan. Saran kita pilihla MP4 untuk hasil yang lebih baik.
  • Pada bagian Opsi, atur opsi Ubah ukuran, kecepatan bit, atau kecepatan bingkai. Kemudian sesuaikan bagian yang ada sesuai dengan keinginan Kamu. Untuk menjaga ukuran video tetap kecil, Kamu dapat mengatur bagian “Ukuran video”.
  • Jika sudah, klik Convert Now dan tunggu hingga proses kompresi selesai.
  • Kemudian klik Save untuk menyimpan.

3. Convert-video-online.com

Selanjutnya, ada convert-video-online.com yang merupakan alat konversi dengan berbagai kebutuhan, terutama dalam hal video dan audio. Melalui situs ini, Kamu bisa mengonversi file dengan pilihan resolusi yang bisa disesuaikan. Maksimal upload dari tool ini mencapai 2 GB dengan proses konversi yang relatif cepat. Untuk penggunaannya, simak penjelasan berikut ini.

  • Langkah pertama, kunjungi situs terkait, yakni di convert-video-online.com.
  • Langsung saja, untuk pengunggahan, Kamu bisa klik Open File dan mulai mengunggah file video yang Kamu inginkan.
  • Pada bagian Video, pilih format output yang Kamu inginkan, bisa MP4, AVI, MOV, dan lainnya.
  • Pada bagian Resolution, tentukan ukuran yang Kamu inginkan, bisa sama dengan aslinya, HD 1080p, 720p, 480p, 360p, dan seterusnya.
  • Jika sudah, klik Convert dan tunggu proses kompresi video selesai.
  • Dan setelah proses kompresi selesai, Kamu bisa mengunduh hasil kompresinya.

4. MovieMaker

Cara memperkecil video yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi MovieMaker. Aplikasi ini adalah bawaan Microsoft. Tidak hanya memperkecil ukuran video, tetapi juga banyak digunakan sebagai software editing video. Pastikan Kamu sudah menginstalnya di laptop Kamu, jika sudah, berikut ini cara mengompres video dengan MovieMaker:

  • Buka aplikasi MovieMaker di laptop atau PC.
  • Klik menu Add Video, lalu pilih video yang akan dikompres.
  • Klik File pada bilah menu.
  • Pilih Save Movie dan masukkan nama video baru dan atur fps video.
  • Kemudian klik Save Video.
  • Tunggu hingga proses kompres selesai. Jika sudah, video telah berhasil dikompres tanpa mengurangi kualitasnya.

Cara mengecilkan ukuran video di HP Android

Selain melalui komputer atau PC, Kamu juga bisa mengecilkan ukuran video melalui ponsel Android. Dan semua alat kompres video tersebut tersedia gratis di Google Play Store. Untuk lebih jelasnya, simak rekomendasi dan caranya berikut ini.

1. VidCompact

Rekomendasi pertama, Kamu bisa menggunakan aplikasi VidCompact. Melalui aplikasi ini, Kamu bisa mengkonversi atau mengompres ukuran video menjadi lebih kecil. Pilihan resolusinya pun cukup beragam, mulai dari 1080p, 720p, 640p, 480p, 320p, dan 240p.

Selain itu, Kamu bisa melakukan banyak hal lain seperti mengganti nama video, menghapus video, memotong atau memotong video. Untuk mendapatkannya, Kamu bisa mengunduh VidCompact melalui Google Play secara gratis.

2. YouCut

Rekomendasi kedua, Kamu bisa menggunakan YouCut. Aplikasi ini cukup baik, dimana ratingnya mendapatkan nilai 4.8 di Google Play. Dengan aplikasi ini, Kamu bisa mengompres atau memperkecil ukuran video dengan sangat mudah.

Tidak hanya itu, jika mau Kamu bisa melakukan editing video, menambahkan efek video, menambahkan musik, memotong video, dan menggabungkan video. Tertarik untuk mencoba, unduh YouCut secara gratis melalui Google Play sekarang juga.

Dan itulah penjelasan tentang cara mengecilkan ukuran video di laptop. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Selamat mencoba!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *