Cara Mengedit Gambar di Laptop! Pemula Dijamin Bisa

Cara Mengedit Gambar di Laptop! Pemula Dijamin Bisa

Foto atau gambar merupakan salah satu konten yang paling banyak diminta oleh pengguna internet, dan semua orang berlomba-lomba mengunggah foto terbaiknya. Karena itu, gambar harus diedit agar hasilnya lebih indah dan rapi. Namun, apakah kamu mengetahui cara mengedit gambar di laptop?

Seperti yang kita tahu, berbagai perangkat juga bisa digunakan sebagai alat edit gambar, termasuk laptop. Dan mengetahui cara mengedit gambar di laptop itu adalah suatu keharusan, apalagi kamu yang sangat menggandrungi dunia maya.

Cara Mengedit Gambar di Laptop! Pemula Dijamin Bisa

Khusus untuk pemula, jangan khawatir! Karena kamu dapat mempelajari dasar-dasarnya, dengan metode yang tidak terlalu rumit dan relatif sederhana. Hasil yang didapatkan juga dipastikan tidak akan mengecewakan, karena beragam fungsi tool yang disediakan. Sudah penasaran seperti apa cara mengedit gambar di laptop? Langsung perhatikan caranya di bawah ini.

1. Edit foto di penampil foto

Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan di laptop. Semua perangkat memiliki fasilitas ini, untuk mengakses berbagai jenis gambar yang disimpan. Jika sebelumnya Kamu hanya dapat memutar foto, namun kini Kamu juga dapat menambahkan berbagai efek di dalamnya.

Dan tidak hanya ada opsi untuk memotong gambar, tetapi beberapa hal juga dapat ditambahkan, seperti mengatur kecerahan dan kejernihan warna secara manual. Untuk melakukannya, buka saja file yang ingin Kamu edit, lalu buka dengan aplikasi bawaan tersebut.

Biasanya, dengan menekan tombol OK pada pemutar media, maka nanti kamu akan dibawa Kamu langsung ke program ini. Beberapa efek yang tersedia di dalamnya ialah seperti, membuat gambar terlihat gaya 80an atau 90an, membuat gambar hanya hitam putih, atau membuat gambar terlihat seperti kartun.

2. Gunakan Editor Gambar

Ada banyak aplikasi untuk mengedit foto di laptop. Beberapa di antaranya membutuhkan keahlian tertentu, agar hasil yang didapatkan memuaskan pengguna dan cocok untuk nantinya diupload ke media sosial dll.

Salah satu pilihan aplikasi tersebut adalah PhotoShop. Aplikasi ini sangat populer di antara banyak orang. Ada banyak versi yang tersedia, karena perusahaan melakukan pembaruan hampir setiap tahun. Setiap versi memiliki fitur baru. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan aplikasi untuk mempercantik foto.

Tidak hanya di potong pada 90 derajat, tetapi juga dapat menangkap beberapa objek dalam gambar, untuk kemudian menempelkannya ke gambar lain atau menghapusnya dari objek di sekitarnya. Selain itu, ada juga fungsi tool untuk menambal objek yang berlubang, dengan cara menggantinya dengan warna yang sama dengan sekitarnya agar terlihat natural.

3. Edit Foto Online

Edit foto di laptop selanjutnya adalah dengan mengedit foto secara online. Seperti yang kita tahu, beberapa website bermunculan, yang memungkinkan kamu untuk mengambil gambar yang berbeda dan pastinya lebih keren. Fungsi yang di tawarkan juga tidak kalah bagusnya dengan yang di tawarkan oleh aplikasi yang di nilai profesional.

Satu-satunya keuntungan dari langkah ini adalah Kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan di perangkat Kamu. Lakukan pencarian di mesin pencari internet dan pengguna akan segera menemukan opsi situs web apa yang tersedia.

Dan itulah cara edit foto di laptop. Mungkin kamu baru tahu, bahwa untuk mengedit foto atau gambar tidak semuanya membutuhkan aplikasi tambahan, dan hasilnyapun tidak kalah bagusnya.  Selanjutnya, bagi Kamu yang ingin menggunakan aplikasi untuk edit foto atau gambar, maka di bawah ini kita memiliki beberapa rekomendasinya.

Rekomendasi Aplikasi edit Gambar atau Foto Gratis

1. Canva (versi gratis)

Dengan Canva, Kamu dapat mengedit foto dalam berbagai format sesuai kebutuhan. Ini termasuk posting media sosial, infografis, poster, selebaran, kartu, undangan, dll. Jika Kamu belum memiliki desain sendiri, Canva juga menawarkan beragam template yang dapat Kamu sesuaikan dengan keinginan Kamu. Namun, Kamu tidak dapat menggunakan semua template karena beberapa di antaranya di rancang khusus untuk pengguna berbayar.

2. Gimp

Lalu ada Gimp yang memiliki fitur mirip dengan Photoshop, namun bisa Kamu gunakan secara gratis. Aplikasi edit ini tersedia di sistem operasi Windows dan Linu, yang dapat Kamu gunakan sesuka Kamu tanpa masa percobaan tertentu.

3. Fotor

Fotor juga menawarkan fungsi untuk membuat kolase, mendesain kartu ucapan, atau mengedit foto. Program ini tidak hanya menarik, tetapi juga sangat ramah bagi pemula dan dapat di gunakan di semua sistem operasi.

4.Photoscape  (Versi Gratis)

Ada tiga poin penting yang harus Kamu pertimbangkan sebelum mengunduh perangkat lunak ini. Aplikasi ini berisi banyak template menarik, mudah untuk komputer dan cocok untuk pengeditan sederhana atau untuk pemula.

Singkatnya, program ini merupakan kombinasi dari berbagai fitur pengeditan, dan fitur berkualitas tinggi lainnya. Namun fitur terbaru ini, khusus bagi Kamu yang sudah mengupdate aplikasinya.

Cobalah berbagai fungsi menarik, salah satunya adalah Tab Viewer atau Gallery untuk menyimpan gambar/foto, Editor untuk mengedit foto dan fungsi Merge, untuk menggabungkan gambar. Selain itu, ada juga Print, GIF Maker dan Cutout sebagai penghapus background.

5. Editor Adobe Photoshop Expres

Aplikasi ini merupakan alat pengeditan online berfitur lengkap, yang dapat Kamu gunakan secara gratis. Kamu dapat dengan bebas menggunakan aplikasi ini untuk membuat pengeditan kreatif, mengubah perspektif gambar menjadi vertikal atau horizontal, dll. Bagi mereka yang aktif menggunakan media sosial, ada crop setting khusus yang mengatur gambar agar sesuai dengan konten media sosial.

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang mengedit gambar atau foto di laptop. Caranya sangat mudah bukan? Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *