Cara Menggunakan Google Ads dengan Mudah Langsung Berhasil

Cara Menggunakan Google Ads dengan Mudah Langsung Berhasil

Bukan rahasia lagii, jika Google Ads merupakan suatu fitur Google yang menampilkan iklan berbayar (PPC) di hasil pencarian Google. Dengan fitur ini, iklan yang Kamu buat muncul di hasil pencarian Google menggunakan kata kunci yang sudah Kamu tetapkan sebelumnya, yang jelas terkait dengan bisnis Kamu. Namun, apakah kamu sudah tahu cara menggunakan Google Ads?

Jika Kamu memutuskan untuk menggunakan Google Ads, sangat penting untuk mengetahui model yang digunakan yaitu pay per click atau disingkat PPC. Ini adalah model di mana Kamu menargetkan kata kunci tertentu di mesin pencari Google dan menawar kata kunci tersebut.

Cara Menggunakan Google Ads dengan Mudah Langsung Berhasil

Di sini Kamu bersaing dengan pesaing yang menargetkan kata kunci yang sama. Dengan banyaknya perusahaan yang menargetkan satu kata kunci, Google harus mengevaluasi setiap pelanggan secara adil dan memutuskan siapa yang memenangkan kata kunci tersebut.

Untuk evaluasi ini, Google menggunakan metode yang disebut Skor Kualitas Google. Menariknya, perkiraan ini juga menentukan biaya yang harus Kamu bayar. Jika nilai iklan tinggi, biayanya lebih rendah.

Google Quality Score sendiri memiliki tiga kriteria utama yang harus Anda ketahui, yaitu Relevansi Keyword, Relevansi Landing Page, dan Perkiraan untuk setiap Click Through Rate (CTR). Penjelasan lengkapnya ada di bawah ini:

1. Relevansi kata kunci (keyword)

Relevansi kata kunci adalah kriteria yang memungkinkan Google menawarkan lebih banyak peluang untuk iklan yang paling cocok dengan kata kunci yang dicari pelanggan. Oleh karena itu, Kamu harus memilih kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan Kamu.

2. Relevansi Landing Page

Ini adalah kriteria yang digunakan Google untuk mengevaluasi pentingnya laman lkamus yang Kamu terima dan iklan yang Kamu buat. Artinya, jika halaman arahan dengan konten iklan sangat relevan, nilai iklan Kamu akan semakin tinggi. Sebaliknya, jika halaman arahan dengan konten iklan sangat tidak sesuai, nilainya akan lebih rendah.

3. Perkiraan atau Estimasi CTR (Click Through Rate)

Estimasi CTR adalah taksiran atau taksiran berapa banyak orang yang akan membuka iklan Kamu. Ini tergantung apakah iklan yang Kamu tampilkan menarik atau tidak. Semakin menarik iklannya, semakin tinggi rasio klik-tayang. RKT yang tinggi juga meningkatkan kemungkinan iklan ditampilkan.

Cara Menggunakan Google Ads dengan Mudah Langsung Berhasil

Dan cara menggunakan Google Ads dengan mudah dan praktis adalah sebagai berikut:

  • Buka situs web Google Ads di www.ads.google.com
  • Tentukan akun Google mana yang ingin Kamu gunakan
  • Kamu dapat menggunakan Google Ads dengan membuat akun baru khusus untuk Google Ads atau dengan menggunakan Akun Google pribadi.
  • Namun, perlu di ketahui bahwa kotak masuk email pribadi Kamu nantinya akan di isi dengan email Google Adwords. Tentukan sasaran atau tujuan iklan Kamu
  • Setelah masuk ke Google Ads, Kamu harus memilih target iklan yang Kamu buat.

Opsi yang Ditawarkan oleh Google Ads

Berikut adalah  opsi yang di tawarkan oleh Google Ads:

Hubungi layanan melalui telepon. Opsi ini direkomendasikan jika Kamu memiliki bisnis yang melakukan bisnis melalui telepon.

Kunjungi toko fisik. Opsi ini di sarankan jika Kamu memiliki bisnis dengan toko fisik yang dapat di kunjungi pelanggan nanti. Contohnya seperti rumah makan, hotel, rumah makan, tempat hiburan dan lain-lain.

Kunjungi situs web perusahaan. Opsi ini di sarankan jika sebagian besar transaksi Kamu di proses melalui situs web, karena pelanggan berikutnya akan di alihkan ke alamat situs web Kamu.

Pilih jangkauan iklan Kamu. Salah satu keunggulan Google Ads adalah Kamu dapat menentukan tempat yang Kamu inginkan untuk menampilkan iklan Kamu. Kamu memiliki pilihan bebas antara lokasi yang berbeda, apakah itu kota atau negara federal, atau perluasan ke tingkat nasional atau internasional.

Tunjukkan kategori perusahaan. Langkah selanjutnya adalah tentukan kategori bisnis Kamu agar nantinya Google lebih mudah menentukan tujuan iklan Kamu.

Buat salinan iklan Kamu. Karena Google hanya mengizinkan 30 karakter untuk teks iklan yang Kamu buat dan 80 karakter untuk konten, langkah keenam ini harus di persiapkan dengan sangat baik. Usahakan agar iklan Kamu menarik, tetapi tetap singkat, padat, dan jelas. Jangan membuat iklan yang dapat membingungkan calon pelanggan Kamu.

Tambahkan foto (opsional). Selanjutnya, masukkan foto yang paling menggambarkan kampanye dan bisnis Kamu. Opsi ini bersifat opsional, namun tentunya menambahkan foto akan membuat iklan Kamu lebih menarik.

Tentukan anggaran iklan Kamu. Pada dasarnya, Google Ads adalah fitur bayar per klik yang cukup murah karena Kamu hanya perlu membayar ketika audiens target Kamu membuka iklan Kamu. Artinya anggaran yang akan di buat lebih efisien. Pilih metode pembayaran

Perlu di ketahui juga, Google Ads menawarkan berbagai metode pembayaran, mulai dari kartu kredit hingga transfer bank. Dengan begitu, jika saat ini Kamu tidak memiliki kartu kredit, Kamu tidak perlu khawatir, karena Kamu dapat membayar biaya iklan dengan nomor rekening tersebut.

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang cara menggunakan Google Ads dengan mudah langsung berhasil. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *