Cara Menggunakan VPN tanpa Aplikasi

Cara Menggunakan VPN tanpa Aplikasi

Pada artikel kali ini, kita akan menjelaskan tentang cara menggunakan vpn tanpa aplikasi. Seperti yang kita tahu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah lama menerapkan kebijakan pembatasan penggunaan internet.

Hal itu tentunya mengakibatkan banyak website atau situs web yang diblokir, dan tidak dapat diakses oleh pengguna Indonesia. Solusi untuk menyiasatinya adalah dengan menggunakan server pribadi virtual atau VPN terkenal.

Dengan VPN, Kamu dapat mengakses situs web yang telah diblokir oleh pemerintah. Misalnya, buka situs web terbaik untuk mengunduh film atau menonton anime.  Untuk menggunakan VPN, Kamu memerlukan aplikasi.

Cara Menggunakan VPN tanpa Aplikasi

Tetapi karena teknologi sudah semakin maju, maka menggunakan VPN tanpa aplikasi juga bisa dilakukan, meski tidak semua orang bisa. Dan seperti yang dijanjikan di atas, kita akan membagikan cara menggunakan vpn tanpa aplikasi. Namun sebelum itu, ketahuilah pengertian dari VPN terlebih dahulu.

Apa itu VPN?

Seperti namanya, VPN menyediakan jaringan virtual pribadi agar kita bisa terhubung ke internet dengan aman. Pada dasarnya, tujuan VPN adalah untuk menjaga kerahasiaan informasi. Ini biasanya ditemukan pada VPN premium atau berbayar, yang memiliki biaya berlangganan khusus.

Cara Kerja VPN

VPN berasal dari sumber tepercaya dan merutekan koneksi internet perangkat Kamu melalui server VPN pribadi yang ditunjuk. VPN bukan penyedia layanan internet (ISP). Jadi saat data dikirim ke internet, data tersebut berasal dari VPN dan bukan dari komputer Kamu.

VPN bertindak sebagai perantara saat Kamu terhubung ke internet. Dengan demikian, VPN dapat menyembunyikan alamat IP Kamu – serangkaian angka yang ditetapkan ke perangkat Kamu oleh ISP Kamu – dan melindungi identitas Kamu.

Bahkan jika data “ditangkap”, itu tidak dapat dibaca hingga mencapai tujuan akhirnya. Kemudian iamembuat “terowongan” pribadi dari perangkat Kamu ke internet, dan menyembunyikan informasi penting melalui enkripsi.

Enkripsi sendiri merupakan cara agar data tetap pribadi saat Kamu menggunakan VPN, yang memungkinkan data disembunyikan sehingga tidak dapat dibaca tanpa kata sandi yang sangat kuat.

Namun, Kamu perlu berhati-hati karena saat ini ada banyak penyedia VPN gratis yang dapat mencuri informasi Kamu dan mungkin mengisi lalu lintas internet Kamu dengan iklan. Jika Kamu masih tidak tahu cara kerja VPN, di bawah ini adalah proses utama yang dilakukan VPN dan manfaatnya.

Alur Kerja dan Manfaat VPN

  • Server proxy. Sama seperti proy, VPN menyembunyikan alamat IP dan lokasi Kamu untuk melindungi privasi Kamu secara online. Situs web yang Kamu akses hanya mengetahui alamat IP dan lokasi server VPN.
  • Autentikasi. Proses otentikasi memastikan bahwa klien VPN hanya berkomunikasi dengan server VPN yang Kamu gunakan. Akibatnya, data Kamu tidak dapat dicegat oleh pihak ketiga atau pihak luar.
  • Konstruksi terowongan. Koneksi VPN memungkinkan terowongan terenkripsi untuk lalu lintas internet. Proses ini “membungkus” setiap paket data menjadi paket data lainnya, sehingga menyulitkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membacanya.

Dan enkripsi Beberapa situs web yang menggunakan SSL/TLS mengenkripsi data yang dikirimkan antara perangkat Kamu dan server tujuan. Namun, enkripsi ini terbatas pada situs web yang Kamu buka.

Pada saat yang sama, terowongan VPN mengenkripsi semua lalu lintas data. Banyak penyedia VPN menggunakan enkripsi tingkat militer, yang berarti bahwa data hampir tidak dapat di baca oleh pihak ketiga.  Semua proses di atas bekerja sama untuk melindungi data Kamu dari ISP dan pihak ketiga lainnya yang mungkin ingin mencegat data Kamu.

Cara Menggunakan VPN tanpa Aplikasi di Ponsel Android

Berikut langkah-langkah menggunakan VPN di Android tanpa aplikasi. Dan kamu dapat mencobanya di semua jenis ponsel Android.

  • Pergi ke pengaturan. Masukkan pengaturan ponsel Android Kamu. Beberapa ponsel mungkin memiliki pengaturan yang sedikit berbeda, tetapi intinya sama.
  • Siapkan VPN. Kemudian pilih bagian VPN. Jika tidak ada, pilih “Connect” dan kemudian “Split VPN”.
  • Gunakan VPN tanpa menginstal aplikasi di ponsel Android.
  • Kemudian klik tanda plus plus VPN. Dan di sini Kamu perlu mengisi pengaturan VPN dengan benar dan memanfaatkan penyedia VPN gratis.
  • Periksa bagian enkripsi PPP dan Kamu tidak perlu memeriksa pengaturan lanjutan.
  • Klik pada tanda centang di sudut atas ketika semuanya di isi.
  • Setelah ini selesai, Kamu dapat membuat koneksi VPN. Jika logo VPN muncul di sebelah “Data Seluler” dan muncul kata “terhubung”, Kamu telah berhasil terhubung ke jaringan VPN.

Beberapa Opsi untuk Alamat Server di Negara Lain

  • vpnbook.com (PL VPN)
  • vpnbook.com (VPN Prancis)
  • vpnbook.com (unduhan VPN AS – di optimalkan untuk penelusuran cepat; tanpa P2P)
  • vpnbook.com (VPN Prancis – di optimalkan untuk penelusuran internet cepat; tidak ada unduhan P2P)
  • vpnbook.com (VPN Prancis – di optimalkan untuk penelusuran internet cepat; tidak ada unduhan P2P)

Dan itulah cara untuk menggunakan VPN tanpa aplikasi di Android. Nonaktifkan VPN di pengaturan, jika Kamu sudah ingin memutuskan sambungan dari jaringan VPN. Caranya sangat mudah, bukan?

Sebelum menggunakan, ingatlah untuk menggunakan VPN dengan benar. Karen VPN gratis ini dapat mencuri data internet Kamu. Jadi berhati-hatilah dan gunakan dengan bijak. Jangan gunakan VPN gratis untuk mengakses hal-hal penting seperti akun Google, perbankan online, perbankan seluler, PayPal, dll.

Kita tidak bertanggung jawab jika cara ini mengandung resiko. Kami hanya membatasi diri untuk membagikan metode ini, dan tidak memaksa Kamu untuk melakukannya. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *