Cara Menghapus File Sampah di Android dengan Mudah

Cara Menghapus File Sampah di Android dengan Mudah

Saat ponsel terasa lemot, biasanya masih banyak sampah tersimpan di dalamnya yang belum terhapus. Terkadang, bahkan setelah menghapus banyak media atau aplikasi, Kamu masih tetap mendapatkan peringatan bahwa penyimpanan internal hampir penuh. Dan saran dari kita, sebaiknya kamu segera membersihkan file sampah yang ada di dalamnya. Jika kamu masih belum mengetahui cara menghapus file sampah di android, di bawah ini aka nada ulasannya.

Seperti yang kita tahu, setiap HP akan selalu menawarkan banyak cara menghapus file sampah di android, terutama untuk file/cache penting tetapi lokasinya tersembunyi. Dan daripada kamu semakin kebingungan seperti apa caranya, langsung saja perhatikan di bawah ini.

Cara Menghapus File Sampah di Android dengan Mudah

1. Gunakan Cleaner Bawaan Ponsel

Kamu bisa membersihkan recycle bin tanpa aplikasi apapun, karena banyak smartphone yang dilengkapi dengan cleaner atau tempat sampah. Cukup klik pada aplikasi pembersih dan ponsel akan secara otomatis menghitung file cache, memori, sisa makanan, dan file lain yang dapat Kamu hapus. Pilih “Cleanup” untuk menghapus file yang tidak perlu di ponselmu.

2. Tempat sampah di galeri foto

Selanjutnya, Kamu dapat mengosongkan tempat sampah daur ulang foto tanpa menghapus foto. Caranya mudah, tinggal masuk ke File Manager -> DCIM Folder -> Remove Thumbnails.

3. Sampah di File Manager

Ada banyak sampah di pengelola file yang meluap. Untuk membersihkannya, Kamu dapat mengikuti cara berikut: buka file manager -> temukan folder thumbnail atau folder asing -> periksa dulu -> hapus folder jika tidak diperlukan. Kamu dapat memeriksa setiap folder di pengelola file untuk mengetahuinya. Terkadang beberapa file yang tersisa setelah mencopot pemasangan aplikasi masih tersimpan di pengelola file. Kamu dapat menghapusnya karena tidak digunakan.

4. Hapus unduhan dalam aplikasi

Beberapa aplikasi seperti YouTube, Telegram, Viu, Netflix, dan lainnya akan selalu menyimpan informasi yang Kamu unduh di aplikasi. Hapus file unduhan yang tidak diperlukan lagi, lalu jangan lupa bersihkan dengan pembersih.

5. Sampah aplikasi chatting

Tanpa disadari, aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, Instagram, Line, dan lainnya memiliki banyak cache dan file besar yang tidak penting. Sebaiknya dihapus saja, agar tidak membuat ponselmu lemot. Kamu dapat menghapus cache khusus aplikasi dari pengaturan aplikasi.

6. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Cara mudah untuk membersihkan sampah dari ponsel Kamu adalah dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga, yang akan membersihkan cache dan file yang tidak perlu. Kamu dapat mendownload banyak software pembersih seperti CCleaner, SD Maid, Files by Google dan masih banyak lagi.

Nama-nama File Sampah Android

Ada berbagai jenis file sampah di Android. Jenis file ini dapat berkisar dari file tersembunyi hingga aplikasi atau file cache browser hingga folder kosong. File-file tersebut terkadang juga sulit untuk dideteksi, sehingga tidak jarang pengguna menghapusnya secara manual. Dan di bawah ini ada beberapa nama file sampah Android yang perlu kamu ketahui.

1. Folder yang tidak digunakan

File sampah ini adalah aplikasi yang telah di hapus dan tidak di gunakan lagi. Umumnya, jenis file sampah ini sulit dideteksi, jadi mencarinya sebelum menghapusnya membutuhkan usaha ekstra.

2. File atau folder tersembunyi

Seperti namanya, file spam ini merupakan file sisa dari aplikasi yang telah di hapus dan di sembunyikan. Untuk menemukan file atau folder tersembunyi, Kamu memerlukan aplikasi pengelola file yang akan membantu Kamu menemukannya dengan lebih mudah.

3. File Cache Aplikasi

File cache adalah jenis file yang berasal dari aplikasi yang di instal pada ponsel. Jenis file ini tumbuh dengan jumlah aplikasi yang berjalan. Semakin banyak aplikasi yang Kamu gunakan, semakin besar file cache terakumulasi di ruang penyimpanan ponsel Android Kamu.

4. Galeri File Sampah

Android menyimpan sementara file foto dan video yang di hapus sebelum menghapusnya sepenuhnya dari telepon. Ini menjaga keamanan file jika pengguna secara tidak sengaja menghapus foto atau video. Tidak seperti file sampah sebelumnya, Kamu dapat menemukan file ini di galeri sampah dan segera menghapusnya jika perlu.

5. File rusak

Jenis file sampah ini adalah hasil dari unduhan yang gagal karena beberapa faktor. Proses pengunduhan yang tidak lengkap mengubah file-file ini menjadi tempat sampah yang memenuhi ruang penyimpanan ponsel Kamu.

6. File aplikasi sementara

File aplikasi sementara biasanya di gunakan selama instalasi aplikasi. Setelah selesai, file ini akan di pindahkan ke tempat sampah dan tidak akan di gunakan untuk menjalankan aplikasi.

7. File Cache Browser

Saat Kamu menjelajahi Internet dengan browser, data di unduh dalam bentuk cache. Seiring waktu, file cache akan memengaruhi penggunaan memori ponsel Kamu. Kamu dapat menghapus file cache melalui pengaturan browser, dan melakukan fungsi lain seperti menghapus riwayat penelusuran, menghapus cookie, dll.

Cara Cek file spam di Android

Jika Kamu ingin memeriksa file sampah di ponsel Android pribadi Kamu, Kamu dapat melakukannya dari menu Pengaturan. Adapun cara lengkapnya ada di bawah ini:

  • Pilih Manajer Aplikasi.
  • Periksa aplikasi yang terinstal di ponsel Android Kamu satu per satu dan pilih “Simpan”.
  • Di bagian ini Kamu dapat melihat informasi tentang penggunaan memori ponsel Kamu, termasuk file cache.
  • Untuk menghapusnya, klik Hapus cache. Dan selesai.

Dan itulah sedikit penjelasan tentang cara menghapus sampah di Android, beserna nama-nama sampah dan cara cek sampah di Android. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *