Cara Menghilangkan Garis pada Monitor Pc

Cara Menghilangkan Garis pada Monitor Pc

Munculya garis pada monitor pc, pastinya menjadi masalah yang cukup membuat panik. Maka tak heran jika cara menghilangkan garis pada monitor pc, sudah banyak dicari oleh yang mengalaminya.

Masalah ini tidak hanya disebabkan oleh masalah perangkat keras, tetapi juga oleh perangkat lunak pc yang tidak kompatibel atau ketinggalan zaman seperti driver. Namun, jika terjadi karena perangkat keras, maka biasanya disebabkan oleh kondisi kabel pita dan komponen pc lainnya seperti RAM dan VGA.

Cara Menghilangkan Garis pada Monitor Pc

Dan bagi kamu yang sedang mencari tahu cara menghilangkan garis pada monitor pc, maka kamu sudah datang pada tempat yang tepat. Karena di sini, kita akan memberikan langkah komplitnya.

Namun, sebelum mengikuti langkah-langkah tersebut, Kamu harus terlebih dahulu menentukan apa yang menyebabkan garis-garis tersebut muncul di layar pc Kamu, apakah itu masalah terkait perangkat lunak atau perangkat keras. Jika Kamu tidak memeriksanya terlebih dahulu, Kamu mungkin akan memilih cara yang salah untuk mengatasinya. Dan di bawah ini, kita juga akan memberikan penjelasannya.

Mengidentifikasi Munculnya Garis pada Pc

Untuk mengidentifikasi permasalah munculnya garis pada pc, yang harus Kamu lakukan adalah masuk ke pengaturan BIOS pada pc. Untuk masuk ke pengaturan BIOS, cukup reboot pc. Kemudian saat Kamu menyalakan layar untuk pertama kalinya, Kamu harus menekan tombol khusus untuk masuk ke pengaturan BIOS.

Biasanya, jika untuk masuk ke dalam BIOS, biasnya dalam beberapa pc harus menekan tombol “ESC” atau “F2” setelah pc dihidupkan ulang. Jika masalah baris pada layar pc terkait dengan perangkat lunak, masalah tersebut tidak akan muncul di BIOS. Namun, jika garis tersebut masih muncul di BIOS, berarti masalahnya terkait dengan perangkat keras pc. Sangat mudah, bukan untuk mengidentifikasinya?

Dan langsung pada pembahasan utama, yakni cara menghilangkan garis pada monitor pc. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja perhatikan caranya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Garis pada Monitor Pc

1. Karena Masalah Perangkat Lunak – Perbarui Driver Video atau Kartu Grafis Kamu.

Jika layar pc Kamu memiliki garis-garis karena masalah perangkat lunak, kemungkinan besar penyebabnya adalah driver tampilan yang kedaluwarsa atau tidak kompatibel (driver kartu grafis atau kartu grafis). Dalam hal ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi situs web resmi produsen pc Kamu.
  • Buka halaman dukungan situs web atau halaman unduhan.
  • Temukan semua driver yang tersedia untuk pc, (tergantung pada sistem operasi yang sedang Kamu gunakan).
  • Unduh driver layar versi terbaru untuk pc Kamu.
  • Instal driver dan mulai ulang pc Kamu.
  • Setelah itu, periksa apakah masalah garis pada layar pc Kamu sudah diperbaiki atau tidak.

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah pertama ini, ntuk mencegah masalah tersebut terulang kembali di masa mendatang, pastikan driver layar pc Kamu selalu diperbarui. Ingat juga! Jangan mencoba mengunduh driver untuk pc Kamu dari sumber yang tidak resmi, agar tidak menambah masalah.

2. Karena Masalah Perangkat Lunak – Mengembalikan Driver Kartu Grafis

Setelah memperbarui driver kartu grafis pc, tetapi masih terlihat garis di layar, maka cobalah beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasiya:

  • Pada sistem pc Kamu, buka Control Panel dan buka bagian Device Manager.
  • Pada jendela baru yang terbuka, cari bagian “Display Adapters”.
  • Kemudian klik kanan, pada driver kartu grafis yang tersedia dan pilih Properties.
  • Setelah itu, pilih kembalikan driver kartu grafis, dan selesai.

Ada opsi untuk mengembalikan driver, jika Kamu mendapatkan kesalahan pada layar pc Kamu setelah pembaruan. Maka, pastikan untuk teliti saat melakukan pengembalian driver kartu grafis.

3. Karena Masalah Perangkat Lunak – Kesalahan Resolusi Layar

Dan jika garis pada layar masih tetap tidak hilang, kamu bisa mencoba metode ketiga ini, jika Kamu menggunakan sistem operasi Windows. Biasanya, kesalahan resolusi layar juga dapat menyebabkan garis-garis (vertikal atau horizontal) pada layar pc.

Karena ini masih merupakan masalah perangkat lunak, Kamu dapat memperbaikinya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik kanan area kosong pada layar pc Kamu.
  • Pada kotak dialog yang muncul, cari dan klik Display Settings.
  • Setelah itu, Kamu akan melihat layar Pengaturan Windows di bagian Tampilan.
  • Ada menu resolusi di bagian bawah layar. Layar pc memiliki opsi resolusi yang berbeda. Pilih resolusi yang bertkamu “Direkomendasikan”.
  • Setelah menentukan pilihan, klik Simpan Perubahan.

Jika resolusi layar pc Kamu secara default menggunakan resolusi yang disarankan, coba beralih ke resolusi yang berbeda terlebih dahulu. Kemudian coba lagi dengan menggunakan resolusi yang disarankan.

4. Karena Masalah Perangkat Keras – Periksa Kondisi Internal Pc

Apabila  garis di layar masih tidak hilang Kamu dapat memeriksa bagian dalam pc. Seperti RAM, VGA, atau hard disk. Karena komponen-komponen ini dapat menjadi penyebab garis-garis pada layar pc Kamu. Coba lepaskan RAM atau VGA (yang dapat di lepas) dan bersihkan pin-pinnya.

Penghapus lembut dapat di gunakan untuk menghindari kerusakan atau goresan pada pin RAM atau VGA. Lakukan hal ini secara perlahan hingga kotoran hilang dan pin kembali mengkilap. Sedangkan untuk hard drive, periksa kabel hard drive untuk melihat apakah sudah terpasang dengan benar.

Dan itulah cara menghilangkan garis pada layar pc. Jika Kamu sudah mencoba semua cara di atas dan masih melihat garis-garis di layar, Kamu perlu membawa pc Kamu ke tukang server, untuk mengatahui penyebab aslinya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *