Cara Menulis Huruf Arab Berharakat di Android Mudah dan Cepat

Cara Menulis Huruf Arab Berharakat di Android Mudah dan Cepat

Buat kamu yang ingin menulis huruf arab dengan huruf vokal di Android, pada artikel kali ini kita akan memberikan kamu ulasan tentang cara menulis huruf Arab berharakat di Android. Seperti yang kita tahu, saat menulis huruf arab di android sudah menjadi kebutuhan banyak orang, terutama saat berkomunikasi dengan orang arab.

Selain karena untuk digunakan berkomunikasi dengan orang arab, Kamu juga dapat mengirim kalimat bahasa Arab ke keluarga atau teman Kamu. Dan dengan menggunakan cara menulis huruf Arab berharakat di Android yang akan kita sajikan pada artikel kali ini, maka semua hal itu akan terasa lebih mudah.

Cara Menulis Huruf Arab Berharakat di Android Mudah dan Cepat

Namun sebelum kamu mengetahui caranya, kita terlebih dahulu akan mengenalkan beberapa aplikasi pendukung agar kamu bisa lebih mudah menulis Arab di Android. Memasang keyboard Arab juga akan menghindarkan kamu untuk melakukan root pada ponsel Android Kamu.

Dan semua aplikasi yang akan kita ulas di bawah ini, bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play store. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja pada pembahasannya.

1. Best Arabic Fonts by FlipFont

Pertama, ada aplikasi pengetikan bahasa Arab untuk Android yang di rancang oleh Monotype Imaging Inc. Flipfont yang memungkinkan ponsel cerdas Kamu menulis bahasa Arab dengan cepat dan tepat.

Best Arabic Fonts by FlipFont juga bisa dikatakan sebagai aplikasi yang sangat untuk smartphone Samsung Galaxy. Dengan aplikasi ini Kamu dapat mengubah font dan antarmuka pengguna ponsel cerdas Kamu.

Jadi Kamu tidak hanya bisa menulis dalam bahasa Arab, tetapi semua antarmuka ponsel cerdas Kamu menjadi bahasa Arab. Font Arab terbaik FlipFont ini telah diinstal oleh jutaan orang di dunia dan tersedia gratis di Google Play Store.

2. iFont

Jika Kamu ingin menggunakan gaya font Arab, maka menginstal aplikasi iFont menjadi salah satu solusinya. Tidak hanya menampilkan font modern, iFont juga memiliki variasi font yang bertuliskan huruf Arab.

Memasang font arab di iFont juga cukup mudah. Yang harus Kamu lakukan adalah memilih gaya font Arab yang Kamu inginkan dan menginstalnya di perangkat Android Kamu. Selain itu, Kamu tidak perlu repot membayar aplikasi iFont karena semua yang ada di aplikasi ini gratis.

3. Free Arabic Fonts for FlipFont

Selanjutnya ada aplikasi FlipFont yang bisa kamu gunakan untuk menulis tulisan arab di Hp androidmu.  Aplikasi ini dapat digunakan di banyak ponsel Android, dan Font Arab Gratis untuk FlipFont paling kompatibel dengan seri Samsung Galaxy.

Di ponsel Samsung Galaxy, yang harus Kamu lakukan adalah membuka Pengaturan> Tampilan> Font dan pilih font Arab yang Kamu inginkan. Free Arabic Fonts for FlipFont yang harganya tiga dollar dengan aplikasi yang kita bahas tadi juga mendapatkan rating 4.3 di Google Play store.

5. Arab – Go Keyboard

Selanjutna ada aplikasi Go Keyboard. Aplikasi ini merupakan keyboard yang dapat menulis huruf arab dengan huruf vokal. Ukuran filenya hanya 4,5MB dan sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta orang. Selain huruf arab, keyboard ini juga memiliki banyak emoticon menarik yang bisa kamu kirim ke orang lain.

6. Simple Keyboard Arab

Program menulis huruf arab berikut ini adalah keyboard arab sederhana. Kamu dapat mengunduh keyboard ini di sini Ukuran file ini sangat kecil, hanya 6,5 ​​MB. Selain simpel, keyboard ini juga enak digunakan, mendukung beberapa bahasa, dan juga memiliki emotikon menarik yang membuat obrolan semakin menarik.

7. Harakat Arabic Keyboard

Aplikasi berikutnya yang kita rekomendasikan untuk menulis huruf Arab dengan huruf vokal adalah Harakat Arabic Keyboard. Keyboard ini mendukung input huruf dan vokal Arab. Dengan keyboard ini Kamu bisa mengetik huruf arab dengan huruf vokal Kasrah, Fathah dan Tasydid.

Tersedia ratusan emoticon menarik dan selain itu ada teks Alquran yang bisa kamu kirim ke teman atau kerabat. Ukuran file hanya 8,6 MB dan telah diunduh lebih dari 500.000 kali. Aplikasi ini tidak memerlukan rooting untuk ponsel Android yang kamu gunakan.

7. Ana Muhtarif Al Khat

Ingin membuat kaligrafi arab di smartphone kamu? Kamu bisa meminta bantuan Ana Muhtarif Al Khati. Aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk menulis dalam aksara Arab dengan smartphone Kamu. Dengan aplikasi ini kamu dapat membuat desain kaligrafi arab yang sangat indah. Selain itu, Kamu juga dapat mengubah font atau membatalkan dan mengulang operasi.

Ana Muhtarif Al Khat juga menyediakan font dan background warna yang berbeda untuk dipilih sesuai dengan preferensi Kamu. Setelah selesai, Kamu dapat membagikan kaligrafi Kamu melalui Facebook. Ana Muhtarif Al Khat baru saja diinstal lebih dari satu juta kali, tetapi aplikasi ini memiliki peringkat 4,6 di Google Play Store.

Cara Menulis Huruf Arab dengan Keyboard Arab

Jika kamu sudah mendownload salah satu aplikasi yang kita sebutkan di atas, maka langsung saja install dan aktifkan. Kemudian ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih Pengaturan Lanjutan
  • Kemudian klik Bahasa dan masuk
  • Pilih Sesuaikan Keyboard
  • Klik di sini untuk mengaktifkan keyboard yang diunduh
  • Selesai, coba masukkan huruf arab.

Dan itulah cara beserta aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menulis Arab di Android. Jika kamu juga mau untuk menggunakan bahasa lain selain Arab, semisal Korea, kira-kira caranya hampir sama namun berbeda aplikasi yang akan digunakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *