Cara Menyalin Teks dari Gambar di PC Menggunakan Microsoft Office OneNote

Cara Menyalin Teks dari Gambar di PC Menggunakan Microsoft Office OneNote

Kamu pasti sudah tahu bahwa kita tidak bisa mendapatkan banyak kata di internet, hal itu karena tidak semua kata dijelaskan dalam satu artikel, banyak dari mereka juga menyediakan gambar di mana gambar berisi artikel yang penting untuk kita lihat. Dan pada artikel ini, kita akan memberikan informasi menarik lainnya, yakni tentang cara menyalin teks dari gambar di PC.

Kamu pasti sudah pernah melihat gambar yang berisi teks serta menjelaskan sesuatu, dan dari situ Kamu ingin menyalin teks pada gambar tersebut ke dokumen lain, untuk menerapkannya untuk beberapa tujuan.

Dalam tugas sekolah terkadang hal seperti ini memang harus dilakukan karena biasanya saat mengerjakan tugas seperti menulis laporan, artikel, proposal, cover, resume, di internet banyak sekali contoh yang diberikan seperti gambar. Jadi, akan sangat melelahkan jika harus mengetik ulang contoh tugas di gambar.

Cara Menyalin Teks dari Gambar di PC Menggunakan Microsoft Office OneNote

Karena sebenarnya ada alternatif lain yang bisa Kamu lakukan untuk mempercepat prosesnya, antara lain menyalin teks pada gambar dan memindahkannya ke dalam dokumen Microsoft Word. Tentu saja, ini dapat mempercepat waktu pemrosesan karena Kamu hanya perlu menyalin teks yang ditempelkan.

Namun, untuk dapat mengekstraksi teks dari gambar, langkah-langkah tentang cara menyalin teks dari gambar di PC wajib kamu ikuti. Hal itu karena tidak mungkin kamu menyalin teks dari gambar secara langsung, dan kita perlu menggunakan pihak ketiga terlebih dahulu untuk dapat menyalin teks.

Jadi Kamu tidak perlu khawatir, karena pihak ketiga yang akan kita gunakan kali ini adalah Microsoft Office OneNote, yang sepertinya memiliki cara cepat dan mudah untuk menyalin teks di atas gambar atau tangkapan layar dengan mudah. Namun sebelum iyu, apa itu Microsoft Office OneNote?

Apa itu Microsoft OneNote?

Seperti yang Kamu ketahui, Microsoft OneNote adalah aplikasi pencatat. Lebih dari sekadar teks biasa, Kamu juga dapat membuat coretan (bisa berupa gambar, border), membuat checklist atau to-do list, atau menyisipkan foto dan dokumen lainnya.

Seperti yang dikutip oleh PCMag, pengguna OneNote gratis mendapatkan penyimpanan 5GB, plus ada opsi edukasi sebesar 1TB. Jika Kamu membutuhkan lebih banyak ruang, ada opsi. Cukup berlangganan Microsoft 365 Personal, untuk mendapatkan lebih banyak penyimpanan untuk OneNote dan aplikasi lain dari Microsoft.

Sementara aplikasi pencatat lainnya biasanya hanya memiliki kemampuan untuk menambahkan catatan baru dan terpisah dari aplikasi lain, ini berbeda dengan OneNote. Kamu dapat membuat semacam pemisah antara satu “halaman” dari yang lain, membuat koleksi catatan Kamu terlihat seperti buku sungguhan. Ini adalah salah satu fitur yang membuat Microsoft OneNote istimewa.

Jadi, untuk membuat catatan di OneNote, Kamu dapat mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store, App Store, dan situs web resmi Microsoft OneNote.  Kemudian, aplikasi ini tidak hanya dapat di akses melalui ponsel, tetapi juga melalui tablet, laptop, dll. Kamu hanya perlu login dengan akun Microsoft yang Kamu gunakan, maka semua data yang tersimpan di cloud akan di tampilkan.

Selain itu, Kamu juga dapat menyalin teks dalam bentuk gambar lain, seperti foto kamera, tangkapan layar, di mana teks tersebut dapat dengan sangat mudah di salin ke banyak dokumen lainnya.

Cara Menyalin Teks dari Gambar di PC Menggunakan Microsoft Office OneNote

Untuk OneNote Microsoft, yang kita gunakan kali ini adalah OneNote 2016, yang sebenarnya sama dengan yang lainnya, karena masih memiliki fungsi yang sama yaitu menyalin teks dari gambar. Dan di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya:

  • Jalankan Microsoft OneNote Kamu, lalu impor gambar yang teksnya ingin Kamu salin dengan masuk ke Sisipkan (insert) > Gambar (picture).
  • Kemudian klik kanan pada gambar dan pilih Salin teks dari gambar. Ini untuk menyalin semua teks ke dalam gambar.
  • Lalu tempelkan ke dokumen Microsoft Word baru menggunakan Ctrl+V, atau klik kanan lalu klik Tempel.
  • Kemudian teks pada gambar yang di salin melalui Ms OneNote dapat langsung di tempelkan ke Word. Dan jika ada teks yang berantakan, simpan saja.
  • Sekarang Kamu dapat menyalin teks ke gambar dengan mudah dan cepat.

Jadi mulai sekarang, Kamu tidak perlu mengetik lagi untuk mengekstrak teks dari gambar. Karena dengan cara ini, Kamu dapat dengan mudah mendapatkannya dengan Microsoft OneNote untuk menyalin teks ke gambar dengan cepat.

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang cara menyalin teks dari gambar di PC menggunakan Microsoft Office OneNote. Caranya cukup mudah bukan? Kita yakin, mungkin hanya sebagian orang yang mengetahui cara ini, namun semoga dengan terbitnya artikel ini, maka aka nada banyak orang lain yang mengetahinya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *