Cara Merawat Laptop Gaming, Lakukan Ini Biar Performa Optimal

Cara Merawat Laptop Gaming, Lakukan Ini Biar Performa Optimal

Kamu punya laptop gaming baru dengan harga belasan juta, tentu harus paham bagaimana cara merawat laptop gaming agar awet dan performa tetap optimal. Sebenarnya, cara yang akan Pusat Techno bahas ini bisa pula kamu terapkan ke laptop biasa namun untuk bermain game.

Di zaman sekarang, game online semakin berat prosesnya, sehingga membutuhkan spesifikasi laptop yang sesuai. Kamu tidak bisa memainkan PUBG dengan prosesor Intel Celeron generasi lawas. Begitu pula kamu tidak bisa bermain game HP di laptop dengan emulator Android pakai Intel Celeron generasi lawas.

Mungkin masih bisa, tetapi kalau laptop dapat berbicara, ia akan mengatakan kata-kata makian dan kata-kata kotor untukmu!

Menggunakan laptop untuk melakukan sesuatu di luar batas kemampuannya, berarti menyiksa laptop sekaligus memperpendek umurnya. Jadi, sebelum bermain game berat di laptop, lihat dan pahami spesifikasi atau hal lain yang mereka butuhkan.

Cara Merawat Laptop Gaming agar Performa Tetap Optimal

Tetapi, kalau tidak masalah menyiksa laptop atau memperpendek umurnya. Kamu tidak perlu membaca cara merawatnya di bawah ini. Kamu dapat menggunakan Redmi 4a untuk bermain Mobile Legends dan PUBG. Atau bermain Apex Legends di laptop yang pakai Intel Atom, Ram 2GB, HDD 128GB (tanpa SSD), dan tidak ada pendingin eksternal.

Namun mesti kompromi dengan berbagai risiko yang ada; dan yang paling buruk laptop tiba-tiba mati atau malah meledak.

Sedangkan untuk kamu yang sayang banget dengan laptop gaming, berikut ini beberapa cara agar tetap awet, panjang umur, serta performa tetap terjaga optimal.

4. Cara Merawat Laptop Gaming, Lakukan Ini Biar Performa Optimal
Src: pcworld

1. Hindari Guncangan atau Benturan Saat Menyimpan Laptop

Cara merawat laptop gaming yang pertama dengan memperhatikan bagaimana kamu menyimpannya. Kalau berada di tas, hindari benturan dan guncangan. Bagaimana pun, itu merupakan barang elektronik. Di mana barang elektronik seperti laptop dapat mengalami masalah jika terkena guncangan berlebihan.

Contohnya adalah bad sector di HDD, layar rusak, atau kabel fleksibel ke monitor putus.

2. Cara Menghemat Baterai Laptop Gaming dengan Mengatur Kecerahan Layar

Banyak yang mengeluhkan baterai laptop cepat habis untuk bermain game. Tentu saja, itu masih wajar, tetapi kalau baterai cepat habis padahal laptop tidak melakukan kinerja apapun, kamu wajib waspada.

Coba untuk masuk ke power option, cek apakah baterai untuk performa, kestabilan, atau hemat. Cara lain yang bisa kamu lakukan dengan mengatur kecerahan layar, menggunakan headset alih-alih speaker bawaan laptop, serta mengurangi perangkat eksternal yang terhubung.

3. Jangan Biarkan Laptop Kehabisan Baterai Sampai 0%

Agar baterai laptop awet, jangan biarkan sampai kehabisan daya sampai nol persen. Sebab, kalau laptop mati pet, semua peripheral di dalamnya seketika ikut berhenti total. Bayangkan kamu pas lagi kerja keras banget, terus ketiduran, bangun-bangun pasti masih pusing.

4. Apakah Bermain Game Harus Dicharge? Sebaiknya Jangan

Cara merawat laptop gaming dengan tidak ngecharge ketika bermain. Ada mitos yang mengatakan bahwa saat bermain game sebaiknya baterai dilepas, langsung colok dari charger. Ini sebenarnya membuat baterai awet, soalnya baterainya tidak kamu pasang, tetapi overkill terhadap perangkat di dalamnya.

5. Lepas Kalau Sudah Penuh, Laptop Gaming Dicharge Terus Tidak Baik

Tidak hanya laptop, tetapi ngecharge HP kalau sudah penuh sambil bermain game itu tidak baik. Mengapa? Jagat Review menjelaskan dalam salah satu video bahwa, walaupun sudah punya pemberhenti daya otomatis, akan membuat perangkat lebih panas.

Baterai berkurang jadi 99,99% langsung terisi terus berhenti lagi, terisi lagi berhenti lagi, terisi lagi berhenti lagi. Lama-lama meledak juga itu nanti baterainya jebol.

6. Menambah Aksesoris Eksternal yang Membantu

Menggunakan aksesori eksternal memang dapat membuat umur aksesoris internal lebih awet. Misalnya kamu pakai mouse eksternal, tentu saja touchpad laptop jarang terpakai jadi awet. Namun, sekali lagi, kamu mesti kompromi dengan penggunaan baterai yang lebih banyak.

Beberapa aksesoris eksternal untuk laptop gaming antara lain: cooler pad (ini sangat penting), mouse, headset dengan mikrofon, dan tas hard cover untuk meningkatkan keamanan. Kalau sudah ada cooler pad, maka bagian laptop yang panas akan tereduksi menjadi lebih dingin.

7. Antisipasi Terhadap Virus dan Malware

Apakah kamu tahu, selain merawat dari sisi fisik dan eksternal, penting memperhatikan faktor internal pula. Bukan hardware, melainkan software dengan menjaga terhadap serangan virus, malware, atau aplikasi berbahaya yang lain.

Penting kiranya tidak menginstal software bajakan atau berpotensi berbahaya. Jangan lupa untuk menyalakan Windows Defender, antivirus, serta perlindungan lainnya yang kamu percaya. Hapus berkas tidak terpakai seperti .temp, rutin melakukan Disk Defragment, dan optimasi performa laptop gaming yang lainnya.

Dengan menerapkan semua cara merawat laptop gaming di atas, setidaknya kamu sudah berusaha menjaga keadaan sekaligus performa laptop tetap optimal. Pun jika ada masalah di luar kendali kita, menyelesaikan dengan tepat sangat penting kamu lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *