Cara Mockup di Photoshop dengan Benar

Cara Mockup di Photoshop dengan Benar

Pada ulasan kali ini, kita akan memberitahukan kamu tentang cara mockup di photoshop. Seperti yang kita tahu, setiap orang harus memiliki keterampilan desain, jika ingin bekerja sebagai desainer grafis.

Dan sebagai seorang desainer grafis, penting untuk memahami penggunaan perangkat lunak desain untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan. Salah satu software desain yang Kamu butuhkan dan kuasai adalah Adobe Photoshop.

Cara Mockup di Photoshop dengan Benar

Kamu dapat menggunakan berbagai fitur dan alat Photoshop untuk membuat desain Kamu lebih mudah, termasuk membuat mockup. Mockup  adalah file yang memungkinkan Kamu menampilkan sampel produk seperti di dunia nyata, tanpa harus membuat produk fisik yang sebenarnya.

Umumnya, mockup  digunakan untuk branding atau gambar promosi produk. Dan desain ini selaly menjadi pertimbangan penting karena, bisa membuat produk Kamu terlihat lebih otentik dan hidup. Bagi kamu yang ingin tahu cara mockup di photoshop, di bawah ini kita akan memberikan langkah lengkapnya.

1. Pilih Gambar

Langkah pertama yang dapat Kamu lakukan untuk membuat mockup, adalah memilih gambar untuk digunakan sebagai templat. Kamu dapat menemukan gambar yang Kamu suka melalui pencarian gambar Google atau platform lainnya.

2. Trace Gambar

Selanjutnya, gunakan Pen tool untuk menjiplak bagian gambar yang ingin Kamu tempatkan gambar mockup. Pada bagian Pen Tool, ubah option menjadi Shape, kemudian jiplak bentuk objek yang nantinya akan digunakan sebagai posisi objek.

  • Jika Kamu menempatkan objek gambar yang berisi bentuk, klik kanan layer bentuk dan pilih Convert to Smart Object.
  • Klik pada bagian Smart Object
  • Klik pada Smart Object untuk membuat mockup di Photoshop.
  • Langkah selanjutnya adalah klik dua kali pada bagian “Smart Object”, dan Kamu akan dibawa ke jendela baru yang berisi bentuk sebelumnya.
  • Kemudian tambahkan objek gambar yang dipilih ,untuk digunakan sebagai mockup dengan memilih File → Open → Select Image.
  • Setelah memasukkan gambar, pindahkan gambar ke Smart Object yang dibuat tadi dan ubah bentuk gambar sesuai mockup dengan klik Image → Ctrl + T → Distort.
  • Jika demikian, sesuaikan gambar agar sesuai dengan bentuk yang Kamu buat sebelumnya.
  • Pindahkan gambar ke depan mockup.
  • Langkah terakhir dalam membuat mockup di Photoshop adalah mentransfer gambar yang sebelumnya terdistorsi ke bagian depan mockup  yang Kamu sediakan.

Saat memindahkannya, pastikan Kamu menghapus lapisan dengan bentuknya agar terlihat lebih bersih. Dan inilah cara Kamu membuat mockup  di Photoshop. Selanjutnya, kami akan menjelaskan manfaat menggunakan pola dalam desain kami.

Kelebihan Menggunakan Mockup

Di bawah ini ada beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika kamu menggunakan Mockup:

1. Mendukung dan Mempermudah Stakeholder

Menurut situs tepercaya, sebuah mockup  yang menggunakan gambar berkualitas tinggi, yaitu rencana desain yang sudah menunjukkan informasi detail dan dengan jelas menunjukkan bagaimana sebuah website atau aplikasi dibangun.

Oleh karena itu, mockup  merupakan cara sederhana bagi stakeholder untuk dengan mudah melihat dan memahami produk akhir, yang akan diproduksi. Stakeholder juga dapat memberikan umpan balik, dan kritik draf sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya.

2. Memberikan Perspektif yang Realistis

Dengan menggunakan desain mockup, maka kamu bisa melihat bagaimana semua elemen yang sudah dirancang bekerja hingga menyerupai produk akhir yang dirancang. Masalah yang mungkin timbul saat menggunakan produk ditampilkan dalam mockup  sampel. Sulit untuk mengetahui apakah itu hanya desain di atas kertas, seperti pemilihan warna yang buruk, kesulitan navigasi, dll.

3. Memfasilitasi Perbaikan

Lebih mudah bagi desainer untuk memperbaiki kesalahan atau cacat pada desain, sebelum desain berpindah ke tahap pengkodean. Ketika sampai pada fase pengkodean, perbaikannya akan lebih rumit. Dan pengembang web bebas bekerja hanya dengan pengkodean mockup, karena ia bisa mengetahui bahwa mockup  yang mereka kodekan benar-benar sudah selesai.

4. Hemat Biaya

Dengan memastikan tidak terjadi kesalahan setelah desain selesai, biaya produksi menjadi lebih murah daripada memperbaiki desain dan pemrograman dari awal. Biaya dapat meningkat jika melalui proses desain produk tanpa mockup. Berkat perencanaan yang baik, uang yang dihemat dapat digunakan untuk industri lain.

Mengapa Mockup  Penting?

Alasan mengapa Mockup penting di gunakan:

1. Perkiraan Waktu Pengembangan

Mockup  merupakan langkah penting agar front-end developer dapat dengan mudah memperkirakan berapa lama proses pengembangan produk akan berlangsung. Meskipun berupa gambar statis, mockup  dapat menjelaskan bagian-bagian yang harus bergerak atau menggunakan animasi.

Daripada langsung memulai proses coding, lebih cepat menggunakan mockup  terlebih dahulu. Ini memungkinkan pengembang untuk mengetahui berapa lama waktu yang di butuhkan untuk desain menjadi produk nyata.

2.Pengodean HTML

Pengembang UI membutuhkan mockup  untuk menemukan warna, bentuk, font, dan elemen desain lain yang mereka inginkan dan menerjemahkannya ke dalam kode. Tanpa mockup , akan sulit untuk mengetahui semuanya dan proses desain akan memakan waktu lebih lama.

3. Mendatangkan Investor

Mockup  adalah cara pertama untuk membuat desain produk terlihat oleh investor. Tanpa mockup  yang bagus dan mendetail, investor tidak tahu seberapa besar potensi yang di miliki situs web atau aplikasi rancangan Kamu. Tentu saja, jika ini terjadi, proyek akan sulit di laksanakan tanpa investor dan dana yang cukup.

4. Kemudahan dalam Penggunaan

Situs web atau aplikasi Kamu akan terlihat bagus. Selain itu, pengguna harus dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari dan menavigasi tanpa masalah. Langkah termudah dalam mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan mencocokkan fitur dan desain yang dimaksud adalah mockup, itulah mengapa mockup  sangat penting.

Dan itulah penjelasan tentang cara mockup di Photoshop, beserta kelebihan saat kita menggunakan mockup untuk produk desain kita. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *