Cara Setting Proxy di Android dengan Mudah

Cara Setting Proxy di Android dengan Mudah

Selain menggunakan VPN, Kamu bisa menggunakan proxy untuk membuka situs yang diblokir oleh Kominfo atau jaringan Internet Kamu. Seperti yang kita tahu, Proxy tidak hanya tersedia di desktop, tetapi juga di ponsel melalui aplikasi Google Chrome. Tetapi, apakah kamu tahu cara setting proxy di android?

Jika kamu masih belum tahu bagaimana cara setting proxy di android, maka pada artikel ini kita akan memberikan ulasannya. Namun sebelum itu, ketahuilah pengertian proxy melalui penjelasan di bawah ini.

Cara Setting Proxy di Android dengan Mudah

Pengertian Proxy

Proxy adalah sistem di mana permintaan browser untuk melihat situs web tidak ditangani secara langsung oleh server web tujuan, tetapi ditangani melalui perantara, umumnya dikenal sebagai server proxy.

Menggunakan proxy, kamu bisa menyembunyikan IP publik yang digunakan. Selain itu, banyak juga yang beranggapan bahwa proxy sama dengan VPN, namun keduanya berbeda. Perbedaan antara keduanya adalah ada pada mode enkripsi, koneksi VPN dienkripsi tetapi proxy tidak.

Keuntungan Menggunakan Proxy

Beberapa keuntungan menggunakan proxy:

  • Bisa transfer semua data situs web ke pengguna.
  • Bertindak sebagai filter dan firewall antara internet dan Kamu.
  • Mempercepat permintaan yang sering dilakukan dengan menyimpan data dalam cache.
  • Mengubah alamat IP pengguna.
  • Enkripsi data untuk memastikan keamanan transmisi data.
  • Alamat IP yang dimodifikasi memberi pengguna kesempatan untuk mengakses situs web. yang diblokir atau disensor.

Cara Melihat Proxy di Ponsel Android

Selanjutnya, kita akan membahas tentang melihat proxy di Android. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Kamu terhubung ke Proxy
  • Buka browser andalan Kamu seperti Google Chrome
  • Kemudian buka situs Whoer
  • Di sana, kamu mengatur koneksi tambahan pada APN, di situ juga kamu akan bisa melihat proxy yang ada di Hp Android mu

Cara Mengatur Proxy di Android

Dalam tutorial ini, kami menguji pengaturan proxy di Android versi 9 ,dan koneksi internet menggunakan Wi-Fi. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan buka menu “Setting” di perangkat android Kamu
  • Klik menu “Jaringan dan Internet”
  • Klik SID Wi-Fi yang Kamu gunakan, lalu klik menu “Edit”
  • Harap ubah pengaturan proxy dari “Tidak Ada” menjadi “Manual”
  • Silahkan isi proxy yang sudah Kamu peroleh sebelumnya, ke pengaturan proxy Android Kamu. Jangan lupa klik tombol “Simpan” untuk menyimpan.
  • Setelah itu silahkan buka browser Google chrome di Android Kamu, kemudian Kamu dapat mengakses ke google.com untuk menguji koneksi Kamu.
  • Tampak bahwa pencarian di Google.com telah terdeteksi dengan negara Prancis, artinya pengaturan proxy Kamu telah berhasil. Hingga tahap ini, pengaturan proxy di Android telah selesai.

Manfaat  Menggunakan Proxy

Pada awal pembahasan, kita menjelaskan bahwa proxy adalah koneksi antara kami dan server di Internet. Namun, server proxy dapat melakukan lebih dari sekadar membuat koneksi. Bagi Kamu yang belum tahu, menggunakan proxy juga memberikan beberapa manfaat yang sangat bermanfaat. Apa saja manfaatnya? Langsung perhatikan ulasannya di bawah ini.

1. Memastikan keamanan pengguna di dunia maya

Proxy tidak hanya bertindak sebagai penghubung, tetapi juga sebagai penjaga antara kita dan jaringan Internet. Setelah perangkat online dan memiliki protokol internet atau IP, server atau ISP juga dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang perangkat Kamu.

Dimulai dengan jenis perangkat, beberapa informasi pribadi, dan lebih parahnya lagi, server dapat melacak lokasi kita saat ini. Kamu pastinya tidak ingin orang asing melacak lokasi Kamu, bukan? Dan dengan menggunakan proxy, maka hal itu menjadi salah satu cara dia dapat menghindari situasi yang mengerikan ini.

Proxy bisa melindungi jaringan komputer pribadi, dengan menyembunyikan alamat IP pribadi, dan mencegah jaringan publik memperoleh informasi dari perangkat Kamu. Sangat menakjubkan bukan?

2. Akses ke situs web yang diblokir

Tidak semua situs web di dunia dapat diakses. Beberapa disembunyikan dari pengguna, yang lain tidak dapat diakses karena lokasi geografisnya, atau mungkin diblokir oleh otoritas lokal. Misalkan Kamu berada di suatu negara dan ingin mengakses media sosial, namun karena media sosial yang digunakan diblokir oleh negara, sehingga kita tidak dapat mengaksesnya.

Tetapi dengan Proxy, alat tersebut bisa memungkinkan Kamu untuk tetap online di media sosial dan mengakses akun Kamu, yang sudah di blokir.  Seperti yang di sebutkan sebelumnya, proxy ini tidak hanya menyembunyikan alamat IP-nya, tetapi juga dapat mengubah lokasi aslinya, memberinya lokasi palsu seolah-olah dia tidak berada di dalam wilayah negara tersebut.

3.  Pemantauan Aktivitas

Proxy memungkinkan Kamu memantau pengguna internet di satu tempat, dan melihat apa yang sedang mereka lakukan di komputer mereka. Biasanya, cara ini di gunakan oleh sekolah dan bisnis untuk melacak aktivitas karyawan menggunakan komputer perusahaan atau sekolah.

Selain itu, Proxy juga bisa memudahkan pengguna untuk menangkap pengguna komputer yang membuka situs web terlarang, dan memungkinkan pihak yang terkena dampak untuk mengambil tindakan.

4. Blokir situs web tidak bermanfaat

Proxy tidak hanya menyediakan akses ke situs web yang di blokir dan memantau aktivitas di situs webnya yang lain, tetapi juga dapat memblokir situs web tertentu menggunakan fitur pemfilteran. Dengan fitur ini, Kamu dapat memblokir situs web yang menurut Kamu berbahaya untuk di kunjungi.

Orang tua juga dapat melindungi anak-anak mereka dengan memblokir situs web, yang mungkin tidak pantas untuk anak-anak. Selain itu, kemampuan pemfilteran proxy ini juga dapat di gunakan oleh perusahaan, untuk mencegah karyawan mengakses situs web her tertentu melalui jaringan Internet perusahaan.

Dan itulah cara mengatur proxy di Android. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *