Cara Undo di Photoshop Berkali-kali (1000x) selain CTRL+Z

Cara Undo di Photoshop Berkali-kali (1000x) selain CTRL+Z

Setelah sebelumnya kita belajar cara menambah font di Photoshop, kali ini kita akan belajar bagaimana cara Undo di Photoshop secara berkali-kali. Di mana hal itu sangat penting bagi editor, supaya bisa melakukan revisi kesalahan yang sebelumnya dilakukan. Dan dengan fitur ini, sangat memungkinkan Kamu tidak perlu mengedit dari awal, dan cukup memperbaiki kesalahan sebelumnya.

Tidak seperti software lainnya seperti di Word, saat kita mengetik dan ingin kembali ke kata sebelumnya, kita hanya cukup dengan menekan Ctrl+Z saja, namun hal itu tidak berlaku di aplikasi Photoshop.

Cara Undo di Photoshop Berkali-kali (1000x) selain CTRL+Z

Sebenarnya pada versi terbaru Undo Redo di Photoshop sudah tidak bisa kita temukan lagi, tapi bukan berarti fitur itu tidak ada dihapus pada aplikasi. Fitur itu hanya berganti nama jadi Step Forward (Redo) dan Step Backward (Undo). Fitur ini bisa kita temukan pada menu Edit yang berada ada dibagian atas Photoshop.

Berdasarkan situs resmi Help Adobe, pada aplikasi Photoshop dengan versi CC 2018 atau versi di bawahnya, cara undo di Photoshop setelah proses pengembangannya, juga menggunakan metode yang sama, yakni pintasan (Shortcut) Ctrl+Z dengan pemanfaatan maksimal 20 kali. Dengan begitu, kesalahan sekecil bisa saja kudu dihindari sehingga tugas yang dilaksanakan bisa diperbarui.

Lalu, selain menggunakan Ctrl+Z, apakah ada cara lain untuk undo di photoshop? Jawabanya adalah ada. Ada beberapa cara lainnya untuk melakukan kan perintah undo pada Photoshop. Apa saja itu? Untuk memahami caranya, perhatikan penjelasan di bawah ini.

Cara Undo di Photoshop

Di bawah ini adalah beberapa cara undo di photoshop. Caranya sangat mudah sekali, dan tidak membingungkan para pengguna yang pemula.

Cara Undo di Photoshop Lewat Menu Edit

Cara undo di Photoshop bisa dilakukan dengan mudah menggunakan menu edit. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

  1. Buka aplikasi Photoshop

Buka aplikasi Photoshop.

  1. Pilih foto

Pilih foto yang ingin diedit.

  1. Arahkan kursor ke menu Edit

Jika terjadi kesalahan, arahkan kursor ke menu ‘Edit’ pada tab atas di aplikasi Photoshop.

  1. Klik menu Undo

Klik menu ‘Undo’ yang terletak di bagian atas.

  1. Selesai

Cara undo di Photoshop lewat menu Edit berhasil dijalankan.

Cara Undo di Photoshop Lewat Menu Step Backward

Perlu diketahui, cara undo di Photoshop ini berfungsi, jika kamu melakukan banyak kesalahan ketika mengedit foto. Berikut tutorial undo melalui menu Step Backward yang bisa kamu lakukan:

  1. Buka Aplikasi Photoshop.
  2. Pilih foto yang inginkan diedit.
  3. Jika terjadi kesalahan, arahkan kursor ke menu ‘Edit’ pada tab bagian atas Photoshop.
  4. Klik ‘Step Backward’. Jika ingin lebih cepat, kamu juga bisa menggunakan shortcut keyboard dengan menekan tombol Alt+Ctrl+Z.
  5. Selesai.

Cara Undo di Photoshop Lewat Panel History

Cara paling terakhir, yakni dengan memakai panel history. Dan cara ini bisa di gunakan untuk membatalkan perintah dua kali atau lebih, pada aplikasi Photoshop. Adapun langkah-langkah yang bisa kamu laksanakan yakni sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Photoshop.
  2. Pilih foto yang ingin diedit.
  3. Jika terjadi kesalahan, arahkan kursor ke menu ‘Window’.
  4. Klik menu ‘History’, dan di sisi kanan layar akan di tampilkan ventilasi riwayat, yang memuat hal-hal yang sudah di lakukan.
  5. 5.Untuk menghapus beberapa hal yang sudah di lakukan, klik history atau perintah yang ingin di-undo, kemudian klik ‘Delete’ atau ikon tempat sampah pada layar.
  6. Selesai.

Cara Mengatur Undo Photoshop Hingga 1000 Kali

Jika, kamu tidak suka dengan pengaturan default undo, yang hanya membatasi 19 atau 20 saja, maka di sini kita bisa mengatur sendiri seberapa banyak undo, yang bisa kita lakukan di Photoshop. Dan berikut adalah langkah selengkapnya:

  1. Buka ke aplikasi Photoshop.
  2. Masuk menu Edit ≫ Preferences ≫ Performance.
  3. Pada bagian History & Cache, kita atur History States yang awalnya 20 jadi 1000.
  4. Jika sudah selesai, maka silahkan tekan OK

Faktor Desain Photoshop Bukan Dapat Diundo

Berdasarkan laman resmi Adobe Photoshop, ada faktor yang membuat desain atau proyek Photoshop yang di lakukan tidak bisa di undo, di antaranya:

  • Pengguna sudah tidak di dalam proses mengedit ulang, atau sudah keluar dari Photoshop.
  • Pengguna sudah keluar dari Photoshop, dalam kondisi berkas atau arsip belum tersimpan.
  • Desain atau proyek yang sedang di lakukan, sudah di gabung atau di pisah secara permanen, dan sudah di simpan dalam bentuk berkas non-psd.

Cara Redo di Photoshop

Kita bisa melakukan redo di Photoshop dengan dua cara sederhana, yakni Menu Redo dan Menu Step Forward. Dan di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya:

1. Melalui Menu Redo

Cara ini paling umum di pakai pengguna Photoshop. Melalui Menu Edit > Kemudian redo.

Lengkapnya:

  • Pertama, Kamu harus membuka Adobe Photoshop pada PC yang akan di gunakan.
  • Lalu arahkan cursor ke menu Edit > klik menu tersebut.
  • Pastikan sudah melakukan perintah undo sebelumnya, sehingga menu redo dapat tampil. Kamu juga dapat memanfaatkan shortcut Ctrl + Z jika ingin lebih simpel.

Seperti menu undo, perintah redo ini hanya dapat di gunakan satu kali saja. Begitu Kamu menggunakan perintah redo, maka selanjutnya yang muncul adalah menu undo.

2. Melalui Step Forward

Kurang lebih sama seperti sebelumnya. Hanya saja Step Forward ini punya jumlah maksimal redo lebih banyak (Maksimal 20 kali).

  • Langkah pertama, Kamu sudah harus membuka Adobe Photoshop.
  • Lalu arahkan cursor ke menu Edit > lalu klik menu tersebut.
  • Kemudian klik step forward, atau dapat juga menggunakan shortcut dengan menekan tombol Shift + Ctrl + Z.

Dan selesai sudah ulasan kita tentang cara undo di photoshop berkali-kali. Hanya sedikit orang yang mengetahui cara ini, maka dari itu kita mengulasnya secara terperinci, agar kamu bisa memahami. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *