Cara Update Aplikasi di Laptop dengan Mudah dan Cepat

Cara Update Aplikasi di Laptop dengan Mudah dan Cepat

Pada ulasan kali ini, kita akan memberikan kamu penjelasan tentang cara update aplikasi di laptop yang bisa langsung kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Cara ini sangat berguna untuk laptop yang ingin mengupdate aplikasinya ke versi terbaru.

Tentunya sebagai pemilik laptop, Kamu pasti selalu ingin mendownload berbagai aplikasi. Misalnya, browser seperti Firefox atau Google Chrome untuk menjelajah internet, atau aplikasi pendukung lainnya.

Cara Update Aplikasi di Laptop dengan Mudah dan Cepat

Seperti yang kita tahu, pengguna laptop juga sering mengunduh media player seperti GOM Player atau VLC untuk memutar musik dan video. Tetapi hanya sedikit pengguna yang tahu, bahwa pengembang aplikasi selalu bekerja keras untuk memperkenalkan pembaruan untuk program tersebut, agar tidak ketinggalan zaman.

Dan hal itu juga dilakukan, agar para pengguna senang dengan aplikasi yang mereka semakin mudah untuk menggunakan aplikasi yang dia download, dan lebih cepat mendapatkan bantuan. Karena pembaruan aplikasi, akan selalu membawa banyak peningkatan.

Mengapa Aplikasi itu Penting?

Sebelum mengetahui cara update aplikasi di laptop dengan mudah dan benar, kamu juga harus mengapa update aplikasi itu penting. Perlu diketahui bahwa aplikasi, driver, sistem operasi, dan perangkat lunak lainnya harus diperbarui secara berkala.

Ada banyak alasan mengapa pengguna laptop perlu memperbarui aplikasi. Salah satunya adalah hadirnya fitur baru dalam sebuah update aplikasi. Selain fitur, aplikasi yang diperbarui juga selalu mengalami perubahan antarmuka pengguna.

Kemudian, patch keamanan juga terus meningkatkan praktik keamanan terbaru, untuk melindungi data dan privasi pengguna. Pembaruan juga menghadirkan sejumlah perbaikan bug, dan peningkatan kinerja yang membuat aplikasi stabil untuk digunakan.

Cara Update Aplikasi di Laptop dengan Mudah dan Cepat

Untuk dapat mengupdate program yang ada di laptop windows, ada beberapa cara untuk mengupdate program di laptop kamu. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara memperbarui aplikasi di perangkat laptop, silakan simak selengkapnya berikut ini:

1. Update Aplikasi di Microsoft Store

Jika Kamu mengunduh aplikasi dari Microsoft Store, Kamu dapat memperbarui aplikasi langsung dari platform Microsoft Store. Aplikasi update pada laptop ini bisa diterapkan pada laptop yang menjalankan Windows 8, 10 atau 11.

Sebenarnya ada perbedaan tampilan Microsoft Store di Windows 11 dan Ms Store di Windows 8 atau 10. Namun, Kamu bisa mengkustomisasinya, dengan mengikuti langkah-langkah ini untuk memperbarui aplikasi di laptop Kamu dari Microsoft Store:

  • Pertama, kamu bisa membuka aplikasi Microsoft Store di laptop dengan sistem operasi Windows 11.
  • Selanjutnya, tekan menu library yang ada di pojok kanan bawah layar laptop.
  • Kemudian, Kamu akan diarahkan ke halaman pembaruan aplikasi.
  • Di halaman tersebut, Kamu dapat melihat daftar lengkap aplikasi dengan pembaruan yang tersedia.
  • Klik Periksa pembaruan untuk memeriksa pembaruan terkini.
  • Setelah itu, Kamu dapat memilih aplikasi yang ingin Kamu perbarui.
  • Klik Perbarui untuk memperbarui aplikasi yang dipilih sebelumnya. Jika Kamu ingin memperbarui seluruh aplikasi, klik opsi “Perbarui semua”. Dan selesai.

2. Update Aplikasi yang Tidak Diunduh di Microsoft Store

Kamu pasti bertanya-tanya, bagaimana cara mengupdate aplikasi yang tidak diunduh Microsoft Store? Apakah sama dengan cara di atas, pastinya tidak. Kamu dapat memperbarui aplikasi tergantung di mana Kamu mengunduh aplikasi itu sendiri, seperti aplikasi Google Chrome. Kamu dapat memperbarui aplikasi langsung dari halaman Tentang.

Namun, ada beberapa aplikasi lain seperti WhatsApp tidak dapat diperbarui di aplikasi. Dan sebagai pengguna, Kamu dapat menginstal ulang aplikasi ke versi yang lebih baru. Saat ini, sudah banyak developer yang telah membangun fitur berupa update untuk memudahkan pengguna dalam mengupdate aplikasi.

Kamu dapat memeriksa aplikasi yang ingin Kamu perbaiki. Mungkin ada pembaruan.  Misalnya, jika Kamu ingin memperbarui Google Chrome. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara update aplikasi laptop berupa Google Chrome, simak informasi lengkapnya di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Google Chrome di laptop berbasis Windows Kamu
  • Kemudian tekan ikon tiga titik di sudut kanan atas layar lalu Pengaturan
  • Selanjutnya, pilih “Tentang Chrome” di pojok kanan bawah
  • Di halaman ini Kamu dapat memeriksa pembaruan aplikasi terbaru
  • Terakhir, klik “Restart” untuk menyelesaikan pembaruan

Jika Kamu tidak ingin repot mengupdate aplikasi di laptop secara manual, Kamu dapat menjadwalkan update secara otomatis. Banyak program mengunduh dan menginstal pembaruan di latar belakang. Sementara itu, aplikasi lain kerap menampilkan pesan pop-up yang meminta pengguna untuk mengonfirmasi pembaruan aplikasi mereka, seperti Telegram.

3. Update Aplikasi Menggunakan Pembaruan Otomatis

Kamu dapat menggunakan metode pembaruan aplikasi di laptop Kamu dengan mengatur pembaruan otomatis di halaman Pengaturan atau Preferensi. Untuk langkah lengkapnya, simak contoh di bawah ini untuk mengupdate aplikasi Telegram di laptop:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram di laptop berbasis Windows Kamu
  • Kemudian tekan ikon tiga garis atau menu di pojok kanan atas layar
  • Kemudian tekan “Pengaturan” dan kemudian “Lanjutan”.
  • Gulir ke bawah layar lalu nyalakan Pembaruan Otomatis.
  • Sekarang Kamu tidak perlu memeriksa pembaruan satu per satu untuk memperbarui layanan.

Dan itulah 3 cara update aplikasi laptop yang bisa kamu gunakan saat ingin update aplikasi di lapto. Dengan menggunakan cara-cara di atas, Kamu dapat menikmati layanan terbaru di aplikasi apa pun yang hadir dengan fitur dan keamanan terbaru.  Caranya sangat mudah bukan? Jangan lupa mencoba!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *