7 Cara Mengembalikan Foto Terhapus di HP Android

7 Cara Mengembalikan Foto Terhapus di HP Android

Panik saat tiba-tiba foto di HP terhapus secara tak sengaja? Anda tak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara mengembalikan foto terhapus di HP Android. Bagaimana caranya? Yuk simak selengkapnya di sini!

Cara mengembalikan foto yang terhapus ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Dan pastinya hal ini sangat membantu para pengguna Android yang mungkin tak sengaja menghapus foto dari galeri.

Cara Mengembalikan Foto Terhapus di HP Android

Para pengguna HP Android dapat mengembalikan foto yang terhapus baik itu tanpa aplikasi ataupun menggunakan aplikasi tambahan. Tetapi, ada beberapa syarat agar foto tersebut bisa dikembalikan, yaitu:

  • Foto tidak terhapus secara permanen
  • Foto yang terhapus tidak berada di Trash selama lebih dari 60 hari
  • Trash tidak kosong secara permanen
  • Foto tercadangkan di Google Photos
  • Bagi pengguna Android 11 ke atas, Trash tidak boleh lebih dari 30 hari.

1. Melalui Gallery

Cara mengembalikan foto terhapus melalui gallery merupakan cara paling mudah tanpa aplikasi tambahan. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka Gallery dan klik titik tiga yang ada di pojok kanan layar
  • Klik Trash dan buka bagian foto yang ingin dikembalikan
  • Klik Restore, foto akan kembali ke Gallery seperti semula
  • Jika Anda ingin mengembalikan foto sekaligus, cukup tekan lama salah satu foto
  • Nantinya akan muncul simbol ceklis, tandai atau ceklis foto-foto tersebut secara bersamaan
  • Klik simbol panah untuk melakukan Restore
  • Foto-foto yang terhapus akan kembali ke Gallery

Untuk menghindari kejadian foto tak sengaja terhapus, Anda bisa membackup foto-foto melalui Google Photos. Dengan fitur ini foto bisa disimpan tnpa batas dan fungsi pencadangannya pun sangat mudah diatur.

2. Melalui Google Photos

Sangat penting untuk mencadangkan foto-foto di Google Photos. Sebab jika foto tersebut terhapus dari Gallery Anda masih bisa mengembalikannya melalui Google Photos. Berikut cara mengembalikan foto terhapus di HP Android melalui Google Photos:

  • Buka akun Google Photos Anda
  • Klik Library
  • Klik Trash
  • Pilih Select, tandai semua foto yang terhapus
  • Klik Restore dan semua foto-foto yang terhapus akan kembali di Gallery HP

3. Menggunakan Aplikasi Restore Image

Jika kedua cara di atas tadi tak bisa lantaran Anda tak pernah mencadangkan foto. Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan Restore Image.  Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang paling sering terpakai oleh pengguna Android untuk mengembalikan foto. Melalui aplikasi ini Anda juga bisa memulihkan foto baik dari memory ataupun kartu SD. Untuk menggunakan aplikasi ini pun sangatlah mudah tanpa harus melakukan root.

4. Menggunakan Aplikasi DR. Fone

Selain aplikasi Restore Image Anda juga bisa menggunakan aplikasi DR. Fone. Tak hanya mengembalikan foto, di aplikasi ini penggunanya juga bisa mengembalikan file lain seperti video, audio, dan file dokumen.

Tetapi, Anda harus mendownload aplikasi DR. Fone terlebih dahulu agar semua file terhapus kembali seperti semula. Nantinya di fitur Recycle Bin Anda bisa mengembalikan semua file-file tersebut.

5. Menggunakan Aplikasi Dumpster

Lain dari aplikasi lain, Dumpster bisa dikatakan sebagai keranjang sampah HP Android. Bukan sekedar aplikasi yang dapat mengembalikan foto, Dumpster juga bisa menyimpan sekaligus mencadangkan data dan file yang baru saja terhapus.

6. Menggunakan Aplikasi DigDeep Image Recovery

Dengan aplikasi DigDeep Image Recovery memungkinkan Anda untuk mengembalikan foto yang terhapus dari memori HP. Sangat mudah digunakan, bahkan penggunanya juga bisa mengembalikan foto dari memori internal ataupun eksternal.

7. Menggunakan Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Hanya dengan aplikasi berukuran 2 MB Anda sudah bisa mengembalikan semua foto yang terhapus melalui aplikasi ini. Untuk melakukan pemulihan foto melalui aplikasi Photo Recovery dari kualitaer Photo ini juga sangat mudah. Hanya saja kualitas foto setelah pulih menjadi lebih rendah dari sebelumnya.

Untuk mendapatkan kualitas foto yang sama seperti semula, Anda harus melakukan root pada HP. Atau bisa juga menggunakan layanan Pro yang ditawarkan oleh Photo Recovery.

Itulah tadi beberapa cara mengembalikan foto terhapus di HP Android yang terjamin work 100%. Kini Anda tak perlu lagi panik saat foto secara tak sengaja terhapus dari Gallery, cukup gunakan beberapa cara di atas. Maka foto dan segala file yang terhapus akan kembali seperti semula ke penyimpanan HP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *