Download dan Install Versi Driver NVIDIA Paling Stabil

Download dan Install Versi Driver NVIDIA Paling Stabil

NVIDIA merupakan salah satu jenis kartu grafis diskrit yang sering dipakai di laptop ataupun PC. Fungsinya yaitu menangani semua hal yang berhubungan dengan grafis. Mulai dari video, konten 3D, hingga game kelas berat. Jika ingin mendapatkan kualitas yang bagus, maka kamu harus menggunakan versi driver NVIDIA paling stabil.

Mengenal Versi Driver NVIDIA Paling Stabil

Setiap PC atau laptop memiliki kartu grafis masing-masing. Agar kartu grafis dan sistem operasi di komputer terhubung, maka dibutuhkan driver. Driver NVIDIA adalah sebuah perangkat lunak atau software yang menghubungkan kartu grafis NVIDIA dengan sistem operasi komputer. Jadi jika kartu grafisnya berbeda, maka driver-nya juga berbeda.

Fungsi utama dari driver yaitu menerjemahkan antara hardware yaitu kartu grafis dan software yaitu game dan aplikasi. Menggunakan driver yang paling stabil membuat kinerja kartu grafis lebih optimal. Jadi pengalaman gaming maupun editing konten menjadi lebih lancar. Lantas, versi driver NVIDIA paling stabil apa?

Semua orang pasti setuju bahwa driver paling stabil adalah driver terbaru. Adapun versi driver paling baru adalah GeForce Game Ready Driver versi 536.40, berikut spesifikasinya:

Versi: 536.40
Tanggal Rilis: 29 Juni 2023
Sistem Operasi:  Windows 10 64-bit, Windows 11
Bahasa: Inggris (AS)
Ukuran File: 653.39 MB
Link: Di Sini

 

Fitur Utama Driver NVIDIA

Menggunakan versi driver NVIDIA paling stabil tentu saja memberikan keuntungan untukmu. 

1. Optimalisasi Kinerja Kartu Grafis

Driver NVIDIA hanya bisa dipakai untuk kartu grafis NVIDIA. Jika kamu memakai driver terbaru yang paling stabil, maka performa kartu grafis pun akan meningkat. Pasalnya driver terbaru merupakan peningkatan dari versi sebelumnya. Jadi bug ataupun kesalahan-kesalahan sudah diperbaiki.

2. Dukungan untuk Game Terbaru

Tidak bisa membuka game-game terbaru dengan grafis yang tinggi? Itu mungkin karena kamu belum update driver NVIDIA. Versi terbaru dan paling stabil biasanya sudah mendukung game-game terbaru yang juga baru dirilis. Jadi kamu bisa memainkan semua jenis game.

3. Peningkatan Kualitas Gambar dan Video

Selain digunakan untuk gaming, kartu grafis juga digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar dan video. Terutama jika kamu sering editing video 3D. Proses editing akan lebih smooth apabila kamu memakai driver terbaru.

4. Peningkatan Keamanan

Driver versi sebelumnya terasa kurang stabil karena ada celah keamanan. Nah, versi terbaru merupakan perbaikan dari celah keamanan tersebut. Jadi kartu grafis di PC atau laptopmu akan terlindungi dari virus dan malware

5. Kompatibilitas Lebih Baik

Jika sering crash saat membuka aplikasi atau game tertentu, penyebabnya mungkin saja karena driver tidak kompatibel. Versi terbaru yang lebih stabil mampu memperbaiki masalah kompatibilitas. Hasilnya kamu bisa membuka aplikasi dan game tanpa ada masalah.

Cara Download Driver NVIDIA

Namun perlu kamu ketahui bahwa versi terbaru dari driver NVIDIA belum tentu cocok untuk tipe produk dan seri kartu grafis milikmu. Ketika tidak cocok, maka driver crash atau tidak bisa dipakai. Jadi pastikan spesifikasinya tepat sebelum mengunduhnya. 

Adapun langkah-langkah untuk mengunduh versi driver terbaru sesuai dengan tipe kartu grafis dan laptop yang kamu miliki yaitu sebagai berikut:

  • Langkah 1: Masuk ke situs resmi NVIDIA atau klik di sini
  • Langkah 2: Pada bagian menu utama, pilih opsi “Drivers” untuk download driver paling baru.
  • Langkah 3: Tampilan layar akan membawamu ke form spesifikasi produk. Masukkan semua spesifikasi sesuai dengan PC atau laptop yang kamu miliki. Mulai dari tipe kartu grafis, seri produk, sistem operasi, dan lain sebagainya.
  • Langkah 4: Tekan “Search”. Lalu akan ditampilan versi driver terbaru.
  • Langkah 5: Tekan “Download” di bagian bawah spesifikasi driver.
  • Selesai.

Cara Install Driver NVIDIA

Setelah download driver NVIDIA versi terbaru, selanjutnya kamu perlu menginstalnya. Adapun langkah-langkah install driver NVIDIA sangat mudah yaitu:

  • Langkah 1: Pastikan game dan aplikasi yang ada di PC atau laptop sudah ditutup. 
  • Langkah 2: Cari file installer dari driver NVIDIA yang sudah kamu unduh. Langsung install seperti biasanya.
  • Langkah 3: Ikuti instruksi yang ada di layar. Pilih “Next” untuk lanjutkan proses.
  • Langkah 4: Jika sudah selesai install, kamu bisa restart PC atau laptop.
  • Selesai.

Penutup

Nah, itulah rangkaian pembahasan mengenai versi driver NVIDIA paling stabil. Jadi bisa dikatakan bahwa driver paling baru adalah driver paling stabil dan optimal. Pasalnya driver terbaru sudah mengalami pengembangan untuk memaksimalkan performa-nya. Dengan begitu, kinerja kartu grafis bisa membantu proses editing konten video maupun gaming berat semakin lancar. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *