Facebook Ads Strategy Update 2023 Terbaru

Facebook Ads Strategy Update 2023 Terbaru

Menerapkan Facebook Ads Strategy menjadi tindakan yang penting Anda pertimbangkan. Alih-alih membuat campaign iklan tanpa rencana, yang mana hanya akan boncos atau rugi. Lebih baik meluangkan lebih banyak waktu menerapkan strategi berdasarkan produk yang Anda iklankan.

Sebab, antara satu produk dengan produk lainnya punya strategi yang berbeda. Siapa target market dari Facebook Ads Anda? Bagaimana target tersebut Anda arahkan? Serta apa goal atau tujuan utama dari beriklan di Facebook Ads.

Berjalan secara digital, tentunya bersifat dinamis dan senantiasa mengalami perubahan serta update. Maka dari itulah, strategi marketing di Facebook tahun lalu, belum tentu bisa Anda terapkan pada tahun ini. Seorang digital marketer wajib mengikuti perkembangan teknologi dan update dari platform Facebook.

Jualan produk di Facebook sebenarnya bukan hal yang baru. Iklan Facebook Ads sudah lama ada, mungkin saja Anda baru menemukan celah dan pemahaman bahwa fitur ini bermanfaat sekali. Sehingga ingin mencoba peruntungan dengan berjualan di Facebook.

Berikut ini metode dan strategi update tahun 2023 untuk membuat campaign menarik yang berhasil anti boncos yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Ketahui Metode Penyiapan Iklan Facebook

Jika Anda bertanya, apakah memasang iklan di Facebook masih worth it? Jawabannya YA, masih sangat worth it. Termasuk beriklan di media sosial yang lain, seperti Instagram (Meta) dan TikTok. Media sosial tersebut memiliki potensi yang sama baiknya untuk berjualan produk (barang dan jasa), afiliasi, branding, dan lainnya.

Berdasarkan banyaknya tujuan dalam menggunakan iklan berbayar, setiap tujuan punya Facebook Ads strategy penyiapan masing-masing. Contohnya, Anda ingin jualan produk kesehatan, jadi fokus utama bagaimana mengarahkan audience untuk closing (beli).

Beda cerita jika Anda beriklan untuk brand awareness (branding), membesarkan nama merek agar semakin dikenal oleh khalayak luas. Tentu strateginya berbeda dengan penjualan, di mana Anda dalam branding ini lebih mengutamakan interaksi dengan semua orang.

Untuk mulai menyiapkan iklan Facebook, pertama-tama siapkan akun iklan Anda. Kemudian bacalah panduan dan pedoman yang sudah Facebook sediakan, termasuk istilah dalam Facebook Ads. Tentukan tujuan dan terapkan strategi sebagai berikut ini.

Facebook Ads Strategy Update Terbaru

Komponen dalam Facebook Ads bisa teks, foto, dan juga video. Kategori teks meliputi content writing dan copywriting, yang di dalamnya ada konten media sosial, soft selling, dan hard selling. Sedangkan foto (image) yang menarik akan meningkatkan engagement sehingga audience klik tautan atau tindakan lain yang Anda sediakan.

Sedangkan video, akan memberi kesan lebih powerfull terhadap iklan dalam bentuk apapun juga. Menerapkan penyiapan iklan Facebook Ads yang profesional dan menarik sebenarnya sederhana, namun tidak semua pengiklan mampu bertahan agar tetap konsisten.

1. Kombinasi Iklan Facebook dengan Copywriting

Facebook Ads strategy pertama sebagaimana yang kami sampaikan di atas, yaitu menggunakan semua sumber daya untuk menarik perhatian target audience. Copywriting sendiri adalah teknik menulis yang khusus untuk iklan, dengan bahasa menarik atau formal tergantung kebutuhan.

Bahkan lebih jauh lagi, copywriting bisa berupa ulasan panjang yang punya unsur AIDA+S (awareness, interest, desire, action, dan satisfaction). Ada banyak cara modifikasi teks dalam iklan agar memberi hasil paling maksimal untuk Anda.

2. Terapkan Kontes dan Pemberian Hadiah

Strategi 2023 terbaru berikutnya dengan menerapkan kontes dan pemberian hadiah (giveaway) melalui halaman Facebook. Dengan menerapkan strategi ini, halaman Facebook akan lebih ramai dengan berbagai interaksi. Bahkan, Anda berpotensi memperoleh iklan gratis dari fitur share para audience. Misalnya dengan memberlakukan syarat harus like, komen, dan share lebih dulu.

3. Optimalkan Judul untuk Feedback Kampanye

Bagian visual nyatanya juga mempunyai peran yang vital dalam kampanye iklan Facebook Ads. Judul, gambar, dan teks yang ada di sana dalam 3 detik pertama harus mampu menyita perhatian penonton. Kalau belum ada ide terkait visual menarik ini, Anda bisa mencari referensi dari iklan yang Anda anggap menarik.

4. Facebook Ads Strategy dengan Konten Video

Berdasarkan perkembangan zaman, konten video memiliki peminat yang lebih besar daripada hanya foto/galeri. Tak ada salahnya membuat reel, video, atau embed video baik di dalam maupun luar iklan. Halaman Facebook Anda akan lebih ramai, menarik, serta tampak profesional.

5. Memahami dan Memaksimalkan Objective Facebook Ads

Dalam Facebook Ads, objective merupakan fitur yang akan membantu Anda untuk mengoptimalkan iklan. Apakah bertujuan awareness, traffic, interaksi, prospek, promosi, atau penjualan. Memilih objective yang tepat, maka Facebook akan membantu Anda untuk mencapai tujuan.

Sebagai tambahan, kami juga menyarankan Anda melakukan sinkronisasi antara halaman Facebook dan akun bisnis Instagram dengan cara menghubungkan keduanya. Sebab, kedua media sosial tersebut milik Meta.

Sekian penjelasan Facebook Ads strategy terbaru di tahun ini yang bisa Anda terapkan. Untuk melihat update strategi iklan Facebook setelahnya, Anda bisa kunjungi website ini lagi. Semoga membantu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *