Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Error 0xc00007b di Windows

Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Error 0xc00007b di Windows

Cara mengatasi error 0xc00007b bisa di Windows bisa dilakukan dengan mudah asalkan Anda mengetahui caranya. Error 0xc00007b the application was unable to start correctly merupakan salah satu error yang dapat muncul di sebuah aplikasi. Error ini membuat aplikasi tersebut tidak berjalan sama sekali.

Masalah error ini kerap terjadi pada pengguna Windows. Lalu, bagaimana cara mengatasinya agar kembali normal? Tak perlu panik, di artikel kali ini akan membahas secara lengkap cara mengatasi error tersebut.

5 Cara Mengatasi Error 0XC00007B

Pesan error 0xc00007b akan muncul apabila Windows sedang bermasalah saat menjalankan aplikasi yang memang bermasalah karena proses instalasi. Hal ini disebabkan karena aplikasi tersebut tak sesuai dengan perangkat yang digunakan. Misalnya, perangkat instalasi berukuran 64 bit, sedangkan perangkat yang digunakan hanya berukuran 32 bit.

Tapi tak perlu khawatir, hal ini lumrah terjadi bagi para pengguna PC atau laptop. Daripada bingung, langsung saja simak cara mengatasinya sebagai berikut.

1. Restart

Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah melakukan restart. Tujuannya agar sistem bug yang ada di perangkat hilang dan ter-refresh. Untuk melakukan refresh caranya sangat sederhana, klik tombol start, klik icon power, dan restart.

Tunggu hingga perangkat nyala kembali, jika sudah langsung buka aplikasi yang error 0xc00007b tadi. Jika belum berhasil maka Anda harus mencoba cara selanjutnya.

2. Jalankan Program Administrator

Apabila cara di atas tidak berhasil, cara mengatasi error 0xc00007b selanjutnya adalah menjalankan program sebagai administrator. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik start dan buka aplikasi yang sedang bermasalah
  • klik kanan di aplikasi, pilih ‘Jalankan sebagai Administrator

Setelah selesai, tunggu beberapa saat hingga aplikasi tersebut normal kembali.

3. Gunakan Command Prompt

Command Prompt adalah sebuah fitur khusus untuk laptop Windows apabila terjadi masalah error 0xc00007b. Berikut cara menjalankan Command Prompt:

  • Tekan Windows+R dan masukkan cmd, klil OK
  • Masukkan perintah c:/f/r dan tekan enter
  • Ketik Y dan enter lagi. Restart perangkat dan cobalah untuk menjalankan aplikasi yang error tadi.

4. Gunakan Microsoft Visual Credits

Apabila fitur Command Prompt tidak berhasil, segera install Microsoft Visual Credits untuk melakukan resource pada aplikasi yang membutuhkan komponen library seperti ini. Dengan catatan, Anda harus meng-install semua versi.

Selain itu harus menggunakan Visual C++ karena dari program tersebut error dapat diminimalisir. Salah satunya adalah error 0xc00007b. Berikut cara menggunakannya:

  • Cari program Mincrosoft Visual Credits di lama Microsoft
  • Buka Installer
  • Centang kolom Accept License dan Install

Sebagai informasi, ada banyak versi Microsoft Visual C++ dan versi-versi tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu Visual Credits 32 bit dan Visual Credits 64 bit.

  • Install semua, baik itu versi lama atau baru
  • Install juga kedua versi Windows 32 bit dan 64 bit walaupun Windows yang dijalankan hanya satu versi.

5. Periksa Kompabilitas Sistem dan Aplikasi

Tak sedikit dari kita yang sering memaksakan perangkat untuk menjalankan sebuah aplikasi tertentu. Padahal secara kompabilitas sppesfikasi perangkat yang digunakan tidak mumpuni. Untuk mencegah terjadinya error 0xc00007b, sebaiknya cek terlebih dahulu spek yang minimal untuk menggunakan aplikasi. Berikut caranya:

Periksa Spek Minimal Aplikasi

  • Buka Google Search
  • Buka system requirements
  • Anda dapat melihat informasi detail terkait spesifikasi perangkat yang dibutuhkan aplikasi

Periksa Spek Aplikasi

  • Klik Windows+R
  • Ketik DXDIAG lalu OK
  • lihat spesifikasi komputer

Apabila perangkat tidak memenuhi syarat system requirements, maka akan muncul crash atau stop working.

6. Periksa Hardisk

Setiap aplikasi yang digunaka di perangkat semuanya berasal dari hardisk. Segera periksa hardisk, sebab hardisk rusak akan mengalami bad sector pada bagian data yang menyebabkan data aplikasi tidak terbaca.

Bad sector juga dapat memicu masalah lain pada perangkat. Misalnya crash, lamban, Windows hang, dan error 0xc00007b. Untuk melakukan pemeriksaan hardisk, Anda bisa menggunakan aplikasi HDDTune.

7. Update Windows

Kesalahan pada laptop biasanya disebabkan karena adanya bug. Salah satu cara memperbaiki bug adalah dengan cara melakukan update Windows. Berikut cara melakukan update Windows:

  • Buka Settings dan pilih Update & Security
  • Klik Windows Update dan Klik Periksa Pembaruan
  • Klik tombol Unduh untuk melanjutkan proses update
  • Restart komputer agar pembaruan segera diaktifkan

Jika update Windows masih tak membuahkan hasil, langkah selanjutnya adalah reinstall Windows. Cara ini terbilang cukup efektif untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa dijalankan akibat adanya versi tidak kompatibel.

8. Uninstall Aplikasi

Cara mengatasi error 0xc00007b paling sederhana adalah melakukan uninstall aplikasi yang bermasalah. Cara ini ditujukan untuk memperbaiki error yang muncul karena kesalahan proses instalasi. Berikut caranya:

  • Nonaktifkan anti virus
  • Masuk ke Control Panel dan Uninstall a Program
  • Hapus aplikasi yang bermasalah
  • Kemudian install kembali dengan cara klik Run as Administrator

Jika Anda memiliki installer versi lain dari bawaan aplikasi, lebih baik gunakan yang lain. Sebab hal ini bisa saja berpengaruh dalam proses pemulihan error yang sedang dihadapi.

9. Update VGA Driver

Driver VGA adalah salah satu pengaruh penting. Terlebih lagi aplikasi yang dijalankan adalah aplikasi game. Untuk mengatasi masalah ini, cara termudahnya adalah dengan melakukan update. Untuk mendapat VGA Driver baru Anda harus melakukan pengecekan melalui situs resmi tertuju.

10. Matikan Anti Virus

Ada kalanya anti virus dapat menyebabkan error 0xc00007b pada perangkat. Bahkan pada sebagian aplikasi ada yang terblokir lantaran anti virus membaca aplikasi tersebut sebagai virus. Hal inilah yang menyebabkan munculnya pesan error 0xc00007b.

Masalah ini kerap terjadi, jika Anda merasa aplikasi tersebut benar-benar aman sebaiknya non-aktifkan terlebih dahulu anti virus yang sedang dijalankan. Dengan begitu Anda bisa melakukan disable real time protection.

Kesimpulan

Dari beberapa cara di atas, Anda bisa mencobanya sampai masalah 0xc00007b teratasi. Error 0xc00007b terjadi karena adanya bug atau error pada fie sistem yang terpasang. Jika Anda mendapati hal tersebut, segera ambil tindakan yang aman untuk mengatasinya.

Demikian cara mengatasi error 0xc00007b. Untuk menghindari bug dan beberapa masalah perangkat lain, sebaiknya gunakan Windows 10 ke atas. Tetapi hal ini belum tentu menjamin tak ada bug pada komponen lain. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *