Penjelasan dan Jenis Hosting Podcast Terbaik untuk Monetisasi

Penjelasan dan Jenis Hosting Podcast Terbaik untuk Monetisasi

Sedang mencari hosting podcast terbaik untuk monetisasi dan mulai menghasilkan? Ya, sebagaimana video yang berupa visual dan audio, podcast ternyata bisa menghasilkan cuan yang lumayan. Lantas, apa itu hosting podcast, apa bedanya dengan podcast player, dan apa saja rekomendasi hosting yang memiliki fitur monetisasi untuk pemula?

Di kesempatan ini, Pusat Techno akan memberi gambaran hosting podcast dari A-Z. Maka dari itulah, simak informasi di bawah ini dengan teliti, terlebih kalau Anda sedang fokus sebagai seorang podcaster.

Pengertian Hosting Podcast Terbaik

Ada setidaknya 4 istilah dasar yang wajib Anda pahami di awal. Yaitu podcast, podcaster, podcast player, dan hosting podcast. Pertama, podcast adalah siniar, yang berarti siaran audio (suara) di website maupun platform yang lain. Kedua, podcaster adalah orang yang menyiarkan podcast itu sendiri. Ketiga, podcast player adalah platform yang digunakan seorang podcaster maupun pendengar untuk menyiarkan dan mendengarkan podcast. Contoh podcast player seperti Spotify, Google Podcast, Noise, ROOV, Player FM, Sound ON, Apple Podcast, KKBOX, Amazon Music, Radio Public, dan sebagainya.

Keempat, pengertian hosting podcast adalah layanan yang digunakan podcaster untuk memproduksi, mengatur, dan mempublikasikan podcastnya ke pemutar podcast. Ibaratnya, hosting podcast ini seperti ‘dapur’ yang berisi berbagai fitur penting untuk menunjang monetisasi podcast.

Dari penjelasan di atas, kita sudah memahami titik perbedaan utama antara podcast player dan podcast hosting. Jadi, untuk pemula yang ingin membuat podcast pertamanya, maka harus mempunyai akun yang terdaftar di kedua tempat itu dulu.

Lantas, apa rekomendasi terbaik untuk produksi siniar yang bisa kita gunakan untuk monetisasi dan memperoleh cuan? Ada beberapa yang populer, hosting dari Indonesia maupun buatan luar negeri.

Rekomendasi Jenis Hosting Podcast Terbaik

Setiap website dan blog memiliki hosting, sama halnya dengan siniar (podcast). Termasuk website gratisan pun di Blogger, hostingnya langsung dari Google sendiri. Memilih mana yang tepat, berkaitan dengan apa fitur saja yang akan Anda peroleh jika menggunakannya.

hosting podcast terbaik
hosting podcast terbaik

1. Anchor

Rekomendasi hosting podcast terbaik pertama adalah Anchor, yang merupakan hosting populer di seluruh dunia. Mungkin Anda sebagai pemula sudah tidak asing lagi dengan nama Anchor ini, yang mana banyak digunakan oleh podcaster dari Spotify.

Selain itu, Anchor adalah platform untuk membuat siniar gratis yang memiliki interface mudah untuk pemula. Proses produksi podcast cukup dengan daftar, rekam/upload, dan publish. Secara otomatis, podcast yang Anda buat langsung terintegrasi dengan podcast player pilihan.

2. SoundCloud

Salah satu jenis hosting podcast terbaik berikutnya yang sangat populer adalah SoundCloud. Platform hosting ini sudah hadir sejak 2007 silam. Walaupun semula hanyalah layanan untuk mendengarkan musik/audio secara online, seiring berkembangnya waktu SoundCloud merilis fitur podcast yang banyak digunakan.

Sehingga, dengan adanya fitur podcast dari SoundCloud, Anda mudah untuk terhubung dengan penggemar, membagikan audio Anda sendiri, memperluas jaringan audiens, dan tentu saja monetisasi untuk memperoleh royalti.

3. Blubrry

Blubrry adalah hosting untuk siniar yang sama-sama populernya. Platform ini menawarkan kemudahan dalam produksi siniar, layanan dukungan langsung, migrasi simpel dan sederhana ke Blubrry, sekaligus statistik untuk melihat data jangkauan podcast Anda.

Kabar baiknya, ada cukup banyak pilihan monetisasi yang bisa Anda pasang ke dalam siaran podcast. Misalnya dengan pakai fitur Dynamic Ad Insertion atau Programmatic Ads dari platform Blubrry ini.

4. Libsyn

Di homepage website Libsyn, Anda akan langsung melihat keterangan start a podcast, grow, and make money with Libsyn. Dari sini tampak bahwa Libsyn memperhatikan dan mendukung bagaimana seorang podcaster memperoleh penghasilan.

Fitur analisis dan promosi dari Libsyn memang tidak main-main lengkapnya. Sayangnya, semua itu harus Anda tebus dengan biaya berlangganan sekitar $5 per bulan. Begitulah, Libsyn merupakan layanan hosting premium dan eksklusif.

5. PodBean

PodBean cocok untuk pemula karena tersedia paket gratis maupun berbayar yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Hosting ini punya fitur monetisasi yang sangat unik. Dalam paket gratis (free), Anda sudah memperoleh 5 jam penyimpanan, 100gb bandwidth, website podcast, dan statistik dasar.

Sedangkan kalau ambil paket berbayar mulai $9 per bulan, Anda akan membuka fitur PodBean Ads Marketplace. Melalui fitur itu, podcaster di PodBean dapat dengan mudah menyisipkan Dynamic Ad untuk monetisasi.

Setiap hosting memiliki fitur unggulannya sendiri-sendiri. Kesimpulannya, fitur dasar yang pasti ada adalah integrasi dengan podcast player. Sedangkan monetisasi umumnya merupakan fitur lanjutan dan berbayar.

Dari beberapa daftar rekomendasi hosting podcast terbaik di atas, apakah Anda sudah memilih salah satunya? Atau malah Anda semakin bingung karena banyaknya pilihan? Jika memiliki teman yang fokus di dunia podcast, tidak ada salahnya meminta rekomendasi kepadanya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *