Lengkap! Panduan Adobe Photoshop untuk Pemula, Mulai dari Hal Ini

Lengkap! Panduan Adobe Photoshop untuk Pemula, Mulai dari Hal Ini

Panduan Adobe Photoshop untuk pemula berdasarkan langkah-langkah runtut dan mudah untuk kamu pahami. Pada kesempatan kali ini, Pusat Techno akan memberi gambaran dari A-Z apa saja yang mesti pertama kali kamu lakukan untuk belajar Adobe Photoshop.

Permasalahan bagi pemula desain bukan bagaimana cara edit. Melainkan, apa saja langkah pertama untuk bisa memahami Photoshop.

Kalau langkah yang kamu ambil sudah benar, percaya kepada saya, kamu akan jauh lebih mudah untuk membuat desain, editing, dan berbagai pemanfaatan yang lain dalam Photoshop. Terlebih kalau kamu berniat untuk memulai belajar Photoshop dari awal secara otodidak!

10 Panduan Adobe Photoshop untuk Pemula berdasarkan Langkah-Langkah

Belajar secara otodidak berarti harus berhasil melawan keinginan pribadi, misalnya melawan keinginan rebahan sepanjang hari. Daripada rebahan dan tidak menghasilkan apa-apa, lebih baik mengubah menjadi kegiatan produktif dengan belajar Photoshop.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ambil agar mahir di Photoshop.

src: photoshopessentials

1. Mulai dari Memahami Antarmuka (Interface) Photoshop

Panduan Adobe Photoshop untuk pemula yang pertama adalah dengan memahami antarmuka aplikasi. Mulai dari tata letak menu, elemen dasar, panel, bilah alat, fungsi, dan lain sebagainya. Langkah awal ini mungkin membutuhkan lebih banyak waktu.

Namun, kalau pada persiapan ini kamu sudah benar-benar paham, nanti ke depannya akan jauh lebih mudah!

2. Mencoba Fungsi dari Alat Editing Utama Photoshop

Jika langkah pertama belum benar-benar kamu pahami, sebaiknya jangan dulu merambah ke langkah kedua ini. Memahami antarmuka akan membuat kamu tahu di mana letak fungsi yang dibutuhkan. Setelah itu, coba memahami masing-masing fungsi tersebut.

Seperti halnya saat kita belajar matematika, sebelum sampai ke perkalian dan pembagian, harus paham apa itu penjumlahan dan pengurangan. Begitu pula sebelum sampai ke kalkulus, aljabar merupakan hal penting sebagai dasarnya.

3. Layer: Salah Satu Aspek Terpenting di Photoshop

Layer Photoshop adalah lapisan lembar kerja, pada masing-masing layer tersebut memiliki objek yang bisa kamu custom. Yang mana hasilnya akan ditampilkan pada antarmuka utama. Layer menjadi aspek yang sangat penting, sebab pada aplikasi desain foto yang lain jarang ada fitur layer.

4. Teknik Seleksi sebagai Skill Awal yang Wajib Kamu Kuasai

Setelah paham betul dengan ketiga poin di atas, sebenarnya panduan Adobe Photoshop untuk pemula ini telah sampai setengah jalan. Namun, apakah kita hanya akan berhenti hanya sampai sini? Tentu saja tidak.

Langkah selanjutnya yang sebaiknya kamu pelajari adalah bagaimana melakukan seleksi gambar. Beberapa di antaranya adalah: object selection tools, select subject, quick selection tools, dan magic wand tools.

5. Penyesuaian Gambar secara Manual

Apakah kamu tahu, jika shortcut Photoshop dapat membantu untuk mengakses tools secara cepat? Ya, kamu dapat mulai melakukan penyesuaian gambar secara manual, baik dengan shortcut maupun klik per klik. Langkah ini juga merupakan awal untuk mulai memasuki proses editing.

6. Retouching atau Latihan Memperbaiki Detail Kecil di Gambar

Retouching Photoshop adalah proses editing yang lebih kompleks daripada hanya penyesuaian. Kamu bisa mencari tutorial Photoshop PDF untuk belajar materi ini. Gampangnya, retouching akan membuat foto yang kamu edit kelihatan berbeda daripada aslinya.

7. Menjelajah ke Editing dan Manipulasi Gambar Lebih Luas

Materi belajar Photoshop memang begitu, dari yang semula sederhana sampai benar-benar paham dulu. Kemudian memasuki materi yang lebih luas dan kompleks. Kabar baiknya, ada sangat banyak sumber melimpah terkait tutorial Photoshop, kamu bisa menjelajahi media sosial, masuk grup komunitas, melihat video tutorial, atau bahkan diskusi dengan teman satu frekuensi.

8. Custom Efek Filter serta Pengaturan Lain di Photoshop

Panduan berikutnya dengan menjelajahi efek dan filter yang sudah disediakan di dalam Photoshop. Tidak seperti aplikasi edit foto biasa, Photoshop punya efek dan filter yang beragam. Masing-masing dari efek tersebut masih bisa kamu custom untuk memperoleh hasil paling sesuai ekspektasi.

9. Banyak Melihat Tutorial dan Mengerjakan Proyek sebagai Sarana Latihan

Kemudian, perbanyak waktu untuk melihat tutorial serta mengikuti perkembangan zaman. Sebagaimana kita tahun, teknologi Artificial Intelligence (AI) sudah merambah di dunia editing. Termasuk ekstensi khusus untuk Photoshop.

Belajar Photoshop konvensional memang menjadi dasar, namun jangan sampai menutup mata akan perkembangan teknologi!

10. Panduan Adobe Photoshop untuk Pemula dengan Terus Praktik secara Konsisten

Apakah dengan semua panduan di atas kamu akan berhenti belajar? Apakah kamu sudah merasa cukup pengetahuan tentang aplikasi Photoshop? Kamu sendiri yang bisa menjawabnya.

Proses belajar sejatinya tidak akan pernah berakhir. Fitur baru muncul, teknologi AI berkembang, dan kalau kamu berhenti di titik ini akan tergilas oleh perkembangan zaman. Maka dari itulah, kemauan yang kuat serta konsistensi adalah dua hal wajib sebagai bekal berkembang ke tahap expert!

Itulah sekilas langkah-langkah dalam panduan Adobe Photoshop untuk pemula. Menuntaskan setiap satu langkah di atas membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika kamu benar-benar punya keinginan kuat di bidang editing ini, tentunya air mata, keringat, atau bahkan darah bukan menjadi sesuatu yang mahal untuk dikorbankan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *